Diet dan Nutrisi

Tips Aman Makan Kue Bulan saat Festival Pertengahan Musim Gugur

September 21, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Hari raya memang identik dengan hidangan khas dalam menyambutnya, termasuk untuk Festival Pertengahan Musim Gugur yang sedang berlangsung. Untuk merayakannya, kue bulan adalah salah satu kudapan yang tak boleh dilewatkan.

Namun, kamu tetap harus perhatikan porsinya, ya. Sebab, terlalu banyak mengonsumsi kue bulan disebut dapat memicu efek tidak baik untuk tubuh. Apa saja? Yuk, simak penjelasannya berikut!

Sekilas tentang kue bulan

Kue bulan, atau moon cake, adalah makanan khas yang biasa disajikan pada Festival Pertengahan Musim Gugur. Festival tersebut banyak dirayakan berdasarkan budaya tradisional Tiongkok, yang kemudian mulai dikenal di banyak negara.

Festival Pertengahan Musim Gugur jatuh pada hari ke-15 bulan ke delapan dalam kalender lunar, biasanya bertepatan dengan Agustus, September, dan Oktober. Tahun ini, festival itu dirayakan pada 21 September.

Moon cake akan dimakan ketika bulan berada dalam fase penuh dan paling terang, dinikmati bersama orang tercinta seperti keluarga, teman, tetangga, rekan kerja, dan lain sebagainya.

Kue bulan sendiri merupakan kue kering dengan rasa manis dan gurih, bulat (mencerminkan bulan purnama), berwarna kecoklatan, dibuat dengan cara dipanggang, dan permukaannya dicetak menimbul.

Baca juga: Mengenal Keju Vegan: Alternatif bagi Para Vegetarian

Bagaimana dengan nilai gizinya?

Satu kue bulan berukuran sedang (128 gr) memiliki kandungan sebagai berikut:

– Kalori: 351 kkal
– Karbohidrat: 50 gr
– Gula: 26 gr
– Lemak: 14 gr
– Sodium: 88 mg
– Protein: 4 gr.

Bolehkah dikonsumsi berlebihan?

Umumnya, kue bulan terbuat dari tepung, gula, mentega, pasta kacang, dan minyak sayur. Sama seperti makanan khas hari raya pada umumnya, kue atau kudapan tersebut sebaiknya tak dikonsumsi terlalu banyak.

Sebab, mengonsumsinya dalam porsi besar mungkin bisa memberi efek tak baik untuk kesehatan. Berikut alasan mengapa kamu sebaiknya menjaga porsi konsumsi kue bulan:

Kalori tinggi

Tergantung dari variasi bahan dan ukurannya, kalori dalam satu kue bulan bisa berbeda-beda. Tapi pada umumnya, satu kue bulan bisa memiliki rata-rata kalori di atas 200 kkal. Jumlah itu hampir setara dengan satu mangkuk nasi.

Bahkan, kue bulan dengan tambahan bahan tertentu, misalnya durian, bisa mempunyai kalori hingga 800 kkal. Seperti diketahui, kelebihan asupan kalori bisa meningkatkan risiko obesitas.

Tinggi gula dan lemak

Kandungan gula pada kue bulan cenderung lebih tinggi ketimbang nasi. Ini berasal dari bahan gula yang digunakan dalam proses pembuatan. Bukan cuma itu, unsur lemak pada moon cake juga cukup tinggi, berasal dari minyak nabati olahan dan shortening (mentega).

Gula maupun lemak yang tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat serta sangat tidak baik untuk penderita diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung.

Perasa dan pewarna buatan

Seiring berkembangnya zaman, kue bulan ada yang dimodifikasi dengan rasa atau warna tertentu, tidak lagi seperti resep tradisional yang khas. Sayangnya, tambahan perasa dan pewarna buatan tersebut bisa berdampak buruk pada proses pencernaannya di dalam perut.

Tips sehat makan kue bulan

Meski ada banyak efek negatif pada kesehatan yang dapat ditimbulkan, kamu tetap bisa mengonsumsi kue bulan, kok. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

Jadikan makanan penutup

Agar tidak berdampak buruk pada kesehatan, hindari mengonsumsi kue bulan sebagai menu utama, melainkan makanan penutup. Jangan makan satu kue penuh, tapi hanya seperdelapan bagiannya saja. Ini akan menghindarkanmu dari konsumsi gula dan lemak dalam jumlah tinggi.

Kurangi asupan karbohidrat

Sebelum makan kue bulan, usahakan untuk mengurangi asupan karbohidrat. Misalnya, hanya konsumsi seperempat mangkuk nasi atau mie sebelum makan moon cake. Tujuannya adalah agar mencegah kenaikan kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes.

Jangan minum manis setelahnya

Kue bulan memiliki kandungan gula yang tinggi. Untuk mencegah kelebihan asupan gula, usahakan untuk tidak mengonsumsi minuman manis setelahnya. Teh tawar bisa dijadikan minuman terakhir, karena selain tanpa gula, juga ada kandungan antioksidan sebagai penyeimbang gizi.

Bikin di rumah dengan resep sendiri

Alih-alih membelinya di toko atau supermarket, kamu bisa membuat kue bulan sendiri di rumah yang lebih menyehatkan untuk dikonsumsi. Proses pembuatannya masih sama seperti pada umumnya, tapi kamu perlu memerhatikan bahan yang digunakan.

Agar tak menimbulkan efek buruk pada kesehatan, pertimbangkan untuk menggunakan gula pengganti serta membatasi bahan kuning telur dan mentega.

Nah, itulah ulasan tentang kue bulan yang biasa dihidangkan pada Festival Pertengahan Musim Gugur beserta penjelasan nilai gizinya. Agar tak berdampak buruk pada tubuh, perhatikan porsi saat memakannya, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Health Change, diakses 21 September 2021, Enjoy Mooncakes the Healthier Way.
  2. Purely B, diakses 21 September 2021, The Mooncake Dilemma – Our Health & Wellness Expert Weighs In On This.
  3. Healthy HKG, diakses 21 September 2021, Mooncakes: healthy or not?
  4. Today, diakses 21 September 2021, What are mooncakes? Behind the iconic Chinese Mid-Autumn Festival treat.
  5. My Fitness Pal, diakses 22 September 2021, Mooncake.

    register-docotr