Diet dan Nutrisi

Rekomendasi Menu Masakan Daging Kambing yang Lebih Sehat

July 19, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Daging kambing diketahui lebih sehat dibandingkan daging dari hewan lain karena memiliki nutrisi yang baik. Perlu diketahui, daging kambing mengandung lebih sedikit kalori dan rendah lemak.

Karena itu, daging kambing merupakan menu yang aman dikonsumsi baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai menu masakan daging kambing yang lebih sehat yuk simak penjelasannya berikut.

Baca juga: Turunkan Berat Badan dengan Alat Pengunci Rahang, Tertarik Mencoba?

Menu masakan daging kambing yang sehat

Dilansir dari Healthguide.ng, daging kambing sangat kaya akan protein dan mengandung nutrisi lain seperti zat besi, kalium, tiamin, selenium, seng, niacin, dan vitamin B12. Kamu bisa membuat menu masakan daging kambing yang lebih sehat, seperti:

Sop kambing

Salah satu menu masakan daging kambing yang sehat adalah sop kambing. Olahan ini memiliki rasa yang nikmat dengan daging empuk dan kuah lezat sehingga digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Perlu diketahui, dalam dua mangkok sop kambing terkandung 562 kalori.

Sop daging kambing juga bisa dicampur dengan beberapa rempah-rempah khas, seperti jahe atau kayu manis. Hal ini dapat menambah cita rasa, sekaligus bisa dijadikan sebagai makanan untuk meredakan sakit flu.

Kambing panggang

Kambing yang dipanggang menggunakan api kompor bisa menjadi pilihan menu tepat karena hanya terkandung 143 kalori. Daging kambing yang dipanggang akan menyisakan aroma bakaran, namun tidak terasa pahit di lidah akibat arang.

Selain itu, menu masakan satu ini juga aman untuk ibu hamil karena tidak menggunakan arang dalam memanggangnya. Akan tetapi, pastikan daging tidak menyisakan bagian yang mentah dan matang merata hingga ke dalam.

Nasi kebuli

Menu dengan daging kambing yang lebih sehat lainnya dan cukup digemari adalah nasi kebuli. Nasi kebuli merupakan menu masakan daging kambing sebagai bahan utama di mana disajikan dengan nasi yang dimasak bersamaan dengan bumbu rempah-rempah khas.

Biasanya, nasi kebuli disajikan dengan acar yang terbuat dari mentimun, bawang merah, dan cabai. Masakan satu ini tak hanya memiliki cita rasa yang kaya, namun juga sehat karena terbuat dari bahan-bahan alami.

Adakah manfaat mengonsumsi daging kambing bagi kesehatan?

Untuk manfaat dari daging kambing sendiri, berikut beberapa yang perlu kamu ketahui.

Meredakan peradangan

Daging kambing diketahui memiliki kadar lemak jenuh yang sangat rendah dan tidak membahayakan kesehatan jantung. Rendahnya kadar lemak jenuh dalam daging kambing dikatakan mampu meningkatkan kolesterol darah dan meredakan peradangan.

Baik untuk kesehatan wanita

Hal baik lainnya dari daging kambing adalah kandungan zat besi yang tinggi sehingga sangat bagus untuk kesehatan wanita. Zat besi diketahui dapat membantu produksi hemoglobin, yang akan meningkatkan kesehatan dan sirkulasi darah.

Konsumsi daging kambing direkomendasikan bagi penderita anemia atau penyakit yang disebabkan oleh kekurangan zat besi. Tak hanya itu, ibu hamil dan wanita yang sedang haid juga dianjurkan untuk makan daging kambing.

Menurunkan berat badan

Daging kambing mengandung vitamin B, yang dikenal dapat membantu membakar lemak secara efektif. Untuk itu, mengonsumsi satu porsi kecil daging kambing baik bagi orang yang ingin menurunkan berat badan.

Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Mineral lain yang dapat ditemukan pada daging kambing adalah kalsium. Daging kambing diketahui memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi sehingga dapat membantu menjaga tulang dan gigi serta membuatnya menjadi lebih kuat.

Kulit menjadi lebih sehat

Daging kambing juga mengandung banyak vitamin B12 yang diketahui bisa membantu menjaga kesehatan saraf dan sel darah tubuh. Selain itu, vitamin ini dapat pula membantu kamu mendapatkan kulit yang lebih sehat.

Baca juga: Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks vs Sederhana, Mana Lebih Baik?

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthguide.ng (2021), diakses 19 Juli 2021. 7 Amazing Health Benefits of Eating Goat Meat
  2. Times of India (2015), diakses 19 Juli 2021. Nutritional facts about goat meat you should know
  3. USDA (2019), diakses 19 Juli 2021. What is the nutrient content of goat meat?
  4. Nutritionix.com (2018), diakses 19 Juli 2021. Goat Stew – 1 bowl (2 cups)
  5. IDN Times (2020), diakses 19 Juli 2021. Resep Memasak Nasi Kebuli Pakai Rice Cooker, Mudah dan Simpel!
    register-docotr