Diet dan Nutrisi

Agar Terhindar dari Kolesterol, Ini Pengganti Santan yang Lebih Sehat

May 23, 2021 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Makanan-makanan yang diolah dengan menggunakan santan memang memiliki rasa yang lezat. Namun beberapa orang justru menolaknya karena bisa menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan. Demi mencegah hal itu terjadi, berikut ini pengganti santan yang lebih sehat. 

Apa itu santan? 

Melansir penjelasan dari laman Healthline, santan adalah cairan nabati yang populer dan bebas laktosa. Santan banyak digunakan dalam masakan Asia tetapi menjadi semakin populer sebagai bahan yang lembut dan lezat dalam memanggang dan memasak.

Jika resep makanan tertentu membutuhkan santan tetapi kamu tidak ingin menggunakannya karena alasan kesehatan tak perlu khawatir. Kamu dapat menggunakan bahan dasar alternatif lain, sebagai pengganti santan. 

Pengganti santan yang lebih sehat

Berikut ini beberapa pengganti santan yang lebih nikmat dan sehat seperti dilansir dari laman Healthline

Susu kedelai

Susu kedelai adalah alternatif yang bagus dan sehat sebagai pengganti santan. Susu kedelai memiliki kandungan lemak sedikit lebih rendah dari santan. Di sebagian besar resep, kamu dapat menukarnya dengan rasio 1:1.

Jika ingin menambahkan lebih banyak protein ke dalam makanan, susu kedelai adalah pilihan yang baik. Hanya 1 cangkir (240 ml) menyediakan 7 gram protein dibandingkan dengan hanya 0,5 gram untuk jumlah yang sama dari santan.

Pastikan untuk membeli susu kedelai tanpa pemanis, karena versi yang dimaniskan akan mengubah rasa hidangan. 

Susu kacang almond

Susu almond tanpa pemanis adalah pengganti potensial lainnya. Secara alami rendah kalori dan memiliki rasa netral, menjadikannya pilihan yang baik untuk smoothies, sereal, atau kue.

Kamu bisa menukar santan dengan susu almond dalam jumlah yang sama. Namun, kandungan lemaknya jauh lebih rendah daripada santan, sehingga tidak akan memberikan rasa kental yang sama. Untuk mengentalkannya, tambahkan 1 sendok makan (15 ml) jus lemon ke setiap orang 1 cangkir (240 ml) susu.

Menambahkan tepung kelapa juga bisa membantu masakan lebih kental dan timbulnya rasa kelapa yang lebih kuat. 

Susu kacang mete

Susu kacang mete adalah susu kacang kental yang bekerja dengan baik dalam saus, sup, dan smoothie.

Susu kacang mete memiliki tekstur yang lebih halus dan lembut daripada susu kacang lainnya serta meniru konsistensi susu sapi. Secara alami rendah kalori dan protein tetapi mengemas lebih banyak lemak daripada kebanyakan susu nabati. 

Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan krim mete, yang memiliki kandungan lemak lebih tinggi dan sehalus santan. Kamu dapat menukar susu mete dengan rasio 1:1 di sebagian besar resep.

Baca juga: Tinggi Serat dan Mineral, Ini 5 Manfaat Konsumsi Roti Gandum bagi Kesehatan!

Susu gandum

Susu oat adalah pilihan yang sangat baik untuk latte atau kopi. Lemak dalam santan menghasilkan busa kopi yang enak. Sementara susu oat mengandung lemak dalam jumlah sedang, secara alami mengandung beta glukan tinggi, serat yang membantunya berbusa.

Tidak seperti kebanyakan susu nabati, susu oat tidak mengental dan dapat digunakan dalam resep yang membutuhkan panas tinggi. Tukar susu gandum dengan santan dengan rasio 1:1. Secara alami manis dan lebih tinggi karbohidrat daripada santan.

Susu evaporasi

Susu evaporasi adalah pengganti yang sangat baik untuk santan dalam sup atau hidangan krim dan dapat digunakan dengan rasio 1:1. Susu evaporasi ini dibuat dengan memanaskan susu sapi untuk menghilangkan hingga 60 persen kandungan airnya.

Namun, produk kental dengan sedikit karamel ini tidak cocok untuk orang yang tidak mengonsumsi produk susu.

Krim kental 

Krim kental atau heavy cream dibuat dengan mengikis lemak dari susu segar dan sangat umum terjadi pada makanan berlemak tinggi seperti sup krim, saus, dan es krim. Ini jauh lebih tinggi lemaknya daripada santan dan dapat menggantikannya dalam jumlah yang sama di sebagian besar resep. 

Greek yoghurt 

Greek yoghurt ini adalah pengganti untuk santan karena konsistensinya yang kental. Untuk mengganti 1 cangkir (240 ml) santan, campurkan 1 cangkir (240 ml) greek yoghurt dengan 1 sendok makan (15 ml) air.

Jika ingin mengencerkan, tambahkan lebih banyak air secara perlahan hingga mencapai konsistensi yang diinginkan. 

Tahu sutra

Tahu sutra dibuat dengan menekan susu kedelai kental menjadi balok. Tahu sutra ini adalah bahan vegan yang populer untuk sup, smoothie, saus, dan makanan penutup.

Karena kandungan airnya yang tinggi, tahu sutra berpadu dengan baik dengan susu kedelai dalam perbandingan yang sama untuk menghasilkan campuran yang lembut dan dapat menggantikan santan dengan perbandingan 1:1.

Ini juga merupakan sumber protein yang baik, menyediakan 5 gram per porsi 3,5 ons (100 gram).

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2019) diakses pada 18 Mei 2021. 11 Delicious Substitutes for Coconut Milk
  2. Bhg.com.au (2019) diakses pada 18 Mei 2021. The 8 best alternatives to coconut milk

 

 

    register-docotr