Kulit & Perawatan Tubuh

Catat! Ini 8 Penyebab Muka Terlihat Cepat Tua

May 23, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Memiliki muka yang awet muda tentu saja dambaan bagi banyak orang. Namun, tahukah kamu bahwa terdapat beberapa kebiasaan yang dapat memengaruhi kulit muka sekaligus dapat menjadi penyebab muka terlihat cepat tua dibandingkan dengan usia sebenarnya? Apa saja? Simak di sini.

Baca juga: Bolehkah Gunakan Kombinasi Dua Serum Dalam Waktu Bersamaan?

Penyebab muka terlihat cepat tua

Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab yang bisa membuat muka terlihat cepat tua yang perlu kamu ketahui.

1. Tidak mencukupi asupan cairan dalam tubuh

Asupan cairan dalam tubuh yang tidak terpenuhi dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi dapat memengaruhi kulit, misalnya saja menyebabkan kulit menjadi kering, keriput di muka, munculnya garis halus, hingga lingkaran hitam.

Maka dari itu, agar mendapatkan kulit yang sehat penting bagi kamu untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh. Perlu kamu ketahui bahwa sekitar 20 persen asupan cairan berasal dari makanan, sedangkan sisanya berasal dari minuman.

2. Merokok

Seperti yang sudah diketahui bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan. Namun siapa sangka, merokok juga bisa berpengaruh terhadap tampilan kulit, lho.

Bahkan penelitian menunjukkan selain dapat meningkatkan risiko kondisi tertentu seperti kerusakan jantung atau paru-paru, merokok juga dapat mengaktifkan enzim yang dapat merusak elastisitas kulit.

3. Tidak cukup tidur

Penyebab muka terlihat cepat tua selanjutnya adalah kualitas tidur yang buruk. Perlu kamu ketahui bahwa ketika tidur, berbagai sistem tubuh, mulai dari otak hingga kulit mengalami perubahan dan perbaikan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Clinical and Experimental Dermatology, wanita yang mendapatkan kualitas tidur yang baik mengalami pemulihan pelindung kulit sekitar 30 persen lebih baik dibandingkan dengan mereka yang kurang tidur.

4. Terlalu banyak mengonsumsi junk food

Terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan dengan kandungan nutrisi rendah dapat membuat kulit tampak lebih tua dibandingkan dengan seharusnya.

Untuk menghindari hal ini, ahli diet Shawn M. Talbott, PhD menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat, seperti buah-buahan, sayuran, serta biji-bijian. Selain itu, untuk menjaga kesehatan kulit, kamu juga bisa mengonsumsi ikan berlemak seperti salmon.

5. Mengonsumsi terlalu banyak gula

Kolagen dan elastin adalah dua senyawa yang terdapat di dalam kulit untuk menjaga kulit tetap kenyal, kencang, serta awet muda. Namun, tahukah kamu bahwa mengonsumsi terlalu banyak gula dapat memengaruhi keduanya?

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Dermatology, ketika kadar glukosa atau fruktosa yang tinggi dikonsumsi, ini terkait dengan asam amino kolagen dan elastin, yang mana dapat mengganggu dan menghambat proses perbaikan alami dalam tubuh.

6. Stres

Penyebab muka terlihat cepat tua selanjutnya adalah stres. Stres yang berlangsung kronis dapat memengaruhi kulit wajah dengan cara tertentu.

Misalnya saja, hormon yang dilepaskan oleh tubuh ketika stres dapat menyebabkan perubahan fisiologis yang mana pada gilirannya berdampak pada kulit. Kantung mata, kulit kering, serta keriput adalah beberapa kondisi kulit yang bisa membuat muka terlihat cepat tua.

Dikutip dari laman Healthline, stres yang disebabkan oleh kurang tidur, juga dapat meningkakan tanda-tanda penuaan, seperti garis halus, berkurangnya elastisitas kulit, serta pigmentasi yang tidak merata.

Selain itu, stres juga dapat menyebabkan perubahan pada protein di kulit dan mengurangi elastisitanya. Hilangnya elastisitas tersebut dapat memicu pembentukan keriput.

7. Tidak mengenakan sunscreen

Paparan sinar matahari berlebih dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Seiring dengan waktu, paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari berlebih dapat merusak dan menyebabkan perubahan pada kulit.

Perubahan tersebut dapat termasuk photoaging, yakni penuaan dini pada kulit akibat paparan sinar matahari berlebih.

Pada kasus ini, kulit bisa lebih banyak timbul kerutan dan garis-garis halus akibat perubahan kolagen dari lapisan dalam kulit alias dermis, yang bisa menjadi penyebab muka terlihat cepat tua.

Baca juga: Cegah Penuaan Dini, Ini 5 Langkah Mudah Merawat Kulit di Sekitar Mata!

8. Tubuh terlalu kurus

Selain faktor yang telah disebutkan tersebut penyebab lain muka terlihat cepat tua adalah tubuh yang terlalu kurus. Sebab, kekurangan lemak di wajah dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kendur.

Maka dari itu, akan lebih baik jika kamu mempertahankan berat badan sehat dengan cara yang tepat. Dan pastikanlah juga kamu mengonsumsi makanan yang baik untuk kulit, seperti makanan yang mengandung asam lemak omega 3 serta tak lupa juga yang mengandung vitamin C.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai penyebab muka terlihat cepat tua. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan kulit muka atau wajah, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Eat This, Not That! (2021). Diakses pada 19 Mei 2021. 7 Things That Make You Look Older, According to Science 

Everyday Health (2017). Diakses pada 19 Mei 2021. 12 Habits That Make You Look Old 

Everyday Health (2014). Diakses pada 19 Mei 2021. 8 Unhealthy Habits That Make You Age Faster 

Healthline (2020). Diakses pada 19 Mei 2021. What Are the Effects of Stress on Your Face?

The Healthy (2021). Diakses pada 19 Mei 2021. 21 Habits That Are Making You Age Faster 

NIH (2010). Diakses pada 19 Mei 2021. “Quitting smoking rejuvenates the skin”: results of a pilot project on smoking cessation conducted in Milan, Italy 

NIH (2015). Diakses pada 19 Mei 2021. Does poor sleep quality affect skin ageing? 

NIH (2010). Diakses pada 19 Mei 2021. Nutrition and aging skin: sugar and glycation 

    register-docotr