Kulit & Perawatan Tubuh

Bolehkah Gunakan Kombinasi Dua Serum Dalam Waktu Bersamaan?

May 5, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Salah satu produk perawatan kulit yang penggunaannya tidak boleh dilewatkan adalah serum. Serum memiliki banyak manfaat yang penting untuk kamu ketahui. Namun, apakah diperbolehkan menggunakan kombinasi dua serum dalam waktu bersamaan?

Baca juga: Ragam Manfaat Minuman Kolagen, Benarkah Dapat Mencegah Penuaan?

Ketahui manfaat dari serum

Serum adalah salah satu produk skincare yang mengandung sejumlah bahan aktif yang terkonsentrasi. Serum dirancang untuk meresap ke dalam kulit dengan lebih cepat.

Karena konsentrasinya lebih tinggi, biasanya dibutuhkan waktu yang lebih singkat untuk memberikan hasil yang dapat terlihat.

Perlu kamu ketahui bahwa jika kamu menggunakan serum sesuai dengan jenis masalah kulit yang ingin kamu tangani, serum memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit wajah, di antaranya adalah:

  • Menyerap dengan lebih cepat ke dalam kulit
  • Menenangkan kulit sensitif
  • Memperbaiki tampilan garis halus dan kerutan
  • Melindungi kulit dari radikal bebas
  • Memiliki tekstur yang ringan jika diaplikasikan pada wajah

Apakah boleh menggunakan kombinasi dua serum dalam waktu bersamaan?

Manfaat serum sangat banyak, akan tetapi, bolehkah menggunakan kombinasi dua serum sekaligus dalam satu waktu? Pada dasarnya, hal ini boleh dilakukan.

Namun yang perlu kamu perhatikan adalah kamu harus menggunakannya secara hati-hati. Sebab, menurut Health Harvard Publishing, seberapa baik serum bekerja bergantung pada bahan aktif dan formulasi yang dimilikinya.

Tak hanya itu, masing-masing kandungan pada serum juga memiliki reaksi yang berbeda pada kulit. Hal penting yang harus kamu lakukan ketika memutuskan untuk menggunakan dua serum adalah memerhatikan kandungan bahannya.

Sebab, beberapa kandungan tidak boleh digabungkan secara bersamaan. Misalnya saja dua produk yang mengandung asam, ini karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Di sisi lain, kamu juga tidak boleh menggunakan lebih dari tiga produk serum. Sebab, menurut Enrique Ramirez, seorang ahli kecantikan, menggunakan lebih dari tiga produk serum dapat mengurangi kemungkinan setiap bahan dapat terserap dengan baik oleh kulit.

Hal lain yang perlu diperhatikan

Selain bahan aktif yang terkandung di dalamnya, kamu juga harus memerhatikan konsitensi serum. Ini dapat membantumu mengetahui serum mana yang sebaiknya digunakan terlebih dahulu.

Sebaiknya, gunakanlah serum yang memiliki konsitensi yang lebih ringan, kemudian gunakan serum dengan konsitensi yang lebih padat.

Lalu, apa kandungan serum yang sebaiknya tidak digabungkan?

Nah, berikut adalah beberapa kandungan yang sebaiknya dihindari pemakaiannya secara bersamaan.

1. Vitamin C dan retinol

Perlu kamu ketahui bahwa produk vitamin C bekerja sebagai antioksidan yang dapat membantu menangani masalah kulit akibat paparan sinar matahari berlebih atau polutan. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu menstimulasi produksi kolagen untuk mengurangi tampilan garis halus.

Berbeda halnya dengan vitamin C, retinol atau retinoid adalah turunan vitamin A yang dapat menyamarkan bintik coklat pada wajah serta memperbaiki tampilan garis halus.

Meskipun keduanya memiliki manfaat penting, tetapi menggunakan keduanya secara bersamaan dapat membuat kulit lebih sensitif. Sebab, vitamin C dan retinol bekerja secara optimal dalam lingkungan pH yang berbeda.

2. Benzoyl peroxide dan retinol

Terlepas dari apapun jenis kulitmu, kandungan lain yang tak boleh dicampurkan secara bersamaan adalah benzoyl peroxide dan retinol. Sebab, menggabungkan keduanya dalam satu waktu ini berisiko menyebabkan kulit menjadi kering, bersisik, serta mengelupas.

Bahkan, benzoyl peroxide juga disebutkan dapat mengurangi efek dari retinol.

Baca juga: Ladies, Sudah Tahu Ada Bahan-Bahan Skincare yang Tidak Boleh Dicampur?

3. Alpha dan Beta Hydroxy Acid dan Retinol

Alpha hydroxy acid (AHA) termasuk glycolic acid, lactic acid, dan citric acid. Sedangkan, beta hydroxy acid (BHA) mengacu pada salicylic acid atau asam salisilat.

Baik AHA maupun BHA biasanya digunakan untuk mengeksfoliasi lapisan atas kulit serta meratakan warna pada kulit. Sementara itu, seperti yang sudah diketahui bahwa retinol digunakan untuk menangani bintik coklat, garis halus, serta kerutan.

Retinol juga digunakan untuk menangani jerawat. Sebaiknya, hindarilah penggunaan kedua bahan ini secara bersamaan, karena keduanya dapat menyebabkan kekeringan, kemerahan, serta iritasi. Gunakanlah keduanya dalam waktu yang berbeda.

Itulah beberapa informasi mengenai apakah diperbolehkan menggunakan dua serum atau tidak secara bersamaan. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait dengan kesehatan kulit, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Dermstore (2018). Diakses pada 04 Mei 2021. How to Layer Serums and Oils the Right Way

Harvard Health Publishing (2018). Diakses pada 04 Mei 2021. Skin serum: What it can and can’t do 

Healthline (2020). Diakses pada 04 Mei 2021. What Are the Benefits of Using a Face Serum? 

Huffpost (2018). Diakses pada 04 Mei 2021. These Common Skin Care Ingredients Should Never Be Used At The Same Time 

The Healthy (2021). Diakses pada 04 Mei 2021. 5 Skin Care Ingredients You Should Never Mix—and 4 You Should 

    register-docotr