Diet dan Nutrisi

Mengulik Nilai Gizi Permen Dalgona di Serial Squid Game, Amankah untuk Kesehatan?

October 8, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Serial terbaru dari Netflix berjudul Squid Game berhasil menyita perhatian banyak orang, termasuk warganet Indonesia. Tak hanya informasi seputar para pemerannya, permen tradisional ppopgi juga ramai diburu. Bahkan, tak sedikit pula yang tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah.

Akibatnya, gulali dalgona menjadi sangat populer saat ini. Namun, apakah permen kecoklatan itu aman dikonsumsi dalam porsi banyak? Mengingat, ppopgi sendiri terbuat dari bahan utama gula. Yuk, cari tahu jawabannya dengan ulasan berikut!

Permen dalgona di serial Squid Game

Serial Squid Game menceritakan tentang ‘perlombaan’ yang identik dengan permainan masa kecil di Korea Selatan. Permen dalgona, yang juga identik dengan jajanan masa kecil, muncul di salah satu challenge yang harus dimainkan oleh peserta dalam drama tersebut.

Masing-masing peserta diminta untuk memisahkan sebuah bentuk cetakan dari keseluruhan bagian permen ppopgi. Tentu saja, bagi siapa saja yang gagal, hukuman akan segera menanti. Berkejaran dengan waktu, para peserta diminta untuk segera menyelesaikan tantangan yang satu ini.

Di bawah teriknya sinar matahari, salah satu peserta bernama Seong Gi-Hun mendapatkan ide cemerlang agar cetakan bisa terlepas dari ppopgi. Gi-Hun mulai menjilati permen tersebut dengan memanfaatkan sinar matahari agar ppopgi bisa cepat meleleh.

Tak lama kemudian, aksinya diikuti oleh semua peserta yang tersisa. Benar saja, sebagian besar peserta yang tersisa berhasil melewati tantangan ini berkat ide cemerlang dari Gi-Hun.

Baca juga: Tren Jajanan Croffle: Kandungan Gizi dan Cara Sehat Mengonsumsinya

Apa sebenarnya permen dalgona itu?

Seperti yang telah disebutkan, permen dalgona adalah salah satu jajanan khas Korea Selatan yang sangat digemari oleh anak-anak. Permen ini mudah ditemukan di banyak tempat di Korea, termasuk pedagang kaki lima. Penjual permen ppopgi lebih umum ditemukan di sekitar sekolah.

Dalgona sendiri berasal dari bahasa Korea ‘dalguna’ (달구나) yang mempunyai arti “manis”. Sedangkan istilah ‘ppopgi’ (뽑기) bermakna ‘memilih’, mengacu pada permainan tradisional Korea yang berhubungan dengan permen gulali tersebut.

Permen dalgona terbuat dari lelehan gula yang dicampur dengan soda kue. Dalam proses pembuatannya, permen diolah hingga membentuk seperti bulatan karamel cokelat pekat yang sangat manis.

Kandungan dan nilai gizi

Ppopgi adalah permen yang bahan utamanya adalah gula dan soda kue. Satu permen dalgona mengandung nilai gizi sebagai berikut:

  • Kalori: 80 kkal
  • Karbohidrat: 12 gr
  • Lemak: 4 gr
  • Sodium: 78 mg
  • Gula: 11 gr.

Batasan aman konsumsi ppopgi

Untuk alasan kesehatan, sebaiknya kamu tak mengonsumsi permen dalgona dalam porsi banyak. Ini karena ppopgi terbuat dari bahan utama gula.

Menurut American Heart Association, batasan konsumsi gula per hari adalah 24 gram (100 kalori) untuk wanita dan 36 gram untuk pria (150 kalori). Ini juga berlaku untuk anak-anak.

Seperti yang telah disebutkan, satu permen dalgona mengandung sekitar 11 gram gula, hampir separuh dari batasan maksimal yang dianjurkan. Jadi, usahakan tidak mengonsumsi lebih dari satu permen dalgona per hari, ya. Sebab, kamu juga sudah mendapat asupan gula dari makanan lain.

Dikutip dari laman Harvard School of Public Health, terlalu banyak asupan gula bisa memberi efek tidak baik pada kesehatan, seperti peningkatan tekanan darah, rentan mengalami peradangan, berat badan naik, dan diabetes.

Semua gangguan kesehatan itu dikaitkan dengan risiko serangan jantung dan stroke.

Baca juga: Tips Aman Makan Kue Bulan saat Festival Pertengahan Musim Gugur

Bagaimana agar aman dikonsumsi?

Cara paling aman untuk mengonsumsi permen ppopgi adalah dengan membuatnya sendiri di rumah. Pada umumnya, permen dalgona hanya membutuhkan bahan dasar gula pasir atau gula merah dan soda kue.

Dua bahan utama itu dicampur dan dipanaskan hingga membentuk seperti karamel, lalu didiamkan agar mengeras seperti permen. Namun, agar lebih sehat, kamu bisa mengganti bahan gula dengan gula alami.

Tak perlu takut gagal, semua jenis gula akan berubah menjadi karamel saat dipanaskan dalam suhu tinggi.

Nah, itulah ulasan tentang permen dalgona yang sedang populer dari serial Squid Game. Agar tetap aman, jangan terlalu banyak mengonsumsinya, ya!

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

  1. Korean Bapsang, diakses 7 Oktober 2021, Dalgona (Korean Sugar Candy).
  2. Kimchi Mari, diakses 7 Oktober 2021, Dalgona – Korean Sponge Candy Recipe.
  3. Harvard School of Public Health, diakses 7 Oktober 2021, Added Sugar in the Diet.
  4. Harvard School of Public Health, diakses 7 Oktober 2021, The sweet danger of sugar.

    register-docotr