Diet dan Nutrisi

Mengenal Diet Militer: Definisi dan Cara Aman untuk Menerapkannya!

July 30, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Untuk menurunkan berat badan, banyak cara yang bisa dilakukan, termasuk dengan diet. Salah satu diet paling populer saat ini adalah diet militer, yang diklaim dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat dalam seminggu.

Namun demikian, tak sedikit yang meragukan metode diet ini karena dianggap tidak sehat. Nah, untuk mengetahui serba-serbi diet militer, yuk simak penjelasannya lebih lanjut berikut.

Baca juga: Turunkan Berat Badan dengan Alat Pengunci Rahang, Tertarik Mencoba?

Sekilas mengenai diet militer

Dilansir Healthline, diet militer atau disebut juga dengan ‘diet tiga hari’ merupakan metode penurunan berat badan yang diketahui dapat membantu menurunkan hingga 4,5 kg dalam seminggu.

Rencana diet militer melibatkan makan tiga hari diikuti dengan empat hari libur, dan siklus ini diulangi lagi sampai mencapai berat badan tujuan. Diet ini dilakukan dengan mengonsumsi makanan tinggi protein dan rendah lemak, karbohidrat, dan kalori.

Tak hanya itu, diet militer juga mengombinasikan makanan tertentu untuk meningkatkan metabolisme dan membakar lemak. Terlepas dari namanya, diet ini sebenarnya tidak berhubungan dengan institusi militer atau pemerintah mana pun, ya.

Apakah diet militer aman untuk menurunkan berat badan?

Sebuah artikel di The American Journal of Clinical Nutrition meneliti diet sangat rendah kalori atau VLCDs. Ditemukan hasil yang efektif dalam membantu menurunkan berat badan jangka pendek dan cukup aman.

Diet rendah kalori adalah diet yang memungkinkan konsumsi kurang dari 1.000 kalori per hari. Ini juga berlaku pada metode diet militer.

Perlu diketahui, mungkin akan sulit untuk memprediksi berapa banyak berat badan yang akan turun pada diet ketat selama seminggu karena setiap orang berbeda.

Jika kamu ingin menerapkan military diet, pastikan untuk tidak dalam jangka panjang. Dikhawatirkan ini dapat menyebabkan malnutrisi pada tubuh dan memicu timbulnya masalah kesehatan lain.

Selain itu, diet ketat yang dijalankan terus-menerus tidak akan efektif menurunkan berat badan. Beberapa orang juga sering mengalami kenaikan berat badan setelah menghentikan diet jangka panjang ini.

Karena itu, pastikan telah membuat rencana untuk mempertahankan berat badan jika ingin menghentikan diet jangka pendek tersebut.

Tips aman untuk melakukan diet militer 

Diet militer sebenarnya dibagi menjadi dua fase selama periode tujuh hari. Untuk hari pertama, kamu harus mengikuti rencana makan rendah kalori yang ditetapkan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Selain itu, tidak akan ada camilan di antara waktu makan tersebut.

Total asupan kalori selama fase ini kira-kira 1.100 hingga 1.400 kalori per hari, di mana jauh lebih rendah dari asupan rata-rata orang dewasa. Beberapa menu diet yang biasa dikonsumsi selama diet tiga hari tersebut, yakni:

Hari pertama

Untuk diet hari pertama, kamu bisa mengonsumsi sarapan dengan setengah jeruk bali, satu potong roti panggang, 2 sendok makan selai kacang dengan merek bebas garam dan bebas gula, serta secangkir kopi atau teh berkafein.

Selanjutnya, untuk makan siang kamu bisa mengonsumsi setengah cangkir tuna, satu potong roti panggang, dan satu cangkir kopi atau teh berkafein. Untuk makan malam, konsumsi 3 ons daging apa saja, satu cangkir kacang hijau, setengah pisang, satu apel kecil, dan satu cangkir es krim vanila.

Hari kedua

Pada diet hari kedua, sarapan dimulai dengan satu telur, satu potong roti panggang, dan setengah pisang. Untuk makan siang, kamu bisa mengonsumsi satu telur rebus, 5 biskuit asin dan secangkir keju cottage.

Pada menu makan malam, konsumsi dua hot dog tanpa roti, satu cangkir brokoli, setengah cangkir wortel, setengah pisang, dan setengah cangkir es krim vanila. Perlu diingat, pastikan untuk tidak memakan camilan di antara waktu makan ini.

Hari ketiga

Untuk hari ketiga, menu sarapan yang bisa dikonsumsi adalah lima biskuit asin, sepotong keju cheddar, dan satu apel. Pada makan siang, menu dietnya adalah sebuah telur rebus dan sepotong roti panggang.

Sementara makan malam, menunya adalah secangkir tuna, setengah pisang, dan secangkir es krim vanila.

Empat hari selanjutnya dalam minggu tersebut, kamu dianjurkan untuk konsumsi makanan sehat dan terus menjaga agar asupan kalori tetap rendah. Untuk mencapai berat badan tujuan, kamu perlu mengulangi diet ini beberapa kali.

Baca juga: Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks vs Sederhana, Mana Lebih Baik?

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Medical News Today (2020), diakses 29 Juli 2021. What is the military diet and does it work?
  2. Healthline (2017), diakses 29 Juli 2021. The Military Diet: A Beginner’s Guide (With a Meal Plan)
  3. Everyday Health (2020), diakses 29 Juli 2021. Is the 3-Day Military Diet Safe and Effective for Weight Loss?
    register-docotr