Diet dan Nutrisi

Manfaat Vitamin E: Mengatasi Alzheimer hingga Merawat Kecantikan Kulit

June 13, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Vitamin E adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan termasuk dalam vitamin larut dalam lemak. Terdapat berbagai manfaat vitamin E untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Untuk merasakan manfaatnya, kamu bisa mendapatkan vitamin E secara alami dari makanan seperti minyak nabati, sereal, daging, telur, buah atau sayuran. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan manfaat vitamin E dengan mengonsumsi suplemen.

Apa saja manfaat yang didapat jika mengonsumsi cukup vitamin E? Yuk simak penjelasan selengkapnya.

Manfaat vitamin E untuk kesehatan tubuh

Menurut US National Institutes Health, dalam sehari seseorang yang berusia lebih dari 14 tahun, pria atau wanita, dianjurkan memenuhi asupan vitamin sebanyak 15 mg. Dengan jumlah yang tepat, vitamin E akan membantu tubuh untuk:

Mengatasi penyakit alzheimer

Sudah banyak penelitian yang mengaitkan manfaat vitamin E untuk mengatasi alzheimer. Namun, dari penelitian ilmiah yang terbukti adalah vitamin E mampu membantu memperlambat perkembangan penyakit tersebut bagi yang telah didiagnosis, untuk kategori ringan hingga sedang.

Tidak semua penelitian menunjukkan bukti yang sama. Penggunaan vitamin E nampak tidak memengaruhi orang yang mengalami gangguan kognitif, yang berkembang menuju penyakit alzheimer.

Mengatasi penyakit hati

Vitamin E dipercaya dapat meringankan gejala penyakit hati. Namun ini tidak berlaku untuk pasien yang bukan peminum minuman beralkohol. Pada pasien yang tidak mengonsumsi alkohol, vitamin E dapat membantu mengurangi peradangan pada hati.

Di lain sisi, perlu diperhatikan juga bahwa mengonsumsi vitamin E secara intensif selama dua tahun berturut-turut dapat memengaruhi tingkat resistensi insulin atau berkaitan dengan penyakit gula darah.

Meningkatkan darah merah

Manfaat tersebut baru diketahui bekerja pada orang yang mengalami anemia akibat penyakit kronis. Mengonsumsi vitamin E bereaksi pada produksi sel darah merah pada orang dewasa dan anak-anak yang menjalani hemodialisis (pembersihan darah dari zat yang tak dibutuhkan).

Mempercepat penyembuhan pada mata

Mengonsumsi vitamin A dosis tinggi yang dibarengi dengan vitamin E setiap hari dipercaya dapat meningkatkan atau mempercepat penyembuhan pada penglihatan atau pada mata setelah menjalani operasi laser.

Mengurangi risiko preeklampsia

Vitamin E dianggap dapat mengurangi kemungkinan terjadinya preeklampsia atau tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Namun hingga kini belum ada penelitian secara ilmiah yang membuktikan manfaat tersebut.

Manfaat vitamin E untuk kecantikan

Selain membantu kesehatan tubuh, vitamin E juga terkenal sebagai salah satu nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Berikut adalah manfaat vitamin E yang terkait dengan kesehatan kulit dan kecantikan.

Melawan penuaan

Vitamin E seringkali digunakan dalam produk perawatan kulit dan wajah. Karena dipercaya dapat membantu mencegah penuaan pada kulit. Biasanya vitamin E digunakan dalam bentuk serum wajah atau minyak esensial untuk tubuh. Atau bisa digunakan dalam bentuk suplemen tablet.

Rajin mengonsumsi vitamin E atau menggunakannya melalui produk perawatan kulit dapat membuat kulit terlihat awet muda, mencegah terjadinya keriput dan membuatnya terlihat sehat terawat.

Menghilangkan noda bekas jerawat

Penggunaan minyak esensial vitamin E atau produk dengan konsentrasi kandungan alpha-tocopherol yang tinggi, sudah dikenal dapat memperbaiki kondisi kulit. Termasuk menghilangkan bekas jerawat.

Tapi sebaiknya jangan menggunakan perawatan ini dalam waktu lama, misalnya sepanjang malam. Karena konsistensi vitamin E justru dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat baru.

Meratakan warna kulit

Pada kondisi tertentu, seseorang bisa mengalami hiperpigmentasi atau beberapa area kulit terlihat lebih gelap dari yang lainnya. Ini terjadi akibat produksi melanin meningkat pada kulit. Umumnya kondisi ini juga disebut noda atau flek pada kulit.

Penggunaan vitamin E dipercaya dapat mengatasi masalah kulit yang satu ini. Namun, hasilnya akan lebih efektif jika pengobatan dilakukan bersamaan dengan mendapat asupan vitamin C yang cukup.

Itu tadi beberapa manfaat vitamin E untuk kesehatan dan untuk kecantikan. Di luar itu banyak informasi mengenai manfaat vitamin E lainnya, seperti dapat mencegah beberapa jenis kanker, menurunkan tekanan darah, hingga mengurangi gejala skizofrenia.

Sayangnya sumber dan bukti mengenai manfaat tersebut masih sangat terbatas. Atau ada beberapa yang sudah terbukti tidak benar. Seperi manfaat pada kanker prostat.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Webmd diakses 10 Juni 2020 Vitamin E 
  2. Healthline diakses 10 Juni 2020 How Can Vitamin E Oil Help the Appearance and Health of My Face? 
    register-docotr