Diet dan Nutrisi

Tak Hanya Nikmat, Susu Almond Juga Kaya Manfaat Kesehatan

June 13, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Sedang mencari alternatif lain dari susu sapi? Susu almond yang kaya akan manfaat bisa jadi pilihan lho.

Perubahan gaya hidup seperti tren vegan membuat kebutuhan alternatif pengganti susu sapi meningkat. Salah satu yang paling populer adalah susu dari kacang almond.

Apakah susu almond memiliki kandungan nutrisi yang baik? Apa saja manfaatnya untuk kesehatan tubuh? Simak penjelasannya di bawah ini.

Mengenal susu almond

Susu almond adalah minuman yang terbuat dari kacang almond dan juga air. Proses pembuatannya dilakukan dengan mencampurkan air dengan almond lalu diblend.

Setelah itu disaring untuk menghilangkan sisa-sisa sari pati kacang almond. Dalam produk susu almond kemasan biasanya ditambahkan juga kandungan pengental, pengawet, dan perasa untuk meningkatkan rasa, dan tekstur.

Susu almond sangat cocok untuk mereka yang vegan dan punya intoleransi laktosa. Jadi jika kamu sedang mencari alternatif dari susu sapi, maka susu almond bisa jadi alternatif terbaiknya.

Kandungan susu almond yang bawa manfaat

Kandungan kalori dalam secangkir susu almond yang berukuran 240 ml lebih rendah ketimbang kalori dalam susu sapi lho.

Dilansir dari Healthline, berikut kandungan nutrisi yang terkandung dalam segelas susu almond berukuran 240 ml:

  • Kalori: 39.
  • Lemak: 3 gram.
  • Protein: 1 gram.
  • Karbohidrat: 3,5 gram.
  • Serat: 0,5 gram.
  • Kalsium: 24% dari Nilai Harian (DV)
  • Kalium: 4% dari DV.
  • Vitamin D: 18% dari DV.
  • Vitamin E: 110% dari DV.

Susu almond adalah sumber vitamin E alami yang luar biasa dan alami. Vitamin E merupakan antioksidan yang larut dalam lemak dan bisa melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, banyak juga produk susu almond di pasaran yang diperkaya dengan kandungan bermanfaat lain seperti kalsium dan vitamin D.

Manfaat susu almond untuk kesehatan

Dari banyaknya nutrisi yang ada di dalam susu almond, maka tak salah jika minuman ini tergolong sehat dan bisa bantu jaga kesehatan tubuh kita.

Berikut beberapa manfaat susu almond untuk kesehatan yang perlu kamu tahu:

1. Antioksidan tinggi

Susu almond tinggi akan kandungan vitamin E, yang larut dalam lemak dan bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Vitamin E juga mampu meningkatkan kesehatan mata dan kulit serta dapat berperan dalam melindungi risiko penyakit jantung.

2. Manfaat susu almond untuk jantung

Susu kacang almond rendah natrium dan tinggi lemak sehat (seperti asam lemak omega yang biasanya ditemukan pada ikan), dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Selain itu, di dalam susu almond juga tidak ditemukan adanya lemak susu atau kolesterol. Susu almond kaya akan vitamin E dan mengandung lemak sehat. Meminumnya secara teratur dapat menyehatkan jantung kita.

3. Rendah kalori

Jika kamu sedang dalam masa diet untuk menurunkan berat badan, susu almond murni bisa jadi pilihan. Susu almond murni tanpa pemanis tambahan mengandung 80 persen lebih sedikit kalori ketimbang susu sapi.

Hal ini membuat susu almond bisa sangat efektif membantu proses diet untuk menurunkan berat badan kamu. Jadi pastikan untuk memilih produk yang rendah gula ya.

4. Manfaat susu almond untuk tulang

Susu almond murni memang tidak mengandung kalsium dan vitamin D sebanyak susu sapi. Namun biasanya produk yang ada di pasaran sudah ditambahkan kedua nutrisi ini.

Sebab, susu almond sering digunakan sebagai pengganti susu sapi. Kalsium adalah mineral penting untuk perkembangan dan kesehatan tulang. Ini juga membantu mengurangi risiko patah tulang dan osteoporosis.

5. Tidak pengaruhi kadar gula darah

Susu almond murni tanpa tambahan gula sangat rendah akan karbohidrat, sehingga tidak akan mempengaruhi kadar gula darah secara signifikan sehingga bisa menekan risiko diabetes.

Karena indeks glikemiknya yang rendah, tubuh akan menggunakan karbohidrat sebagai energi sehingga gula tidak disimpan sebagai lemak.

Tips memilih susu almond yang baik

Mengetahui manfaat di atas, kamu mulai tertarik untuk mencoba susu dari kacang almond? Jika iya ada tips sederhana yang bisa kamu coba.

Kalau kamu punya cukup waktu, maka membuat susu almond sendiri adalah pilihan terbaik. Kalaupun tidak, kamu bisa membelinya di pasaran.

Pastikan kamu memilih susu almond tanpa pemanis. Selain itu, periksa juga daftar bahan-bahannya, karena banyak merek menggunakan susu beras sebagai bahan dasar.

Hal ini membuat kandungan almond lebih rendah dan membuat kandungan nutrisinya tak sebaik susu almond murni.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline. Diakses pada 8 Juni 2020. What Is Almond Milk, and Is It Good or Bad for You?.

Healthline. Diakses pada 8 Juni 2020. 9 Science-Based Health Benefits of Almond Milk.

Medical News Today. Diakses pada 8 Juni 2020. 7 benefits of almond milk.

Lifehacks. Diakses pada 8 Juni 2020. 11 Benefits of Almond Milk You Didn’t Know About.

BBC. Diakses pada 8 Juni 2020. The health benefits of almond milk.

    Berita Terkait
    register-docotr