Diet dan Nutrisi

10 Manfaat Telur, Si Makanan Super yang Kaya Nutrisi untuk Kesehatan

January 7, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Telur adalah salah satu makanan yang banyak digemari. Selain mudah diolah, telur juga memiliki rasa yang enak. Selain itu, tahukah kamu ada banyak manfaat telur untuk kesehatan? 

Buat kamu yang belum mengetahui, telur adalah salah satu dari beberapa makanan yang dikategorikan sebagai superfood. Alasannya, telur memiliki banyak manfaat terkait kandungan nutrisi di dalamnya.

Untuk lebih jauh mengenal kandungan telur dan manfaatnya, berikut ulasan selengkapnya. 

Kandungan nutrisi telur

Telur adalah salah satu makanan paling bergizi, karena kaya nutrisi. Dari satu telur rebus mengandung:

  • Vitamin A: 6 persen dari kebutuhan harian
  • Folat: 5 persen dari kebutuhan harian
  • Kandungan vitamin B5: 7 persen dari kebutuhan harian
  • Vitamin B12: 9 persen dari kebutuhan harian
  • Vitamin B2: 15 persen dari kebutuhan harian
  • Fosfor: 9 persen dari kebutuhan harian
  • Selenium: 22 persen dari kebutuhan harian

Telur juga mengandung vitamin D, E, K dan B6. Juga mengandung kalsium, zinc, dalam jumlah yang cukup. Sementara itu, dalam satu telur kamu juga akan mendapatkan 77 kalori, 6 gram protein dan 5 gram lemak sehat. 

Jika kamu mengonsumsi telur yang diperkaya omega-3, ini akan lebih bermanfaat untuk kesehatan. Dengan berbagai kandungan yang sudah disebutkan, memungkinkan kamu mendapatkan banyak manfaat telur untuk kesehatan. 

Manfaat telur untuk kesehatan

Salah satu yang istimewa, telur termasuk tinggi kolesterol tapi tidak membuat kolesterol darah ikut menjadi tinggi. Seperti dilansir dari Healthline, sebuah penelitian menunjukkan pada 70 persen peserta penelitian, telur tidak meningkatkan kolesterol darah.

Walau faktanya, telur mengandung 212 miligram kolesterol, hampir memenuhi keseluruhan asupan harian yang direkomendasikan yaitu 300 miligram. Nah, ini hanya satu dari berbagai manfaat telur untuk kesehatan. Berikut daftar manfaat telur lainnya.

1. Meningkatkan kolesterol baik

High density lipoprotein (HDL) atau yang seringkali disebut kolesterol baik dapat meningkat dengan mengonsumsi telur. Kadar HDL yang baik, akan membantu seseorang menurunkan risiko terkena penyakit jantung, stroke dan masalah kesehatan lainnya. 

Sebuah penelitian mengungkapkan makan dua telur per hari selama enam minggu dapat meningkatkan kadar HDL sebesar 10 persen. 

2. Mengandung kolin

Kolin adalah nutrisi yang jarang diketahui keberadaannya. Namun, kolin juga penting untuk tubuh, dan sering dikelompokkan dengan vitamin B. Peran kolin yang penting bagi kesehatan adalah membangun membran sel dan memproduksi molekul pemberi sinyal di otak.

3. Manfaat telur menurunkan risiko penyakit jantung

Low density lipoprotein (LDL) atau yang juga disebut kolesterol jahat sering dikaitkan dengan risiko penyakit jantung. Namun, ternyata LDL sendiri masih memiliki subtipe berdasarkan ukuran partikelnya.

Sementara mengonsumsi telur tampak mengubah pola partikel LDL. Mudahnya, perubahan partikel itu dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. 

4. Manfaat telur untuk kesehatan mata

Seiring bertambahnya usia, kemampuan penglihatan juga akan semakin berkurang. Tubuh memerlukan beberapa nutrisi untuk membantu mengurangi proses tersebut. 

Dari berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan, dua di antaranya terkandung dalam kuning telur. Yaitu lutein dan zeaxanthin. Keduanya adalah antioksidan kuat yang berperan pada kesehatan mata

5. Menurunkan kadar trigliserida

Walau tidak di semua telur, tapi ada beberapa telur yang diperkaya omega-3, sehingga lebih kaya akan kandungan asam lemak omega-3. Kandungan itu dapat mengurangi kadar trigliserida dalam darah. Di mana trigliserida dalam darah dapat menjadi faktor penyakit jantung. 

Sebuah penelitian menyebut dengan mengonsumsi lima telur yang diperkaya omega-3 setiap minggu dalam waktu 3 minggu, dapat menurunkan kadar trigliserida sekitar 16 hingga 18 persen. 

6. Mengoptimalkan kesehatan tulang

Telur kaya akan kandungan protein hewani, yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya membantu mengoptimalkan kesehatan tulang.

7. Menurunkan berat badan

Memasukkan telur dalam daftar makanan yang kamu konsumsi selama diet adalah ide yang baik. Karena dilansir dari Healthline, telur mengandung asam amino esensial dalam rasio yang tepat dan protein yang baik. Salah satu manfaatnya dapat membantu menurunkan berat badan. 

8. Manfaat telur untuk penderita diabetes

Telur dikenal dengan kandungan kolesterol yang tinggi. Seringkali dikaitkan sebagai faktor risiko penyakit jantung dan juga stroke. Namun beberapa penelitian, menyebutkan pada diet rendah karbohidrat, yaitu diet untuk penderita diabetes, menyebabkan perbaikan faktor risiko penyakit jantung. 

9. Telur untuk kesehatan kulit

Beberapa vitamin dan mineral dalam telur dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah kerusakan jaringan tubuh, seperti vitamin A. Selain itu, kandungan yang sama juga dapat membantu sistem kekebalan tubuh lebih kuat.

10. Baik untuk wanita hamil

Kandungan asam folat pada telur dibutuhkan oleh wanita hamil. Karena asam folat dapat membantu mencegah cacar bawaan pada janin, seperti spina bifida. 

Selain yang sudah disebutkan, telur juga bermanfaat untuk membentuk otot yang kuat dan juga memproduksi energi. 

Demikian manfaat telur untuk kesehatan, dan semoga dapat menambah informasi untuk kamu yang suka mengonsumsi telur, ya!

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan? Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 24 Desember 2020
Top 10 Health Benefits of Eating Eggs
Webmd, diakses 24 Desember 2020
Health Benefits of Eggs
Medical News Today, diakses 24 Desember 2020
Everything you need to know about eggs

    Berita Terkait
    register-docotr