Diet dan Nutrisi

Manfaat Telur Ikan: Bisa Bantu Tingkatkan Kesehatan Mata dan Otak

March 11, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Cukup banyak manfaat telur ikan yang bisa didapatkan karena kandungan nutrisi di dalamnya yang beragam. Telur ikan atau biasa dikenal sebagai kaviar ini merupakan salah satu makanan mahal yang ditemukan di restoran sushi.

Telur ikan memiliki penampilan mencolok yang mengandung nutrisi mengesankan untuk tubuh. Nah, untuk mengetahui manfaat telur ikan bagi kesehatan, yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya berikut.

Baca juga: Buah yang Harus Dihindari saat Diet, Mulai dari Alpukat hingga Semangka

Kandungan nutrisi pada telur ikan

Dilansir dari Very Well Fit, 1 sendok makan atau sekitar 16 gram telur ikan mengandung 42 kalori, lemak 3 gram, sodium 240 mg, karbohidrat 0.6 gram, serat 0 gram , gula 0 gram, dan protein 4 gram. Namun, kandungan nutrisi ini mungkin berbeda antar varietas telur ikan. 

Jumlah karbohidrat dalam telur ikan bervariasi menurut spesies, tetapi bukan merupakan sumber karbohidrat yang signifikan. Jika kamu makan telur ikan sturgeon, maka akan mengonsumsi kurang dari satu gram karbohidrat. 

Sementara itu, terdapat tiga jenis lemak dalam telur ikan yakni lemak jenuh, lemak tak jenuh ganda, dan lemak tak jenuh tunggal. Tambahan protein dalam telur ikan juga bisa didapatkan meski akan sedikit berbeda pada jenis yang kamu pilih. 

Telur ikan cocok dengan diet khusus tertentu, seperti diet Paleo dan diet rendah karbohidrat lainnya karena merupakan sumber lemak sehat. Dalam satu porsi telur ikan menyediakan 439 miligram asam lemak omega-3 EPA dan 608 miligram DHA. 

Manfaat telur ikan

Dengan berbagai kandungan dalam telur ikan tersebut, kamu akan mendapatkan manfaat kesehatan yang beragam. Beberapa manfaat telur ikan bagi kesehatan tubuh yang bisa diperoleh, yakni sebagai berikut:

Meringankan arthritis rheumatoid

Dalam sebuah studi, para peneliti percaya bahwa asam lemak Omega-3 yang ditemukan dalam telur ikan dapat membantu mengurangi gejala arthritis rheumatoid.

Studi yang dilakukan pada hewan telah menunjukkan langsung antara peningkatan EPA dan DHA dan kemampuan untuk memodulasi mediator proinflamasi.

Sementara studi eksperimental pada manusia telah menguatkan studi pada hewan ini. Untuk itu, didapatkan bukti yang menunjukkan peningkatan asupan makanan dengan EPA dan DHA yang berperan dalam fungsi antiinflamasi. 

Meningkatkan kesehatan otak

EPA, DHA, dan asam lemak lain seperti DPA yang ditemukan dalam telur ikan dapat membantu melawan penuaan otak. Selain itu, nutrisi ini juga dapat berdampak pada fungsi kognitif dan meningkatkan kesehatan serta perbaikan otak.

Sebuah studi menunjukkan adanya efek mengurangi gangguan mood secara lebih konsisten dalam uji klinis menggunakan EPA. Sementara dengan kondisi neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer fokusnya ada pada DHA.

Mendukung kesehatan mata

Baik DHA dan EPA sangat penting untuk perkembangan visual pada bayi dan fungsi retina pada anak-anak serta orang dewasa.

Orang yang tidak mendapatkan cukup Omega-3 dalam makanannya mungkin memiliki peningkatan risiko retinopati diabetik, degenerasi makula, dan sindrom mata kering.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Asam lemak Omega-3 dalam telur ikan dapat membantu mengurangi pembekuan darah dan peradangan dalam tubuh. Tak hanya itu, manfaat telur ikan lainnya adalah dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Efek samping konsumsi telur ikan

Meski manfaat telur ikan beragam, ternyata bisa juga menyebabkan dampak buruk atau efek samping. Beberapa efek samping yang mungkin dirasakan akibat konsumsi telur ikan, dapat berupa:

Alergi

Ikan merupakan alergen yang umum sehingga ketika kamu mengonsumsi telur ikan maka akan menyebabkan alergi. Gejala alergi yang biasa dirasakan, antara lain gatal-gatal, ruam kulit, kesulitan bernapas, sakit kepala, hidung tersumbat, atau mual setelah menelannya.

Tinggi kolesterol

Kandungan telur ikan yang relatif tinggi kolesterol dan tinggi natrium dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan. Selain itu, telur ikan juga tinggi purin sehingga akan menjadi masalah jika kamu rentan terhadap asam urat.

Apabila kamu memiliki masalah kesehatan, konsultasikan terlebih dahulu dengan penyedia layanan kesehatan sebelum mengonsumsi telur ikan. Takaran atau dosis untuk mengonsumsi telur ikan bisa diketahui untuk mencegah masalah kesehatan yang lebih serius.

Baca juga: Daftar 7 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline (2021), diakses 3 Maret 2021. What Is Masago? Benefits and Downsides of Capelin Fish Roe
  2. Nutrition Advance (2019), diakses 3 Maret 2021.  Salmon Roe 101: Nutrition Facts and Health Benefits
  3. Very Well Fit (2020), diakses 3 Maret 2021.  Fish Egg Nutrition Facts and Health Benefits
  4. Live Strong (2019), diakses 3 Maret 2021. How Nutritious Are Fish Eggs?
    register-docotr