Diet dan Nutrisi

Ini 10 Manfaat Talas untuk Tubuh, dari Menjaga Kesehatan Jantung hingga Kulit

July 27, 2020 | Husni Efendi | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Talas adalah salah satu jenis umbi-umbian yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Sayangnya tak semua tahu manfaat talas untuk kesehatan yang begitu melimpah, apa sajakah manfaatnya?

Sejumlah santapan lokal kerap menggunakan talas sebagai bahannya, sebut saja seperti kue, kolak, puding, keripik, hingga sup. Yuk, simak pembahasan berikut tentang nutrisi dan manfaat talas untuk kesehatan!

Baca Juga: Bingung Cari Makanan Pengganti Nasi untuk Diet? Ini 7 Pilihannya!

Kandungan nutrisi talas

Adapun nutrisi yang terkandung dalam satu cangkir atau sekitar 132 gram talas yang dimasak, yaitu:

  • 187 kalori
  • Kurang dari 1 gram protein
  • 6,7 gram serat
  • Kurang dari 1 gram lemak
  • 30 persen kebutuhan harian mangan
  • 22 persen kebutuhan harian vitamin B6
  • 19 persen kebutuhan harian vitamin E
  • 18 persen kebutuhan harian kalium
  • 13 persen kebutuhan harian tembaga
  • 11 persen kebutuhan harian vitamin C
  • 10 persen kebutuhan harian fosfor
  • 10 persen kebutuhan harian magnesium

Dengan demikian, talas memiliki sejumlah nutrisi yang kaya manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti serat, kalium, magnesium dan vitamin C dan E.

Manfaat talas untuk kesehatan lainnya adalah juga dari daunnya, yang mana daun talas termasuk sayuran berdaun hijau rendah kalori, dan kaya akan kalium, folat, dan vitamin C dan A.

Beragam manfaat talas untuk kesehatan

Berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat talas untuk kesehatan:

Mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat talas untuk kesehatan yang pertama adalah menjaga jantung. Serat dan pati resisten dalam talas membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak serat cenderung memiliki tingkat penyakit jantung lebih rendah.

Daun talas juga termasuk dalam kategori sayuran berdaun gelap, dan mengonsumsi sayuran berdaun gelap secara teratur kerap dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Membantu mengontrol gula darah

Talas mengandung dua jenis karbohidrat yang bermanfaat untuk mengatur gula darah yakni serat dan pati resisten. Serat adalah karbohidrat yang tidak bisa dicerna manusia, dan karena tidak diserap, maka tidak berdampak pada kadar gula darah.

Talas juga mengandung jenis pati khusus, yang tidak dapat dicerna manusia sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah, atau mencegah lonjakan gula darah setelah makan.

Manfaat talas untuk kesehatan yakni membantu mencegah kanker

Talas memainkan peranan penting untuk aktivitas antioksidan dalam tubuh. Kadar vitamin A, vitamin C, dan berbagai antioksidan fenolik yang ditemukan dalam talas, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ini membantu menghilangkan radikal bebas yang berbahaya dari sistem tubuh, yang bisa membuat sel sehat bermutasi menjadi sel kanker. Cryptoxanthin, yang ditemukan dalam talas juga dikaitkan dengan penurunan peluang untuk kanker paru-paru dan oral.

Membantu menurunkan berat badan

Manfaat talas untuk kesehatan yang mungkin tidak pernah disadari adalah bisa menurunkan berat badan. Talas adalah sumber serat yang baik, dan dipercaya orang yang makan lebih banyak serat cenderung memiliki berat badan lebih rendah dan lebih sedikit lemak tubuh.

Ini dikarenakan serat memperlambat pengosongan perut, yang membuat perut terasa kenyang lebih lama dan mengurangi jumlah kalori yang dimakan sepanjang hari, yang mana seiring waktu, ini dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Baik untuk kesehatan usus dan pencernaan

Talas memainkan peran penting dalam pencernaan, karena mengandung serat tinggi, yang mana serat sangat penting untuk mendukung kesehatan pencernaan kita.

Serat membantu pergerakan usus, dan membantu makanan bergerak melalui saluran pencernaan. Selain itu, membantu juga untuk pencegahan kondisi tertentu seperti kelebihan gas, kram, kembung, bahkan diare.

Manfaat talas untuk kesehatan seperti menjaga kesehatan mata

Talas juga sarat dengan beberapa antioksidan, seperti beta-karoten dan cryptoxanthin. Antioksidan ini dapat membantu kesehatan penglihatan, dengan mencegah radikal bebas menyerang sel mata dan menyebabkan degenerasi makula atau katarak.

Daun talas juga memiliki vitamin A yang penting untuk fungsi tubuh, termasuk mata, dengan meningkatkan kesehatan mata, menjaga ketajaman penglihatan dan mencegah berbagai gangguan mata.

Menjaga kesehatan janin

Folat adalah vitamin penting untuk wanita pada saat kehamilan, dan daun talas mengandung vitamin ini. Folat diperlukan untuk perkembangan janin yang sehat, dan mencegah ketidaksempurnaan kelahiran seperti cacat tabung saraf.

Mengurangi gejala rheumatoid arthritis

Talas juga bermanfaat untuk mengatasi Rheumatoid Arthritis (RA). Umumnya orang dengan RA memerlukan vitamin B6 yang relatif lebih banyak daripada orang sehat, sebab mereka mengalami nyeri otot konstan dan nyeri sendi akibat peradangan kronis.

Manfaat vitamin B6 ini bisa mengurangi rasa sakit dan dapat berguna dalam bentuk suplemen, untuk mengendalikan rasa sakit pada otot dan sendi karena radang sendi.

Membantu kesehatan gigi

Manfaat talas untuk kesehatan yang lainnya yakni membantu menjaga kesehatan gigi. Talas terdiri dari fosfor yang penting untuk kesehatan tulang serta menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Kalsium, vitamin D, dan fosfor memainkan peran penting dalam pembentukan dan pemeliharaan kesehatan gigi, dengan mendukung enamel gigi, kepadatan mineral tulang rahang, menahan gigi pada tempatnya, dan membantu menyembuhkan kerusakan gigi.

Manfaat talas untuk kesehatan termasuk menjaga kesehatan kulit

Talas juga bermanfaat untuk menjaga kulit tetap terhidrasi serta terlindungi, karena mengandung cukup vitamin A dan vitamin E. Masing-masing vitamin ini membantu menghilangkan masalah kulit dan meningkatkan kesehatan sel secara keseluruhan.

Konsumsi talas secara teratur bisa juga membantu menyembuhkan luka, meminimalisir kerut, untuk bisa mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

Baca juga: Tak Cuma Enak, Ini Ragam Manfaat Singkong bagi Kesehatan

Cara menikmati dan mengonsumsi talas

Baik akar atau umbi dan daun talas dapat dikonsumsi, dalam bentuk hidangan manis dan gurih. Namun sangat penting untuk digarisbawahi, seluruh bagian talas hanya boleh dimakan setelah dimasak, sebab bisa mengandung racun apabila dikonsumsi mentah.

Beberapa cara untuk menikmati dan mengonsumsi talas agar kamu bisa menuai manfaat talas untuk kesehatan, di antaranya bisa sebagai sup, dengan memotong talas menjadi potongan dalam masakan kaldu, atau sebagai alternatif kentang dalam sup.

Sebagai makanan pokok tradisional, yakni diuapkan dan ditumbuk, atau juga sebagai keripik, kue, roti, puding, kolak, bagian dari teh atau minuman boba. Dan daun talas juga bergizi dan cocok dengan menu diet kamu.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  • Health Benefit Times, Taro facts and health benefits https://www.healthbenefitstimes.com/taro, diakses 22 Juli 2020
  • Health Benefit Times, Taro Leaves health benefits and nutrition facts https://www.healthbenefitstimes.com/taro-leaves, diakses 22 Juli 2020
  • Healthline, Taro Leaves: Nutrition, Benefits, and Uses https://www.healthline.com/nutrition/taro-leaves, diakses 22 Juli 2020
  • Healthline, 7 Surprising Benefits of Taro Root https://www.healthline.com/nutrition/taro-root-benefits, diakses 22 Juli 2020
    register-docotr