Diet dan Nutrisi

Sederet Herbal Penurun Berat Badan yang Terbukti Secara Ilmiah

July 27, 2020 | Anisya Fitrianti
no-image

Ingin mencapai berat badan ideal dengan lebih cepat? Di samping berolahraga, kamu juga bisa mengimbanginya dengan konsumsi herbal penurun berat badan lho.

Ada banyak pilihan herbal penurun berat badan yang sudah terbukti secara ilmiah efektif. Penasaran apa saja? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Sebelum Mengonsumsi Teh Pelangsing untuk Dietmu, Ketahui Efek Sampingnya Lebih Dulu Yuk!

6 herbal penurun berat badan yang sudah terbukti efektif

1. Jahe 

Herbal penurun berat badan yang paling populer adalah jahe. Tahukah kamu sejumlah penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat membantu menurunkan berat badan?

Suplemen jahe diketahui secara signifikan mampu menurunkan berat badan dan lemak perut dengan meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak. 

Di samping itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan pada manusia, hewan serta laboratorium jahe juga menunjukkan efektifitasnya dalam mengurangi penyerapan lemak serta nafsu makan.

2. Gingseng

Ginseng adalah salah satu tanaman herbal yang telah lama dipercaya untuk meningkatkan kesehatan. 

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ginseng Korea dua kali sehari selama delapan minggu menghasilkan penurunan berat badan yang signifikan lho. 

Sementara itu penelitian yang dilakukan pada hewan menujukkan bahwa ginseng mampu memerangi obesitas dengan mengubah pembentukan lemak dan menunda penyerapan lemak usus. 

Baca juga:Sebelum Mengonsumsi Teh Pelangsing untuk Dietmu, Ketahui Efek Sampingnya Lebih Dulu Yuk!

3. Herbal penurut berat badan yakni kunyit 

Kunyit merupakan herbal penurun berat badan yang juga terbukti efektif. Ini karena kandungan senyawa aktif bernama curcumin yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari meredakan peradangan hingga penurunan berat badan.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 44 orang dengan kondisi kelebihan berat badan menunjukkan bahwa mengonsumsi kunyit efektif untuk mengurangi lemak perut dan meningkatkan penurunan berat badan hingga 5 persen. Dengan dosis dua kali sehari dalam sebulan.

Kunyit juga ditemukan mengurangi berat badan dan lemak tubuh dengan cara menghalangi sintesis lemak. Namun penelitian mengenai hal ini baru dilakukan pada hewan. Untuk itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai kaitan kunyit sebagai herbal penurun berat badan. 

4. Ekstrak biji kopi hijau

Ekstrak biji kopi hijau merupakan bahan yang seringkali ditemukan dalam banyak suplemen penurun berat badan. Biji kopi hijau yang belum dipanggang memiliki kandungan asam klorogenat tinggi yang dapat memiliki efek penurunan berat badan. 

Penelitian mengenai hal ini pun telah dilakukan. Peneliti menemukan bahwa mengonsumsi kopi hijau mengurangi indeks massa tubuh (BMI) dan lemak perut. Bahkan tanpa perubahan dalam asupan kalori. 

Ulasan lain dari tiga penelitian menyimpulkan bahwa ekstrak biji kopi hijau dapat menurunkan berat badan rata-rata sebesar 2,5 kg. 

5. Kayu Manis

Herbal penurun berat badan selanjutnya adalah kayu manis yang merupakan rempah dari kulit pohon. Kayu manis juga kaya akan antioksidan yang mampu memberikan sejumlah manfaat pada kesehatan. 

Kandungan aktif dalam kayu manis ditemukan efektif dalam menstabilkan gula darah, mengurangi nafsu makan dan rasa lapar. Tidak hanya itu, kayu manis juga bisa menurunkan kadar enzim pencernaan untuk memperlambat pemecahan karbohidrat

6. Fenugreek termasuk herbal penurun berat badan

Fenugreek merupakan tanaman herbal yang juga dapat digunakan sebagai bumbu. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa fenugreek dapat membantu mengendalikan nafsu makan dan mengurangi asupan makanan sehingga efektif mengurangi berat badan. 

Pada sebuah penelitian, konsumsi fenugreek setiap hari menunjukkan bahwa tanaman ini mampu mempertahankan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar.

Di samping itu, konsumsi ekstrak biji fenugreek juga ditemukan mengurangi asupan lemak harian hingga sebesar 17 persen. 

Baca Juga: Jenis-jenis Teh Herbal dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Cara menggunakan herbal penurun berat badan dengan aman

Ketika digunakan sebagai bumbu makanan, tanaman herbal dan rempah-rempah dapat memberikan manfaat kesehatan dengan risiko efek samping yang lebih sedikit. 

Bila kamu menggunakan herbal dalam bentuk suplemen, selalu gunakan dosis sesuai yang tertera pada produk ya. 

Selain itu, bila kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memutuskan tanaman herbal apa yang akan kamu gunakan. 

Mengonsumsi herbal penurun berat badan mungkin menimbulkan efek samping bagi beberapa orang. Segera hentikan konsumsi ketika kamu mengalami efek samping seperti gejala alergi. 

Meski banyak herbal yang sudah terbukti lewat penelitian, kamu tetap perlu melakukan olahraga serta diet sehat untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Tanaman herbal tidak akan sepenuhnya membantu menurunkan berat badan secara drastis. 

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
    Berita Terkait
    register-docotr