Tak Cuma Enak, Ini Ragam Manfaat Singkong bagi Kesehatan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Siapa sangka, selain murah, nikmat, dan mudah ditemukan, manfaat singkong untuk kesehatan juga banyak, lho.

Singkong merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Biasanya singkong diolah menjadi berbagai hidangan.

Selain mengandung karbohidrat tinggi, apalagi manfaat singkong untuk kesehatan tubuh kita? Langsung saja simak ulasan berikut ini, yuk!

Mengenal tentang tanaman singkong

manfaat-singkong-untuk-kesehatan
Singkong. Sumber Foto : https://www.journalducameroun.com/

Singkong merupakan sayuran umbi-umbian yang berasal dari Amerika Selatan. Akar dari tanaman singkong ini merupakan bahan makanan yang tinggi karbohidrat dan kalori.

Singkong menjadi salah satu bahan makanan pokok di berbagai negara di dunia. Tanaman ini tumbuh di lebih dari 80 negara tropis.

Umbi ini pun menjadi makanan pokok bagi lebih dari 800 juta orang di seluruh dunia. Singkong sangat mudah dibudidayakan karena tidak butuh banyak perawatan dan bisa tumbuh di lahan kering sekalipun.

Kandungan nutrisi pada singkong

manfaat-singkong-untuk-kesehatan
Singkong. Sumber Foto : https://www.healthline.com/

Selain sumber karbohidrat yang tinggi, singkong juga mengandung nutrisi lain seperti serat, vitamin, dan mineral.

Dilansir Healthline, berikut nutrisi yang terkandung dari 100 gram sajian singkong rebus:

  • Kalori : 112
  • Karbohidrat : 27 gram
  • Serat : 1 gram
  • Thiamine : 20% RDI
  • Fosfor : 5 % RDI
  • Kalsium : 2% RDI
  • Riboflavin : 2% RDI

Hampir 98 persen dari nutrisi yang ada merupakan karbohidrat. Selain itu, singkong rebus juga mengandung sedikit zat besi, vitamin C, dan niasin.

Manfaat singkong untuk kesehatan

Dari beberapa kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, singkong ternyata bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Berikut beberapa manfaat singkong bagi kesehatan yang harus kamu tahu:

1. Sumber karbohidrat yang tinggi

Seperti yang kita tahu, singkong mengandung kalori dan karbohidrat tinggi. Maka dari itu, singkong bisa jadi pilihan bahan makanan pokok pengganti nasi.

Kalori yang terkandung pada singkong lebih tinggi ketimbang umbi-umbian yang lain. Ubi hanya mengandung 76 kalori, sedangkan buah bit hanya mengandung 44 kalori.

Namun jika kamu memilih singkong sebagai sumber karbohidrat utama, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan protein, ya. Karena jika tidak, kalori yang tinggi ini bisa memicu kenaikan berat badan.

2. Membantu diet turunkan berat badan

Kalori tinggi yang terkandung pada singkong ternyata bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama. Karenanya nafsu untuk ngemil dan makan berlebih bisa berkurang.

Jadi, jika kamu ingin memulai diet bisa mulai dengan mengganti nasi ke singkong. Kamu bisa makan singkong dengan berbagai modifikasi, mulai dari rebusan hingga diolah menjadi kue.

3. Membantu penyembuhan diare

Dilansir Web MD, air rebusan singkong yang diberi tambahan garam ternyata bisa membantu atasi dehidrasi yang dialami penderita diare.

Namun ini hanya bisa bekerja jika dehidrasi masih pada level ringan hingga menengah. Jika dehidrasi sudah pada tingkat akut, perlu penanganan lebih lanjut dari pihak medis.

Cara pengolahannya mudah, cukup kupas dan bersihkan singkong hingga bersih dan rebus hingga mendidih. Minum air rebusannya saat sudah dingin 2 kali sehari.

3. Gluten-free dan cegah diabetes

Singkong cegah diabetes. Sumber Foto : https://abcnews.go.com/

Jika kamu alergi terhadap gluten, singkong adalah pilihan yang tepat. Sebab singkong merupakan salah satu bahan makanan yang gluten-free.

Selain itu, orang yang mengonsumsi tepung singkong juga memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit diabetes.

4. Menyehatkan sistem pencernaan

Singkong mengandung sari pati resisten yang sangat mudah dicerna oleh tubuh. Dilansir Medical News Today, pati resisten ini bisa meningkatkan kesehatan usus.

Dengan cara memelihara bakteri baik yang ada di usus. Selain itu, serat pada singkong juga tidak mudah larut dalam air.

Sehingga bisa membantu penyerapan racun yang masuk ke saluran pencernaan. Dengan begitu kesehatan sistem pencernaan bisa terjaga.

5. Manfaat singkong dari bagian daunnya

manfaat-singkong-untuk-kesehatan
Manfaat daun singkong. Sumber Foto : https://www.dreamstime.com/

Selain beberapa manfaat di atas, daun singkong juga berpotensi menyembuhkan atau meredakan beberapa masalah kesehatan lainnya. Berikut di antaranya:

  • Migrain: vitamin B2 dan ribovlafin pada daun singkong bisa membantu kurangi sakit kepala dan migrain
  • Menyehatkan mata: vitamin A yang yang terkandung mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan mata
  • Demam: air rebusan daun dan akar singkong mampu membantu meredakan demam
  • Rematik: daun singkong kaya akan magnesium. Magnesium bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, jadi potensi terserang rematik bisa berkurang

Cara mengolah yang tepat agar dapatkan manfaat singkong

Jika tak diolah dengan benar, singkong justru bisa menjadi racun bagi tubuh, lho. Singkong mentah mengandung zat yang bisa picu produksi sianida dalam tubuh.

Sianida bersifat racun dan bisa membahayakan kesehatan. Maka dari itu kita disarankan untuk mengolah singkong dengan cara yang benar.

Salah satu cara paling mudah mengonsumsi singkong adalah dengan merebusnya. Berikut tahapan pengolahan singkong yang tepat:

  • Pertama, kupas singkong dari kulit bagian terluar yang tipis dan kecokelatan dan kulit bagian dalam yang berwarna putih. Pada bagian kulit inilah zat pemicu produksi sianida berada
  • Setelah itu rendam singkong di dalam air selama 48-60 jam sebelum diolah. Tujuannya agar zat berbahaya bisa berkurang jumlahnya
  • Setelah direndam, kamu bisa mengolah singkong tersebut. Bisa dengan direbus, digoreng, atau mengolahnya jadi tepung untuk bahan kue
  • Jangan lupa untuk imbangi tiap porsi sajian singkong dengan protein untuk cegah terjadinya malnutrisi

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar manfaat singkong? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Caranya, buka aplikasi Grab kemudian pilih fitur Kesehatan, atau langsung klik di sini.

Healthline. Diakses pada 29 April 2020. Cassava: Benefits and Dangers

Medical News Today. Diakses pada 29 April 2020. What to know about cassava: Nutrition and toxicity

Webmd. Diakses pada 29 April 2020. CASSAVA.

Nutrition and You. Diakses pada 29 April 2020. Cassava nutrition facts

Bandingin. Diakses pada 29 April 2020. 10 Health Benefits You Can Gain From Cassava

Stylecraze. Diakses pada 29 April 2020. 26 Amazing Benefits Of Cassava For Skin, Hair, And Health

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin