Diet dan Nutrisi

Manfaat Nata De Coco: Baik untuk Diet dan Memperlancar BAB

November 14, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Manfaat nata de coco untuk kesehatan bisa didapatkan karena kandungan nutrisi di dalamnya. Nata de coco sendiri biasa disajikan sebagai suguhan pelengkap minuman berbahan dasar air kelapa yang diolah dengan menggunakan bakteri Acetobacter Xylinum.

Karena proses fermentasi ini, manfaat nata de coco bisa diperoleh karena mengandung cukup tinggi serat. Nah, untuk mengetahui manfaat nata de coco lainnya yuk simak penjelasannya lebih lanjut.

Baca juga: Kenapa Konsumsi Makanan Pedas Tidak Diperbolehkan Saat Perut dalam Keadaan Kosong?

Manfaat nata de coco

Perlu diketahui, meski terbuat dari air kelapa nata de coco juga bisa dibuat dengan menggunakan bahan lain seperti santan, tebu, dan buah-buahan. Dilansir dari Researchgate.net, nata de coco tinggi selulosa, rendah lemak, kalori, dan tidak mengandung kolesterol. 

Nata de coco berasal dari bahasa Spanyol yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa latin yakni Natare atau mengambang.

Berbagai kalangan sangat menyukai makanan satu ini karena memiliki rasa manis dan tekstur yang unik. Beberapa manfaat nata de coco yang mungkin didapatkan, yakni:

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin B, seperti vitamin B1, B2, serta vitamin C tentunya sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Jumlah air yang cukup banyak pada nata de coco juga bisa memenuhi kebutuhan air.

Biasanya, anak aktif bermain dan membutuhkan air yang cukup. Memberikan nata de coco pada anak diketahui mampu menjaga imunitas anak sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit berbahaya.

Aman dikonsumsi penderita diabetes

Selama nata de coco dikonsumsi dengan jumlah dan cara yang benar atau tidak berlebihan, makanan ini relatif aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes sekalipun. Hal tersebut mengacu pada kandungan kolesterol yang tidak terlalu banyak.

Kandungan kolesterol yang sedikit pada nata de coco tidak akan mengganggu peredaran darah serta konsentrasi gula dalam darah tetap terjaga dengan baik. Makanan lain yang bisa dikonsumsi penderita diabetes, antara lain tauge, buah naga, dan susu kedelai.

Tidak mengganggu proses diet

Jika mengacu pada jumlah kalori yang terkandung dalam nata de coco, maka tentunya tidak akan berpengaruh bagi pelaku diet.

Nata de coco memiliki kemampuan untuk mengikat air dan menyerap karbohidrat dengan baik. Karena itu, makanan ini bisa kamu masukkan ke dalam menu diet harian. 

Meskipun aman, seseorang yang sedang melakukan diet harus membatasi konsumsinya. Beberapa makanan yang bisa membantu dalam proses diet, yakni apel, nasi merah dan kacang merah. 

Memperlancar pencernaan dalam tubuh

Manfaat nata de coco lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah membantu memperlancar pencernaan dalam tubuh. Jika sedang mengalami sembelit, maka nata de coco mempermudah proses buah air besar.

Hal ini dikarenakan kandungan serat di dalamnya yang cukup tinggi. Konsumsilah nata de coco secara rutin tetapi tidak berlebihan untuk mencegah efek samping kesehatan yang mungkin terjadi. 

Adakah dampak negatif dari mengonsumsi nata de coco?

Meskipun manfaat nata de coco sangat beragam, ternyata bisa juga memberikan dampak negatif bagi tubuh. Efek samping ini biasanya terjadi karena pola konsumsi yang salah atau berlebihan. Dampak buruk dari konsumsi nata de coco yang mungkin akan terjadi, antara lain:

Menyebabkan obesitas

Khasiat nata de coco, terutama untuk seseorang yang sedang diet akan didapatkan jika dikonsumsi dengan jumlah yang tepat. Namun, apabila dikonsumsi berlebihan dan tidak disertai pola makan yang sehat maka bisa menyebabkan obesitas atau kegemukan.

Obesitas terjadi akibat penambahan gula atau pemanis lainnya saat menyajikan nata de coco. Hal ini kemudian dapat menambah lemak dalam tubuh dan memicu masalah kelebihan berat badan. Untuk itu, pastikan untuk mengonsumsinya dalam batas wajar dan tidak terlalu sering.

Memicu diabetes

Tak hanya obesitas, nata de coco yang dikonsumsi secara berlebihan juga bisa meningkatkan risiko diabetes. Diabetes terjadi akibat penggunaan sirup atau pemanis tambahan saat membuat minuman dengan nata de coco.

Sirup dan pemanis buatan yang terlalu banyak dan dikonsumsi dalam jangka waktu panjang bisa mengakibatkan kadar gula darah meningkat. Sebelum mengonsumsi nata de coco, pastikan untuk mengecek kadar gula darah dalam tubuh untuk penderita diabetes.

Baca juga: Manfaat Salmon Bagi Kesehatan, Bantu Turunkan Tekanan Darah hingga Tingkatkan Daya Ingat!

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Coconutvietnam.com, diakses 4 November 2020. Benefits of Nata De Coco for Health
  2. Researchgate.net (2006), diakses 4 November 2020. Effects of health food from cereal and nata de coco on serum lipids in human
  3. Safimex.com, diakses 4 November 2020. 4 Benefits Of Nata De Coco For Health
    register-docotr