Kesehatan Mental

5 Manfaat Berpikir Positif untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui!

November 14, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Berpikir positif adalah cara untuk tetap optimis dalam menghadapi berbagai situasi. Jika kamu kerap melakukannya dalam kehidupan sehari-hari, kamu akan merasakan manfaat berpikir positif bagi kesehatan.

Karena pola pikir positif ternyata dapat memengaruhi kesehatan fisik dan juga mental seseorang. Jika selama ini kamu belum melakukan pola pikir positif, maka kamu telah menyia-nyiakan sederet manfaat seperti berikut ini:

Baca Juga: Sering Dianggap Sama, Ini Lho Perbedaan Stres dan Depresi

5 manfaat berpikir positif yang perlu kamu ketahui

Yuk mulai mempraktikkan pola pikir positif, karena manfaatnya bisa kamu rasakan sendiri untuk kesehatan fisik dan mental, seperti di bawah ini:

1. Dapat menunjang kesehatan jantung

Dilansir dari Hopkinsmedicine, orang yang memiliki keluarga dengan riwayat penyakit jantung, berisiko terkena penyakit yang sama. Tapi jika orang tersebut memiliki pola pikir yang positif, kemungkinan yang lebih rendah.

Pola pikir positif menurunkan kemungkinan serangan jantung atau masalah kardiovaskular lainnya, dibanding dengan orang yang memiliki pola pikir negatif, dalam kurun waktu 5 hingga 25 tahun kedepan.

2. Kemampuan mengatasi tekanan dan stres

Manfaat berpikir positif selanjutnya berkaitan dengan kondisi stres. Pada orang yang memiliki pola pikir positif, saat menghadapi tekanan dan stres, biasanya akan mengelola perasaan tersebut dengan baik.

Mereka tidak larut dalam tekanan dan fokus untuk mengerjakan atau menyelesaikan masalah yang ada. Daripada terus frustrasi dan terjebak pada kondisi sulit, orang dengan pikiran positif akan menyusun rencana, bertindak serta meminta bantuan dari orang lain.

Manfaat berpikir positif ini tentu saja penting bagi kesehatan tubuh. Karena stres yang terus menerus dan tidak diatasi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya berubah menjadi depresi.

3. Kemungkinan memperpanjang usia

Pikiran dapat memengaruhi kesempatan hidup seseorang, loh. Seperti dilansir dari Webmd, sebuah penelitian mengungkap bahwa wanita yang lebih optimis cenderung tidak meninggal karena kanker, penyakit jantung, stroke, penyakit pernapasan dan infeksi.

Selain itu, pada orang yang berusia di atas 50 tahun, memiliki pikiran positif tentang penuaan, bisa hidup lebih lama.

4. Manfaat berpikir positif menguatkan kekebalan tubuh

Di poin sebelumnya, disebutkan jika manfaat berpikir positif dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Ternyata manfaat ini berkelanjutan, karena tubuh yang sehat juga akan memberikan dampak pada kekebalan tubuh yang lebih baik.

Sebuah penelitian pada sejumlah mahasiswa membuktikan anggapan tersebut. Di mana sejumlah mahasiswa diberi suntikan yang bisa memberikan respons imun. Setelah dua hari, mahasiswa yang memiliki pikiran positif dan optimis lebih kebal terhadap suntikan tersebut.

Penelitian lainnya, seperti dilansir dari Webmd juga mengungkapkan bahwa orang dengan pikiran positif lebih kuat melawan flu, dibandingkan mereka yang memiliki pikiran negatif.

5. Memberi manfaat untuk kesehatan mental

Seperti manfaat berpikir positif yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa orang yang optimis cenderung dapat mengatasi stres, sehingga menurunkan risiko depresi. Tapi tidak hanya itu, berpikir positif juga memberi manfaat lainnya untuk kesehatan mental, seperti:

  • Dapat menjaga suasana hati menjadi lebih baik
  • Memiliki kreativitas lebih
  • Memiliki keterampilan memecahkan masalah
  • Serta memiliki pemikiran yang lebih jernih.

Selain kelima poin yang sudah disebutkan, manfaat berpikir positif lainnya, yaitu akan membuat orang cenderung menjalani hidup sehat. Orang dengan pikiran positif biasanya akan memiliki pandangan masa depan yang penuh harapan.

Dengan harapan tersebut, mereka memiliki alasan menjaga kesehatan agar bisa merasakan saat harapan tersebut menjadi kenyataan. Tapi bagaimana bisa merasakan manfaat berpikir positif jika terus-menerus berada dalam kondisi menyulitkan?

Jawabannya, mungkin kamu adalah orang yang secara alami lebih memiliki pola pikir pesimis. Namun tidak masalah, karena kamu bisa mempelajari bagaimana cara untuk bisa menjadi orang yang memiliki pola pandang positif.

Baca Juga: Jangan Dianggap Enteng! Ini Bahaya PTSD yang Bisa Sebabkan Bunuh Diri

Tips untuk bisa berpikir positif untuk si pesimis

Jika kamu adalah orang yang sulit untuk berpikir positif, kamu perlu melakukan beberapa latihan, untuk membiasakan diri menjadi lebih optimis.

Dilansir dari Mayoclinic, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

  • Mengidentifikasi dan mengubahnya: ketika ada hal buruk terjadi, kamu sering menyalahkan diri sendiri? Coba identifikasi kembali, apakah itu hal yang benar-benar terjadi atau hanya pikiranmu? Tanyakan pada orang sekitar atau terkait, dan cari penyelesaiannya.
  • Melakukan evaluasi: cobalah untuk mengevaluasi pikiranmu secara berkala. Jika ternyata kamu lebih banyak memandang sesuatu dari sisi negatif, coba kondisikan apa yang terjadi jika kamu memiliki sudut pandang yang lebih positif. Mungkin ini akan membantumu.
  • Bersikap terbuka: Izinkan diri untuk lebih banyak terbuka dengan candaan sekitar, mencoba tersenyum dan tertawa terutama saat-saat sulit. Ketika kamu bisa lebih rileks dan menertawakan banyak hal, tingkat stres juga akan ikut berkurang.
  • Mencari lingkungan pertemanan sehat: Memiliki teman dan orang terdekat yang suportif dan positif akan bermanfaat untukmu. Di saat kamu meragukan diri sendiri atau pesimis dengan sekitar, orang-orang tersebut akan membantumu untuk melihat hal dengan lebih positif.
  • Gaya hidup sehat: Tidak ada salahnya mencoba untuk berolahraga dengan rutin. Olahraga dapat memengaruhi suasana hari dan mengurangi stres. Membantumu lebih optimis dan positif.
  • Self-talk: Self-talk atau bicara pada diri sendiri dengan cara yang positif. Jangan katakan hal buruk kepada diri sendiri, seperti kamu tidak menginginkan orang lain berkata buruk padamu. Ini akan melatih kamu untuk lebih positif dalam berpikir dan memilih kata.

Demikian beberapa manfaat dari pola pikir yang positif. Apakah kamu siap mencoba berpikir lebih positif dan merasakan manfaatnya?

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar pola pikir positif dan manfaatnya bagi kesehatan? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Mayoclinic, diakses 4 November 2020
Positive thinking: Stop negative self-talk to reduce stress
Webmd, diakses 4 November 2020
What Is Positive Thinking?
Hopkinsmedicine, diakses 4 November 2020
The Power of Positive Thinking
Verywellmind, diakses 4 November 2020
Benefits of Positive Thinking for Body and Mind

    register-docotr