Diet dan Nutrisi

Manfaat Muesli bagi Kesehatan: Cocok untuk Diet Sehat & Jaga Jantung Sehat

January 30, 2021 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Sarapan adalah kebiasaan di pagi hari yang baik bagi kesehatan. Menambahkan muesli sebagai menu sarapan juga menjadi pilihan yang sangat tepat. Selain rasanya yang lezat, berikut ini deretan manfaat muesli yang baik bagi kesehatan. 

Apa itu muesli?

Muesli adalah pilihan sarapan kaya serat dan protein yang dibuat dari gandum mentah, digulung, dan bisa untuk bahan sarapan beragam lainnya.

Muesli sering disamakan dengan granola, tetapi sebenarnya muesli adalah bahan yang lebih alami dengan sedikit gula, menjadikannya pilihan yang lebih sehat dari keduanya.

Manfaat muesli bagi kesehatan tubuh

Berikut manfaat muesli bagi kesehatan seperti dilansir dari Healthline:

Kaya serat dan biji-bijian 

Kandungan serta dan biji-bijian pada muesli ini baik untuk sistem pencernaan. Serat dan biji-bijian dapat mengatur saluran pencernaan menjadi lebih sehat. 

Tak hanya itu saja, serat dan biji-bijian tidak hanya membantu menjaga saluran pencernaan tetap teratur, tetapi juga mengenyangkan. 

Selain itu, oat mentah mengandung banyak pati resisten, membuat muesli menjadi sarapan yang sangat mengenyangkan dan membutuhkan waktu lama untuk dicerna. 

Saat pati resisten dipecah di perut, asam pencernaan yang menekan nafsu makan dilepaskan dan metabolisme meningkat, sehingga akan membakar lebih banyak kalori dalam waktu yang lebih singkat.

Menjaga kesehatan jantung 

Muesli mengandung oat bran, yang mengandung serat oat yang disebut beta-glukan. Beta-glukan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol hingga 10 persen. Dengan makan muesli secara teratur, kamu akan meningkatkan kesehatan jantung secara signifikan.

Menambahkan vitamin C juga dapat membantu menurunkan kolesterol, meningkatkan kesehatan jantung. 

Menurunkan berat badan

Melansir penjelasan dari laman Lybrate, muesli memiliki kombinasi yang tepat antara protein, serat, dan karbohidrat yang sempurna.

Kamu bisa mencoba dengan semangkuk muesli dengan susu skim atau yogurt dan tambahkan irisan buah segar untuk menikmati sarapan yang lezat tanpa harus khawatir berat badan akan bertambah. 

Muesli mengandung lebih sedikit kalori karena rendah gula. Rasa manis pada muesli muncul dari buah segar yang sehat dan bergizi.

Jadi, berat badanmu tidak akan bertambah, tetapi menurunkan berat badan dengan mengonsumsi muesli. Selain itu, nilai gizi muesli sangat tepat untuk membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

Mengontrol diabetes

Sarapan adalah makanan penting dalam sehari-hari, terutama bila kamu adalah pasien diabetes. Sarapan yang sehat mengontrol berat badan dan mengatur kadar gula darah. 

Muesli untuk pasien diabetes adalah alternatif sarapan rendah gula yang sempurna. Muesli tanpa pemanis yang dikonsumsi dengan susu almond membantu mengontrol diabetes dan menjaga kadar gula pokok.

Meningkatkan produksi ASI

Muesli yang kaya akan biji-bijian, gandum, dan serpihan gandum. Karena menjadi sumber zat besi, muesli juga baik dikonsumsi ibu menyusui. Oat yang ada dalam muesli juga meningkatkan produksi ASI.

Menjaga kondisi kehamilan

Pola makan yang baik sangat penting untuk kehamilan yang sehat, karena memiliki jumlah nutrisi dan vitamin yang tepat. Selain makanan utama, menjadikan muesli sebagai makanan selingan atau snack adalah pilihan yang bagus karena junk food dilarang selama kehamilan. 

Muesli, adalah sumber serat, vitamin, dan protein yang sangat baik dan tentunya merupakan camilan yang lebih sehat.

Mengurangi kolesterol

Makan muesli mengurangi kolesterol dan penyakit jantung karena tingginya kandungan serat larut (beta-glukan).

Studi dalam laman Calorie Care mengungkapkan bahwa serat makanan menurunkan kolesterol LDL hingga 10%. Muesli dalam kombinasi dengan jus lemon bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Baca juga: Daftar Makanan Tinggi Serat untuk Jaga Kesehatan Tubuh

Mengatasi sembelit

Serpihan gandum dan oat yang ada dalam muesli kaya akan serat. Kandungan serat ini membantu meningkatkan pergerakan usus dan membantu melawan sembelit.

Muesli adalah camilan ringan yang mudah dicerna dan mengatur saluran pencernaan untuk membantu pencernaan yang lebih baik.

Meningkatkan sistem imun tubuh

Melansir penjelasan dari Calorie Care, antioksidan dalam muesli meningkatkan kekebalan dan melindungi dari infeksi umum seperti pilek dan batuk. Muesli membuat tubuh lebih kuat dan sehat.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2019) diakses pada 20 Januari 2021. The 9 Benefits of Muesli That Make It a Great Breakfast Option
  2. Lybrate.com (2020) diakses pada 20 Januari 2021. Muesli Benefits And It’s Side Effects
  3. Caloriecare.com (2016) diakses pada 20 Januari 2021. 11 Reasons You Should Eat Muesli 
    register-docotr