Kulit & Perawatan Tubuh

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Jus Kentang untuk Kulit dan Kesehatan Lainnya!

January 29, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Jus kentang memang belum terlalu populer dibanding jenis jus sehat lainnya. Meskipun demikian, ada beberapa manfaat jus kentang bagi kulit dan kesehatan tubuh lainnya yang perlu kamu ketahui.

Jus kentang memang tidak terlalu sedap untuk disantap. Namun, situs kesehatan Healthline menyebut jus yang satu ini kaya akan vitamin, phytochemical dan nutrisi. 

Apa saja manfaat jus kentang?

Dengan sedikit siasat, jus yang tidak terlalu sedap ini bisa kamu campur dengan jenis cairan lainnya sehingga bisa jadi alternatif minuman sehat. Adapun manfaat yang bisa kamu dapatkan diantaranya ialah:

Menyehatkan kulit

Kentang mengandung lebih dari 100 persen angka kecukupan gizi (AKG) untuk vitamin C. Nah, vitamin C ini penting supaya tubuh bisa menyerap zat besi dan membentuk kolagen di dalam pembuluh darah, otot, tulang rawan dan tulang.

Antioksidan yang ditawarkan vitamin C ini juga dapat meningkatkan kesehatan kulit dengan mengurangi benjolan dan iritasi di kulit serta membuat kulit lebih cerah.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Life Sciences menemukan kemungkinan efek antiinflamasi yang ditawarkan oleh ekstrak kentang terhadap tikus yang dijadikan subjek penelitian.

Dalam penelitian tersebut, ekstrak kentang dioleskan langsung ke kulit tikus. Sayangnya, tidak ada penelitian lebih lanjut mengenai efek dan metode ini terhadap manusia.

Mengandung vitamin B 

Satu sajian kentang mengandung sekitar 40 persen asupan harian thiamine (vitamin B-1) serta niacin (vitamin B-3) yang kamu butuhkan. Selain itu, ada juga kandungan riboflavin (vitamin B-2) dan vitamin B-6.

Vitamin B sendiri merupakan komponen penting untuk membantu tubuh mengubah karbohidrat menjadi glukosa yang berujung pada pembentukan energi. 

Vitamin B juga dapat membantu otak dan fungsi sistem saraf mendorong kesehatan rambut dan kulit serta menjaga kesehatan lever.

Mengandung potasium

Kentang sangat tinggi akan potasium. Bahkan kandungannya bisa 3 kali lebih banyak daripada yang terdapat dalam jeruk berukuran sedang. Jumlahnya mencapai 1,467 mg per sajian kentang, atau sekitar 31 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

Potasium sendiri merupakan elektrolit yang membantu kamu mengatur cairan tubuh dan menopang fungsi otot. Selain itu, elektrolit juga membantu ginjal dalam menyaring suplai darah.

Mengandung zat besi

Zat besi merupakan kunci dalam melawan rasa letih. Nutrisi ini pun membuat sel darah merah tetap sehat dan membantu mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Satu sajian kentang dapat menyuplai sekitar 14 persen kebutuhan harian zat besi kamu.

Mengandung kalsium

Darah tidak akan mudah membeku tanpa kalsium. Nutrisi yang satu ini pun membuat tulang dan gigi kuat. Nah, kamu bisa mendapatkan sekitar 5 persen asupan harian kalsium yang direkomendasikan dari 1 sajian jus kentang, lho!

Mengandung zinc

Zinc dapat membantu penyembuhan luka lebih cepat. Dengan demikian, nutrisi ini penting bagi kesehatan sistem imun.

Dalam satu sajian jus kentang, terdapat sekitar 1 mg zinc. Itu berarti kamu bisa memenuhi sekitar 9 persen asupan harian zinc untuk pria yang direkomendasikan dari kentang. Sementara untuk wanita, satu sajian jus kentang ini memenuhi 11 persen kebutuhan asupan zinc harian.

Mengandung vitamin K

Vitamin K merupakan vitamin yang larut dalam lemak. Jenis nutrisi ini sangat penting untuk pembekuan darah dan mencegah kerusakan tulang. Vitamin K ini juga membantu dalam menyalurkan kalsium ke seluruh tubuh.

Dalam kentang mentah terdapat sekitar 5 persen asupan vitamin K yang direkomendasikan bagi tubuh kamu.

Bagaimana cara membuat jus kentang?

Pertama-tama, kamu harus membersihkan kentang yang hendak kamu jus dengan spons atau sikat sayuran untuk menyingkirkan tanah atau kotoran yang menempel di kulit kentang. Pembersihan juga membantu kamu mengurangi pestisida yang mungkin ada di kentang.

Kemudian, potong-potong kentang sesuai dengan kebutuhan kamu. Perlu kamu ingat, kentang mengandung 80 persen air. Jadi, dengan dua kentang ukuran sedang saja kamu sudah bisa menghasilkan jus yang lumayan signifikan.

Ada tiga cara yang bisa kamu pakai untuk menghasilkan jus di sini, menggunakan juicer, blender atau diparut. Masing-masing akan menghasilkan konsentrasi berbeda, ada yang cuma menghasilkan sarinya saja tanpa ampas, akan tetapi ada juga yang bercampur dengan ampas.

Setelah itu, jika kamu tidak senang dengan rasanya yang mentah, kamu bisa menambahkan jus kentang yang kamu hasilkan dengan jus sayuran lainnya seperti wortel atau jus buah lain seperti apel atau mangga. Selamat mencoba!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
Berita Terkait
register-docotr