Diet dan Nutrisi

Selain Enak dan Segar, Ini Ragam Manfaat Melon untuk Kesehatan Tubuh

June 25, 2020 | Dani Kosasih | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Ada banyak manfaat melon untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan. Ini karena melon memiliki banyak kandungan nutrisi seperti kalium, asam folat, protein, vitamin C, betakaroten, dan magnesium.

Mengutip dari U.S Department of Agriculture, dalam 1 cup melon terdapat 14 gram gula alami dan 90% air, serta banyak kandungan nutrisi lainnya.

Manfaat melon untuk kesehatan

Seperti disebutkan sebelumnya, buah melon selain memiliki rasa yang segar karena kandungan airnya yang tinggi, juga memiliki banyak nutrisi. Berikut ragam manfaat melon untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan:

Menjaga kestabilan tekanan darah

Secara umum, program diet yang kaya akan buah dan sayuran akan selalu terkait dengan penurunan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Terlebih, penerapan diet rendah sodium dan asupan kalium yang cukup dapat memengaruhi dampak tekanan darah secara positif.

Melon memiliki kandungan yang rendah akan natrium dan kaya akan kalium. Zat ini dapat membantu mempertahankan tingkat tekanan darah yang sehat.

Selain itu, komponen ini juga mampu membantu mengurangi tekanan darah karena kandungan potasium yang tinggi dan kadar natrium yang rendah.

Memperbaiki kekuatan tulang

Buah melon mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk memperbaiki dan mempertahankan tulang yang kuat seperti folat, vitamin K dan magnesium.

Folat sangat penting untuk pemecahan homocysteine ​​atau peningkatan kadar kepadatan mineral tulang dari waktu ke waktu.

Vitamin K berfungsi untuk membantu produksi protein struktural utama dalam tulang yang dikenal sebagai osteocalcin. Karena itu, asupan vitamin K yang cukup sangat penting untuk tulang yang sehat.

Membantu kontrol gula darah

Meskipun melon mengandung karbohidrat yang dapat meningkatkan kadar gula darah, namun buah melon juga menyediakan serat dan nutrisi lain yang dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah seiring waktu.

Kaya akan kandungan elektrolit dan air

Buah melon memiliki manfaat lebih dari sekedar air untuk menghilangkan dehidrasi, terutama karena mengandung sekitar 90 persen air dan elektrolit, seperti kalium, magnesium, natrium, dan kalsium.

Kombinasi air dan nutrisi ini membuat melon menjadi buah yang baik dikonsumsi setelah berolahraga, selama sakit atau jika kamu ingin tetap terhidrasi sepanjang hari.

Menjaga kesehatan jantung

Buah melon kaya akan vitamin B dang folat yang mampu mengubah kandungan homosistein menjadi asam amino yang baik untuk tubuh. Zat homosistein sering dikaitkan dengan risiko peningkatan masalah kardiovaskular.

Menjaga kulit tetap sehat

Buah melon mengandung vitamin C tinggi yang baik untuk kesehatan kulit. Vitamin C adalah nutrisi yang mampu meningkatkan produksi kolagen dan dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Memperkuat sistem imun tubuh

Vitamin C juga dikenal mampu mendukung fungsi kekebalan tubuh. Asupan vitamin C yang cukup dapat mencegah dan mengobati berbagai infeksi pernapasan dan sistemik, seperti pneumonia dan flu biasa.

Membantu melancarkan pencernaan

Buah melon mengandung serat yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

Asupan serat makanan yang cukup mampu memperlambat respons gula darah dan meningkatkan keteraturan usus dan pertumbuhan bakteri usus yang sehat.

Pada beberapa kasus dengan gangguan pencernaan tertentu, buah melon memiliki kadar toleransi yang cukup baik untuk dikonsumsi daripada makanan serat tinggi lainnya.

Menjaga kesehatan mata

Buah melon mengandung dua antioksidan kuat yaitu lutein dan zeaxanthin. Dua zat tersebut berfungsi untuk mendukung kesehatan mata dan mencegah perkembangan kehilangan penglihatan karena bertambahnya usia.

Buah melon dapat dikonsumsi secara langsung sebagai buah potong, serta bisa juga dicampur dalam rujak atau salad.

Selain itu, kandungan nutrisi buah melon juga bisa dirasakan dengan menjadikan buah melon sebagai jus atau smoothies. Selalu konsultasikan kondisi kesehatan kamu dengan dokter atau ahli gizi untuk hasil yang lebih baik.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

1. verywellfit.com (2020). Diakses 22 Juni 2020. https://www.verywellfit.com/honeydew-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4118573

2. healthline.com (2020). Diakses 22 Juni 2020. https://www.healthline.com/nutrition/honeydew#section10

3. webmd.com. Diakses 22 Juni 2020. https://www.webmd.com/search/search_results/default.aspx?query=honeydew

 

    register-docotr