Diet dan Nutrisi

Super Fruit! dari Sebutir Lemon Kamu Dapat 6 Manfaat Sehat Ini

April 16, 2020 | Bernadette Anya
feature image

Ditulis oleh: Haekal

Ditinjau oleh: dr. Fahri Trisnaryan Pratama

Good Doctor – Tubuh butuh macam-macam nutrisi yang bisa didapat dari berbagai sumber, baik dari suplemen maupun dari produk alami. Salah satu nutrisi penting adalah vitamin C. 

Sumber vitamin C terbanyak bisa didapat dari sebutir lemon. Lemon adalah buah dari kelompok sitrus yang mengandung vitamin C cukup tinggi. Sebutir lemon mengandung 31 miligram vitamin C, sekitar 51% dari rekomendasi asupan harian.

Lemon tidak hanya mudah didapat, tapi juga menyegarkan saat dijadikan campuran untuk minuman maupun jadi pelengkap saus salad. Rasa lemon yang asam membuat lemon jarang dikonsumsi secara langsung.

Manfaat kesehatan dari sebutir lemon

Banyak penelitian menunjukkan lemon memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh. Sumber foto: https://www.everydayhealth.com

Penelitian pertama tentang manfaat lemon sudah dilakukan sejak 1747. James Lind menemukan bahwa lemon dan jeruk sangat efektif untuk mengobati skorbut yang umum terjadi di kalangan pelaut saat itu.

Seiring dengan berjalannya waktu, penelitian tentang manfaat kesehatan lemon semakin sering dilakukan, termasuk munculnya kreativitas untuk menjadikan lemon mudah untuk dikonsumsi, seperti di-“infus”-kan ke dalam air mineral. 

Selain itu, apa lagi manfaat lemon? 

1. Menyehatkan Jantung

Lemon memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Penelitian dari Harvard School of Public Health mengatakan bahwa konsumsi buah yang kaya vitamin C memiliki manfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit jantung koroner dan stroke.

Bukan hanya vitamin C-nya saja yang bermanfaat untuk jantung, tapi serat dan senyawa tanaman dan hesperidin serta diosmin dalam lemon juga dapat menurunkan faktor resiko penyakit jantung.  Penurunan kolesterol yang dihasilkan pun cukup signifikan, setiap mengonsumsi 24 gram serat sitrat setiap hari selama satu bulan.

2. Mengontrol berat badan

Salah satu manfaat lemon adalah membantu mengatur berat badan. Sumber foto: https://www.healthline.com

Senyawa tanaman dalam lemon dapat membantu kamu menurunkan berat badan. Penelitian pada tikus dengan cara mengekstraksi polifenol dari kulit lemon menyatakan bahwa tikus-tikus yang diberi polifenol mengalami peningkatan berat badan dan lemak tubuh lebih sedikit dibandingkan tikus lainnya. 

Hal ini diamini oleh penelitian jangka pendek mengenai diet jus pada 2017. Peserta yang mengonsumsi jus lemon sebagai bahan utama mendapati perbaikan pada mikrobiota usus yang terkait dengan menurunnya berat badan dalam tubuh mereka. Selain itu, lemon juga rendah kalori sehingga membantu mengontrol berat badan.

3. Mencegah batu ginjal

Kandungan di dalam lemon dapat mencegah terbentuknya batu ginjal. Sumber foto: https://www.niddk.nih.gov

Kandungan asam sitrat dalam lemon mencegah limbah tubuh berkristalisasi menjadi batu ginjal, karena meningkatnya volume dan pH urin. Menurut peneliti dari University of Wisconsin Health, asam sitrat dalam urin dapat merusak pembentukan batu ginjal dan menghancurkan batu-batu kecil yang sedang terbentuk. 

Semakin banyak asam sitrat, semakin terlindungi diri kamu dari batu ginjal. Kebutuhan asam sitrat dapat dipenuhi dari konsumsi setengah cup air perasan lemon per hari setiap harinya.

4. Mencegah anemia

Lemon dapat membantu tubuh menyerap zat besi untuk mencegah anemia. Sumber foto: https://www.theindependent.co.uk

Fungsi utama lemon dalam upaya pencegahan anemia adalah memperbaiki kemampuan tubuh menyerap zat besi dari tumbuh-tumbuhan, walaupun lemon sendiri mengandung zat besi.

Tubuh lebih mudah menyerap zat besi dari sumber hewani daripada nabati, sehingga daya serap tubuh terhadap zat besi dapat diperbaiki dengan cara mengonsumsi vitamin C dan asam sitrat, salah satunya dari lemon. Anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi cukup lazim terjadi.

5. Mengurangi risiko kanker

Kandungan lemon terbukti dapat mencegah terjadinya kanker. Sumber foto: https://www.telegraph.co.uk

Beragam penelitian dilakukan terkait manfaat lemon untuk melawan kanker. Misalnya, penelitian Asian Pacific Journal of Cancer Prevention pada 2011 berhasil mematikan sel kanker payudara setelah diberikan ekstrak lemon. Meski ekstrak diberikan secara in-vitro, namun hasilnya menunjukkan bahwa senyawa pada lemon dapat melawan kanker. 

Berbagai penelitian lainnya menemukan fakta yang menunjukkan hubungan antara senyawa dalam lemon yang dapat mencegah pertumbuhan tumor ganas menjadi kanker. Meski demikian, penelitian terhadap efek lemon terhadap pencegahan kanker ini harus dilakukan pada manusia.

6. Memperbaiki kesehatan pencernaan

Kandungan lemon dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Sumber foto: https://www.buoyhealth.com

Serat yang terkandung dalam lemon kebanyakan adalah gula sederhana dan pektin atau serat larut. Serat tersebut bisa didapat melalui konsumsi daging lemon, bukan hanya air perasannya saja. Serat larut dari daging lemon tidak hanya baik bagi kesehatan pencernaan tapi juga dapat memperlambat pencernaan gula dan pati. 

Lemon mudah didapat di swalayan atau di pasar buah. Mudahnya menemukan dan mengolah lemon semakin membantu kamu menjaga kesehatan tubuh. Mulailah sering mengonsumsi lemon dari sekarang.


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Referensi:

Lemon Polyphenols Suppress Diet-induced Obesity by Up-Regulation of mRNA Levels of the Enzymes Involved in β-Oxidation in Mouse White Adipose Tissue.https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2581754/

Scientific Reports. Diakses pada 17 Oktober 2019. Health benefit of vegetable/fruit juice-based diet. Role of microbiome. https://www.nature.com/articles/s41598-017-02200-6

University of Wisconsin Health. Diakses pada 17 Oktober 2019. Kidney Citric Acid. https://www.uwhealth.org/files/uwhealth/docs/pdf/kidney_citric_acid.pdf 

US National Library of Medicine. National Institutes of Health. Diakses pada 17 Oktober 2019. The effects of fruit juices and fruits on the absorption of iron from a rice meal.  https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/3593665

US National Library of Medicine. National Institutes of Health. Diakses pada 17 Oktober 2019. Apoptosis-mediated inhibition of human breast cancer cell proliferation by lemon citrus extract. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22126498

Healthline. Diakses pada 17 Oktober 2019. Protect Against Anemia. https://www.healthline.com/nutrition/6-lemon-health-benefits#section4

US National Library of Medicine. National Institutes of Health. Diakses pada 17 Oktober 2019.Effects of dietary fiber and its components on metabolic health https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22254008

register-docotr