Diet dan Nutrisi

8 Manfaat Labu Kuning, Mendukung Diet Hingga Kesehatan Kulit

January 1, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Labu kuning adalah salah satu tanaman musim dingin yang masuk dalam keluarga Cucurbitaceae. Tumbuhan ini berasal dari Amerika Utara dan memiliki manfaat untuk kesehatan.

Untuk lebih jauh mengenal labu kuning, yuk simak berbagai manfaatnya untuk kesehatan berikut ini.

Manfaat labu kuning yang bergizi

Buah yang dikenal dengan nama ilmiah Cucurbita pepo ini memiliki kandungan nutrisi penting untuk tubuh. Berikut kandungan nutrisi yang terkandung dalam setiap 245 gram labu kuning:

  • Kalori: 49
  • Lemak: 0,2 gram
  • Protein: 2 gram
  • Karbohidrat: 12 gram
  • Serat: 3 gram
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Kalium
  • Tembaga
  • Mangan
  • Vitamin B2
  • Vitamin E
  • Zat besi

Selain yang sudah disebutkan, labu kuning juga mengandung sedikit magnesium, fosfor, zinc dan beberapa vitamin B. Labu kuning juga relatif rendah kalori karena mengandung 94 persen air.

Dengan berbagai kandungan tersebut, berikut beberapa manfaat labu kuning yang bisa kamu dapatkan untuk kesehatan tubuh.

1. Kaya akan beta-karoten

Beta-karoten adalah salah satu jenis karotenoid yang merupakan pigmen pewarna pada sayur dan buah yang berwarna kuning, oranye dan merah. Saat dikonsumsi, zat ini akan diubah tubuh menjadi vitamin A.

Dengan begitu, tubuh akan mendapat asupan vitamin A yang berfungsi menjaga kesehatan mata, memperkuat sistem imun.

2. Mengurangi risiko penyakit kronis

Penyakit kronis bisa muncul dari stres oksidatif. Stres oksidatif adalah kondisi saat tubuh terlalu banyak menampung radikal bebas. Penyakit kronis yang muncul bisa berupa penyakit jantung dan kanker.

Karena itu tubuh membutuhkan antioksidan, yang dapat menangkal radikal bebas berlebih. Dan labu kuning adalah salah satu buah yang mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan yang terdapat di labu kuning antara lain; alfa-karoten, beta-karoten, dan beta-cryptoxanthin.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Seperti yang sudah disebutkan di awal bahwa salah satu manfaat labu kuning adalah menyediakan asupan vitamin A. Di mana vitamin A memiliki peran untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi.

Labu kuning juga mengandung vitamin C, yang dapat meningkatkan produksi sel darah putih. Ini akan membantu sel-sel kekebalan lebih efektif dan membantu pemulihan luka.

Beberapa kandungan labu kuning lainnya, seperti vitamin E, zat besi dan folat, juga adalah kandungan yang dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Manfaat labu kuning untuk melindungi penglihatan

Penglihatan akan berkurang seiring bertambahnya usia. Namun dengan mengonsumsi labu kuning secara tepat dapat menurunkan risiko kehilangan kemampuan melihat.

Selain karena sumber beta-karoten yang baik, labu kuning juga menjadi sumber lutein dan zeaxanthin, dua senyawa yang dapat membantu mengurangi risiko gangguan penglihatan degenerasi makula dan katarak.

Kandungan antioksidan di dalam labu kuning juga dapat membantu mencegah radikal bebas merusak sel-sel mata.

5. Mendukung program diet

Jika kamu sedang mencari makanan alternatif untuk diet, labu kuning bisa menjadi pilihan, karena termasuk sumber makanan rendah kalori namun padat nutrisi.

Labu kuning bisa menjadi sumber serat yang baik, sehingga membantu menahan nafsu makan. Sementara itu, dengan mengonsumsi labu kuning dengan kalori rendah, kamu masih bisa mengonsumsi makanan lainnya untuk memenuhi kebutuhan kalori selama diet berjalan.

6. Mengurangi risiko kanker

Seperti yang sudah disebutkan juga jika labu kuning kaya akan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Karena radikal bebas berlebihan akan menyebabkan stres oksidatif dan berujung penyakit kronis, salah satunya adalah kanker.

Dengan mengonsumsi labu kuning, kamu dapat menurunkan risiko terjadinya kanker tenggorokan, pankreas dan kanker payudara.

7. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan vitamin C, serat dan kalium di dalam labu kuning dikaitkan dengan manfaat menjaga kesehatan jantung.

Labu juga kaya akan antioksidan yang dapat menjaga kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) dari proses oksidasi. Jika LDL teroksidasi dapat menggumpal di dinding pembuluh darah, dapat menghambat peredaran darah, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

8. Meningkatkan kesehatan kulit

Karotenoid di labu kuning bukan cuma akan diubah menjadi vitamin A yang kemudian menunjang kesehatan kulit dari dalam, tapi juga menjaga kulit dari ancaman di luar tubuh. Beta-karoten dapat bertindak sebagai tabir surya alami, yang menjaga efek paparan sinar UV yang berbahaya.

Kandungan vitamin C di labu kuning juga dibutuhkan tubuh untuk membuat kolagen. Kolagen adalah salah satu kandungan penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Keunggulan labu kuning lainnya

Labu kuning adalah makanan ikonik, yang banyak dicari saat Thanksgiving atau Halloween. Selain ada banyak manfaat labu kuning untuk kesehatan, buah ini juga memiliki rasa yang enak dan bisa dibuat menjadi berbagai macam hidangan.

Kamu bisa menyajikannya sebagai makanan manis seperti pai, puding atau pancake. Tapi juga bisa untuk hidangan gurih seperti sup dan campuran pasta.

Demikian berbagai manfaat labu kuning untuk kesehatan. Semoga mendapat inspirasi membuat hidangan sehat dari labu kuning, ya!

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 17 Desember 2020
9 Impressive Health Benefits of Pumpkin
Medical News Today, diakses 17 Desember 2020
What are the health benefits of pumpkins?
Cleveland Clinic, diakses 17 Desember 2020
Surprising Reasons Why Pumpkin Is a Healthy Food

    register-docotr