Diet dan Nutrisi

Ampuh Sembuhkan Demam Berdarah, Ini Manfaat Lain Angkak Merah bagi Kesehatan

July 20, 2020 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Angkak merah mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian besar masyarakat Indonesia. Angkak merah ini adalah ekstrak beras berwarna merah yang sering digunakan untuk obat. Nah, mau tahu apa saja deretan manfaat angkak merah bagi kesehatan tubuh? Yuks, simak ulasannya.

Manfaat angkak merah 

Dilansir dari Healthline, ekstrak beras merah adalah jenis beras fermentasi yang diproduksi menggunakan spesies jamur tertentu. Bahan ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok selama berabad-abad karena khasiatnya bagi kesehatan.

Ekstrak beras merah ini mengandung senyawa monacolin K yaitu bahan aktif yang juga dapat  ditemukan dalam obat penurun kolesterol seperti lovastatin.

Tak heran, banyak orang lebih sering menggunakan angkak merah ini untuk digunakan sebagai alternatif obat penurun kadar kolesterol dan juga dapat mendukung kesehatan jantung.

Baca juga: Manfaat Beras Hitam, Tingkatkan Kesehatan Hati dan Jantung

Manfaat angkak merah

Saat ini, angkak merah pada umumnya dijual sebagai suplemen tanpa resep yang dipasarkan untuk membantu mengelola kolesterol dan meningkatkan kesehatan tubuh. Namun, tidak hanya itu saja, berikut ini beberapa manfaat lain dari angkak merah untuk kesehatan tubuh: 

1. Mengobati demam berdarah 

Angkak merah sering digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi penyakit demam berdarah. Hal tersebut karena ketika seseorang mengonsumsi angkak merah, trombosit darah secara signifikan akan meningkat. Hal itu disebabkan karena adanya efek anti peradangan. 

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Penyakit jantung adalah kondisi serius yang mempengaruhi jutaan orang dan diperkirakan menyebabkan 31,5% kematian di seluruh dunia. 

Kolesterol tinggi menjadi salah satu faktor utama risiko utama timbulnya penyakit jantung. Angkak merah ini pada umumnya digunakan sebagai obat alami untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Satu studi yang dilansir dari laman Healthline, pada 25 orang menunjukkan bahwa angkak merah menurunkan kolesterol total rata-rata 15% dan kolesterol jahat sebesar 21% selama sekitar dua bulan pengobatan. 

Penelitian lain terhadap 79 orang melaporkan bahwa mengonsumsi 600 mg angkak merah dua kali sehari, secara signifikan mengurangi kadar kolesterol. Bahan ini terbukti efektif mengurangi kadar kolesterol, serta trigliserida dan tekanan darah, ketika dikombinasikan dengan obat statin.

3. Mengobati sindrom metabolik

Sindrom metabolik adalah sekelompok kondisi yang meningkatkan risiko kondisi kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Gejala sindrom metabolik yaitu tekanan darah tinggi, kelebihan lemak tubuh, peningkatan gula darah dan perubahan kadar kolesterol atau trigliserida. 

Angkak merah ini salah satu obat yang dapat membantu mengobati penyakit kronis tersebut. Salah satu efek yang paling banyak ampuh dari angkak merah ini adalah kemampuannya untuk menurunkan kolesterol.

Hasil riset lainnya menurut penjelasan dari Healthline menemukan bahwa suplemen yang mengandung angkak merah mampu mengurangi gula darah, kadar insulin, dan tekanan darah sistolik pada orang dengan sindrom metabolik.

4. Mengurangi peradangan 

Peradangan adalah respons imun normal yang dirancang untuk melindungi tubuh kamu dari sebuah infeksi.

Namun, peradangan yang berkelanjutan memiliki peluang terjadinya suatu kondisi kronis pada kesehatan tubuh seperti timbulnya penyakit diabetes, kanker dan jantung.

Angkak merah ini memang sudah terbukti dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan dalam jangka panjang.

Sebagai contoh, sebuah penelitian menurut Healthline yang dilakukan pada 50 orang dengan sindrom metabolik menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung angkak merah dan ekstrak zaitun mengurangi tingkat stres oksidatif penyebab utama peradangan kronis hingga 20%.

5.Menstabilkan gula darah

Angkak memang bermanfaat untuk menstabilkan gula darah. Hal itu tentunya akan memperbaiki metabolisme tubuhmu.

Namun, ada hal yang perlu kamu ketahui, jika sudah terkena penyakit diabetes melitus sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk mengonsumsi angkak merah ini. 

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline.com (2018) diakses 16 Juli 2020. Red Yeast Rice: Benefits, Side Effects and Dosage
  2. Webmd.com (2018) diakses 16 Juli 2020. Red Yeast Rice
  3. Mayoclinic.org (2017) diakses 16 Juli 2020. Red yeast rice

 

    register-docotr