Diet dan Nutrisi

Tidak Sekadar Penghilang Dahaga, Ini Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan

November 11, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Rendah kalori, bebas lemak dan kolesterol, dan kemampuannya menghidrasi dengan baik. Itulah beberapa dari banyak manfaat air kelapa muda yang berdampak pada kesehatan kita.

Belakangan ini memang semakin banyak produsen air kemasan yang menjadikan air kelapa muda sebagai bahan utama produknya.

Sebab selain nikmat dan menyegarkan, air kelapa muda memang terbukti punya manfaat untuk kesehatan. Apa saja? Simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari selama Social Distancing

Khasiat air kelapa muda

manfaat air kelapa muda
Manfaat air kelapa untuk kesehatan. Foto: https://www.shutterstock.com

Air kelapa muda terdiri dari 94 persen air dan sangat sedikit lemak. Satu buah kelapa biasanya bisa menghasilkan 0,5 sampai segelas air kelapa muda.

Pada setiap 240 ml air kelapa muda, mengandung beberapa nutrisi berikut:

  • Kalori: 46 gram
  • Karbohidrat: 9 gram
  • Serat: 3 gram
  • Protein: 2 gram
  • Vitamin C: 10% dari RDI
  • Magnesium: 15% dari RDI
  • Mangan: 17% dari RDI
  • Kalium: 17% dari RDI
  • Sodium: 11% dari RDI
  • Kalsium: 6% dari RDI.

*RDI = Reference Daily Intakes

Air kelapa muda juga mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit.

Manfaat air kelapa muda untuk kesehatan

Dengan berbagai nutrisi di atas, apa saja khasiat air kelapa muda untuk kesehatan? Langsung saja simak daftarnya di bawah ini!

1. Minuman olahraga alami

Kandungan elektrolit alami yang ada di air kelapa muda membuatnya kayak jadi minuman olahraga. Utamanya jika dikonsumsi tanpa tambahan gula, pewarna makanan, dan pemanis buatan.

Dilansir dari Medical News Today, penelitian menyebut air kelapa muda memiliki kemampuan sama baiknya dengan minuman olahraga biasa. Hal ini karena mampu menghidrasi dan mengganti cairan tubuh sama efektifnya setelah berlari.

Pastikan kamu mengonsumsi air kelapa murni ya, sebab beberapa produk air kelapa muda kemasan biasanya sudah ditambah kandungan lain seperti pemanis buatan.

2. Memiliki sifat antioksidan

Paparan radikal bebas bisa memicu kerusakan sel-sel tubuh dan meningkatkan risiko terserang penyakit. Dilansir dari Healthline, beberapa penelitian menyebut adanya sifat antioksidan pada air kelapa.

Penelitian yang dilakukan pada hewan ini menunjukkan bahwa air kelapa memiliki antioksidan yang mampu mengubah radikal bebas menjadi tidak lagi sebabkan kerusakan.

Ada juga penelitian lain yang menyatakan hasil serupa, sayangnya belum ada penelitian yang dilakukan pada manusia.

3. Manfaat air kelapa muda untuk diet

Air kelapa muda memang memiliki kalori yang lebih sedikit dibanding minuman soda atau minuman kemasan manis lainnya. Ia juga punya kandungan gula dan karbohidrat yang lebih rendah ketimbang jus.

Namun meski begitu, kandungan kalori air putih biasa masih lebih sedikit. Jadi kalau kamu sedang diet, air kelapa muda bisa kamu konsumsi sesekali jika sedang ingin minum minuman yang nikmat namun rendah kalori. Untuk kebutuhan harian, air putih tetap pilihan utama.

4. Manfaat air kelapa muda untuk turunkan tekanan darah

Air kelapa muda diklaim mampu menurunkan tekanan darah karena kandungan potasiumnya yang sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dari pisang.

Potasium memang sudah terbukti mampu menurunkan tekanan darah pada orang yang mengalami hipertensi dengan cara menangkal efek natrium yang dapat menyebabkan tekanan darah naik.

Meski potasium mampu turunkan tekanan darah, minum air kelapa dalam jumlah banyak bukan jawabannya. Perlu pola makan sehat dan seimbang agar tekanan darah tak kembali naik.

5. Menurunkan kolesterol

Dilansir dari BBC Good Food, sebuah penelitian kecil terhadap seekor tikus menunjukkan adanya potensi air kelapa muda untuk menurunkan kolesterol.

Meski begitu, belum ada penelitian pada manusia, dan bahkan penelitian tersebut juga dilakukan dalam skala kecil.

6. Manfaat air kepala muda untuk lawan diabetes

Dilansir dari Healthline, beberapa penelitian pada hewan dengan diabetes menunjukkan air kelapa muda mampu menurunkan gula darah dan meningkatkan kesehatannya.

Sebuah penelitian pada tikus dengan diabetes yang diberi air kelapa muda memperlihatkan hasil kadar gula darah yang lebih stabil ketimbang tikus yang tidak diberi air kelapa muda.

Akan tetapi perlu dilakukan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk memperkuat hasil tersebut.

7. Mencegah batu ginjal

Batu ginjal bisa terjadi saat kalsium, oksalat, dan senyawa lainnya bergabung dan membentuk kristal dalam urine. Kristal ini lalu membentuk batu.

Penelitian pada tikus dengan batu ginjal menunjukkan bahwa air kelapa muda mencegah kristal menempel pada ginjal dan saluran kemih. Ia juga mampu mengurangi jumlah kristal yang terbentuk dalam urine.

Meskipun air biasa adalah pilihan terbaik, namun air kelapa juga bisa jadi pilihan minuman lezat yang tetap aman untuk kamu yang berisiko atau rentan terserang batu ginjal.

Air kelapa untuk ibu hamil

Deretan manfaat air kelapa di atas tentu sudah tidak membuat kita heran bahwa air kelapa sangat bepengaruh untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, air kelapa ternyata juga memiliki segudang manfaat bagi ibu hamil. Apa saja? 

1. Mencegah dehidrasi

Seperti yang telah disebutkan di atas, ibu hamil membutuhkan asupan cairan lebih banyak, yaitu 3 liter dalam sehari. Untuk memenuhi asupan cairan tersebut, bisa diperoleh dengan mengonsumsi air kelapa.

2. Bantu mengeluarkan racun

Ketika kamu minuman air kelapa, hal ini juga mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh loh. Pasalnya, air kelapa mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan mampu menetralisir racun di dalam tubuh.

3. Sumber elektrolit dan antioksidan

Perlu kamu ketahui saat minum air kelapa bisa mengganti asupan elektrolit yang terbuang saat muntah pada ibu hamil yang mengalami morning sickness. Air kelapa pun mengandung antioksidan yang membantu melenyapkan radikal bebas di tubuh.

4. Bantu mengurangi rasa lelah

Salah satu keluhan yang sering dirasakan oleh ibu hamil adalah mudah lelah. Kandungan elektrolit dalam air kelapa nyatanya bisa membantu mengatasi masalah yang satu ini. 

Cairan elektrolit di dalamnya bisa mengganti cairan tubuh yang hilang sehingga ibu hamil terhindar dari dehidrasi. Oleh sebab itu ini yang menjadi salah satu alasan para ibu yang sedang hamil muda disarankan untuk meminum air kelapa. 

Garam alami pada tubuh dapat digantikan dengan air kelapa karena mengandung garam alami seperti natrium, kalium, dan klorida.

Perlu juga kamu ketahui bawha sebenarnya deretan manfaat di atas juga lebih terasa jika kamu mengalami masa haid.

Baca Juga: Mengenal Spirulina, Suplemen Hijau yang Punya Banyak Manfaat

Tips memilih air kelapa muda yang baik

Air kelapa muda yang murni dan baru dikeluarkan dari dalam batok kelapa adalah pilihan terbaik. Sebab air kelapa muda kemasan baik kaleng maupun karton biasanya sudah melewati proses pemanasan atau pasteurisasi untuk memperpanjang masa expired-nya.

Selalu periksa label kemasan dan pilihlah yang mengandung air kelapa murni. Saat membaca label, lihat kandungan per 100 gram/ml produk.

Produk yang rendah gula idealnya mengandung kurang dari 2,5 g per 100 g/ml. Lalu kandungan rendah garam harus di bawah  0,3 gram atau 0,1 gram sodium.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Mayo Clinic. Diakses pada 25 Mei 2020. What is coconut water and what’s behind the hype?.

Medical News Today. Diakses pada 25 Mei 2020. Seven health benefits of coconut water.

Healthline. Diakses pada 25 Mei 2020. 8 Science-Based Health Benefits of Coconut Water.

BBC. Diakses pada 25 Mei 2020. The health benefits of coconut water.

WebMD. Diakses pada 25 Mei 2020. The Truth About Coconut Water.

    Berita Terkait
    register-docotr