Diet dan Nutrisi

Daftar Makanan yang Rendah Karbohidrat, Cocok Dikonsumsi demi Diet Sehatmu

July 27, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Banyak orang yang mengaitkan konsumsi karbohidrat berlebih dapat menyebabkan kegemukan. Jika kamu sedang menjalani diet dan ingin mengurangi konsumsi karbohidrat, tak ada salahnya lho mencoba untuk mengonsumsi makanan yang tidak mengandung karbohidrat ini.

Karbohidrat sebenarnya memiliki manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah sebagai sumber energi. Namun, tahukah kamu bahwa mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah sedikit ternyata juga memiliki manfaat bagi tubuh?

Ya, konsumsi karbohidrat dalam jumlah sedikit ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan, seperti dapat menurunkan berat badan. Maka tidak heran jika banyak orang yang beralih untuk menjalani diet dengan mengurangi konsumsi karbohidrat.

Baca juga: 5 Fungsi Penting Karbohidrat bagi Tubuh: Bisa Tingkatkan Fungsi Otak hingga Jaga Berat Badan Kamu!

Makanan yang mengandung rendah kerbohidrat

Kamu sedang menjalani diet atau berencana melakukannya? Kamu dapat mencoba lho untuk mengonsumsi makanan yang tidak mengandung karbohidrat, seperti yang dirangkum dari Healthline di bawah ini.

1. Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang paling sehat dan bergizi. Mereka dikemas dengan berbagai macam nutrisi, termasuk nutrisi yang penting untuk otak serta senyawa yang penting untuk kesehatan mata.

Telur sendiri memiliki jumlah karbohidrat yang sangat sedikit atau dapat dikatakan harmpir nol.

2. Daging tertentu

Makanan rendah karbohidrat selanjutnya adalah daging. Semua jenis daging mendekati nol karbohidrat. Kecuali misalnya saja hati yang mengandung sekitar 5 persen karbohidrat.

Daging sapi

Jika dikonsumsi, daging sapi dapat sangat mengenyangkan. Tak hanya itu saja, daging sapi juga mengandung nutrisi yang penting, seperti zat besi dan vitamin B12.

Ada beberapa jenis daging sapi yang dapat kamu konsumsi, misalnya saja daging iga sapi, daging sapi giling, atau bahkan daging sapi hamburger.

Domba

Tak hanya daging sapi saja yang memiliki kandungan hampir nol karbohidrat, daging domba juga tak mau ketinggalan. Sama seperti halnya daging sapi, daging domba juga rendah kandungan karbohidat.

Meskipun demikian, mereka mengandung nutrisi yang penting lho untuk tubuh, seperti zat besi dan vitamin B12.

Ayam

Makanan yang rendah karbohidrat yang satu ini sangat terkenal. Ya, daging ayam merupakan daging yang paling populer di seluruh dunia. Mereka memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat dan merupakan sumber protein yang sangat baik.

Namun di samping itu semua, daging ayam juga hampir tidak memiliki kandungan karbohidrat. Oleh karena itu, kamu dapat memasukkan daging ayam pada menu makananmu.

Dendeng

Dendeng adalah daging yang telah dipotong-potong kemudian dikeringkan.

Selama tidak mengandung tambahan gula atau bahan buatan lainnya, dendeng bisa menjadi makanan rendah karbohidrat yang sempurna. Maka dari itu, tak ada salahnya lho jika kamu ingin mengurangi konsumsi karbohidrat dengan cara mengonsumsi dendeng.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah jika kamu membeli dendeng dalam bentuk kemasan, sebaiknya cermatlah dalam memilihnya. Perhatikan pula kandungan gizi yang tersedia. Akan lebih baik jika kamu membuat dendeng sendiri.

3. Seafood

Ikan dan beberapa makanan laut cenderung sangat bergizi dan dapat menyehatkan tubuh. Mereka sangat tinggi akan kandungan B12, yodium, serta asam lemak omega 3.

Sama halnya seperti daging, hampir semua jenis ikan rendah kandungan karbohidrat.

Salmon

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika salmon memiliki kandungan gizi tinggi yang bermanfaat bagi tubuh. Salmon merupakan ikan berlemak, yang berarti bahwa salmon mengandung banyak lemak sehat, yakni asam lemak omega 3.

Salmon juga memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat lainnya, seperti vitamin B12, yodium, dan vitamin B3 dalam jumlah yang cukup.

Trout

Sama halnya dengan salmon, trout juga merupakan ikan berlemak yang mengandung asam lemak omega 3 dan beberapa nutrisi penting lainnya. Tak hanya itu saja, jumlah karbohidrat yang terkandung dalam ikan trout adalah nol.

Sarden

Makanan yang tidak mengandung karbohidrat terakhir adalah sarden. Sarden merupakan ikan berminyak yang umumnya dapat dikonsumsi secara utuh dengan tulangnya.

Sarden juga merupakan salah satu makanan yang kaya akan nutrisi, dan mengandung hampir setiap nutrisi tunggal yang dibutuhkan oleh tubuh.

Nah, sudah tahu bukan apa saja makanan yang tidak mengandung karbohidrat? Pilihan makanan yang sudah dijelaskan di atas dapat kamu masukan lho ke dalam menu makananmu.  

Selain dapat menurunkan berat badan, mengurangi konsumsi kabohidrat ternyata juga memiliki manfaat lainnya lho, seperti dapat mengurangi gula darah, tekanan darah dan trigliserida, serta dapat meningkatkan kolesterol HDL “baik” untuk kesehatan tubuh.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Diet Doctor (2020). Diakses pada 21 Juli. Low-Carbs Benefits and How to Maximize Them 

Healthline (2018). Diakses pada 21 Juli. 44 Healthy Low-Carbs Foods That Taste Incredible

Medical News Today (2017). Diakses pada 21 Juli. What You Need to Know About Carbs 

    Berita Terkait
    register-docotr