Diet dan Nutrisi

Tetap Fokus saat Puasa, Coba Konsumsi 8 Makanan untuk Otak Ini

April 23, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Makanan untuk otak sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kinerja otak agar tetap fokus saat beraktivitas, khususnya saat puasa nanti. Sudah siapkah kamu berpuasa?

Mempertahankan fokus bukan sesuatu yang gampang, apalagi jika kita sedang menjalani puasa. Saat puasa, kita jadi lebih mudah kehilangan fokus. Hal ini karena perubahan pola tidur dan makan yang juga berpengaruh pada kinerja otak.

Nah, makanya agar tetap bisa fokus, kamu harus sahur dengan makanan untuk otak supaya tetap bisa berkonsentrasi dengan baik

Saat berpuasa, keadaan tubuh menjadi lemas, rasa ngantuk sering muncul, hal ini pasti mengganggu produktivitas kita. Kita juga jadi sering hilang konsentrasi yang membuat kita kadang telmi (telat mikir).

Baca Juga: Tips Puasa untuk Lansia agar Tetap Aman dan Sehat

Konsumsi makanan untuk otak bisa membantu kinerja otak

Berikut ini daftar makanan yang bisa kamu pilih ketika sahur agar kinerja otak kamu terjaga.

Ikan

Ikan berlemak merupakan sumber omega-3 yang tinggi. Omega-3 dapat membantu untuk memaksimalkan kerja otak dan vitaminnya juga baik untuk tubuh.

Sebuah studi juga mengatakan bahwa orang yang punya kadar omega 3 yang tinggi mengalami peningkatan aliran darah ke otak dan juga punya pengaruh terhadap kemampuan berpikir. 

Beberapa ikan yang bisa kamu pilih adalah salmon, tuna, dan ikan sarden. Pilihan mengolahnya juga bisa dengan digoreng dan lain sebagainya.

Telur

Telur adalah salah satu makanan yang paling mudah dijumpai dan dapat diolah dengan beragam cara. Selain itu, telur juga mengandung vitamin B6, B12 dan asam folat. 

Penelitian terbaru menunjukan bahwa, vitamin B6, B12 dan asam folat dapat mencegah penyusutan otak dan menunda penurunan kognitif. 

Kalau otak ternutrisi dengan baik, kamu jadi bisa tetap fokus selama bekerja dan juga kebutuhan energi terpenuhi.

Kamu bisa menambahkan telur sebagai menu sahur dengan banyak pilihan, dibuat mata sapi, telur balado dan olahan telur lainnya yang kamu sukai.

Brokoli

Sayuran yang berbentuk seperti payung ini kaya akan vitamin K, yang dikenal dapat meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan kinerja otak.

Sebuah studi mengatakan brokoli kaya akan senyawa glukosinolat yang dapat memperlambat kerusakan neurotransmitter, asetilkolin, yang kita perlukan agar sistem saraf pusat berfungsi dengan baik, menjaga otak dan ingatan kita tetap tajam. 

Brokoli juga vitamin C, flavonoid dan antioksidan ini dapat lebih meningkatkan kesehatan otak kita dan membantu tubuh menghasilkan energi sehingga kita tidak mudah lemas saat berpuasa.

Kamu bisa menikmati brokoli sebagai menu sahur dengan ditumis, atau juga ditambahkan dalam sup.

Alpukat

Buah alpukat merupakan buah yang kaya akan protein dengan kadar gula yang rendah dari buah lainnya. Alpukat juga mengandung asam lemak tak jenuh yang sehat yang dapat mendukung otak. 

Makanan yang lemak yang tak jenuh dapat membantu aliran darah yang menjadi sehat. Aliran darah yang sehat berpengaruh terhadap fungsi kognitif. Dengan makan alpukat, membantu kemampuan otak untuk dapat berkonsentrasi dan fokus saat berpuasa.

Selain baik untuk otak, alpukat juga bisa menekan rasa lapar, loh. Jadi kita bisa merasa kenyang lebih lama, pilihan makanan yang tepat untuk sahur.

Alpukat dapat diolah dengan beragam cara, yang simpel dan mudah, kamu bisa membuatnya menjadi jus, dimakan langsung dengan menambahkan gula, atau dicampurkan dengan oatmeal. 

Kacang-kacangan 

Makanan untuk otak berikutnya adalah kacang-kacangan. Vitamin E yang tinggi bisa kita temukan pada kacang-kacangan

Hal ini dibuktikan dari sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology menunjukkan bahwa asupan vitamin E yang cukup dapat membantu mencegah penurunan kognitif, terutama pada orang tua.

Tidak cuma vitamin E, tapi kacang-kacangan juga mengandung resveratrol. Resveratrol ini antioksidan non-flavonoid alami yang ditemukan pada kacang tanah. 

Kamu bisa menambahkan kacang-kacangan dalam menu sahur dengan mencampurkannya bersama sayuran lainnya seperti bayam.

Bayam

Makanan kesukaan Popeye ini mengandung vitamin K dan vitamin A. Bayam dapat membantu menurunkan risiko demensia di masa tua. 

Kenapa? Karena kandungan lutein, folat dan beta-karoten pada bayam dapat menjaga sel-sel dalam otak dan membuat otak berfungsi dengan baik. 

Kamu bisa membuat sayur bayam yang dicampur dengan jagung sebagai menu sehat untuk sahur.

Tomat

Likopen dan antioksidan yang tinggi dapat ditemukan dalam tomat. Tomat dapat membantu melindungi sel otak dari kerusakan yang menyebabkan kita bisa mengalami demensia. 

Nikmati tomat sebagai menu sahur dengan cara dibuat menjadi jus, dicampur dengan sayuran lain, pasti terasa lezat dan sehat.

Baca Juga: Sering Keringat Dingin? Waspada Penyakit Tiroid

Pisang

Tidak cuma bagus untuk program diet, ternyata pisang juga dapat membantu otak untuk berkonsentrasi. 

Pisang mengandung kalium, serat, mangan dan vitamin B yang tinggi, sehingga membantu memproduksi serotonin, norepinephrine dan dopamin dalam tubuh.

Makan satu buah pisang saat sahur, baik agar kamu bisa tetap konsentrasi dan tidak lemas selama puasa.

Itulah beberapa daftar makanan untuk otak yang dapat meningkatkan menjaga konsentrasi selama kita puasa. Walaupun berpuasa, bukan menjadi alasan kita untuk tidak produktif.

Dengan pilihan makanan yang tepat saat sahur, puasa yang kamu jalani akan lancar begitu juga dengan aktivitas kamu. Jadi pastikan daftar makanan di atas menjadi pilihan untuk menu sahur kamu, ya!

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Dr.Aex (2015). Diakses pada 21 April. 15 Brain Foods to Boost Focus and Memory

BBC Goodfood (2020). Diakses pada 21 April. 10 foods to boost your brainpower

British Nutrition Foundation. Diakses pada 22 April. A healthy Ramadan

Web MD. Diakses pada 21 April. Eat Smart for a Healthier Brain

Medical News Today (2020). Diakses pada 21 April. 12 foods to boost brain function

Healthline. Diakses pada 22 April. 11 Best Foods to Boost Your Brain and Memory

 

    register-docotr