Diet dan Nutrisi

Fakta Sehat Goguma Ppang, Jajanan Roti Ubi Ungu Viral dari Korea

July 16, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Pernahkah kamu mencoba memasak roti ubi ungu ala Korea? Makanan yang kini sedang tren tersebut bernama ‘goguma ppang’. Tidak hanya sehat, roti ini juga rasanya sangat lezat.

Selain punya rasa khas yang manis, goguma ppang juga memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, lho.

Baca juga: 7 Manfaat Ubi Ungu Bagi Kesehatan: Redakan Asma hingga Peradangan

Apa itu roti ubi ungu Korea?

Kata ‘goguma’ dalam Bahasa Korea Selatan mengacu pada ubi jalar. Di Negeri Ginseng tersebut, ada empat jenis ubi jalar yang populer dan semuanya memiliki cita rasa yang sangat lezat! Jenis ubi jalar Korea yang paling terkenal adalah varietas kastanye.

Goguma ppang sendiri adalah semacam roti yang terbuat dari adonan tepung tapioka, diisi dengan ubi jalar madu dan kemudian digulung dalam bubuk ubi ungu sehingga menyerupai bentuk aslinya. Adonan ini lalu dipanggang dan disajikan hangat.

Akhir-akhir ini goguma ppang cukup populer di dunia maya. Berbagai channel YouTube berlomba-lomba membagikan resepnya, semuanya pun terlihat menarik untuk dicoba.

Kandungan nutrisi goguma ppang

Dilansir Nutrition Value, kandungan nutrisi dalam sepotong roti ubi jalar ukuran besar (43 gram) adalah sebagai berikut:

  1. 103 kalori
  2. Lemak tak jenuh 0,8 gram
  3. Lemak jenuh 0,4 gram
  4. Kolesterol 1, 3 miligram
  5. Natrium 204 miligram
  6. Karbohidrat 19 gram
  7. Serat 0,7 gram
  8. Gula 1,5 gram
  9. Protein 3,2 gram
  10. Vitamin D 0,09 mikrogram
  11. Kalsium 14.62 mikrogram
  12. Besi 1,09 mikrogram
  13. Kalium 61 miligram

Baca juga: Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks vs Sederhana, Mana Lebih Baik?

Manfaat sehat goguma ppang

Sama halnya dengan roti pada umumnya, goguma ppang juga punya manfaat kesehatan saat dikonsumsi. Dilansir Nutrition and Food Sciences, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh saat kamu mengonsumsi roti tersebut:

1. Baik untuk kesehatan usus

Roti ubi ungu mengandung lebih banyak pati resisten yang lambat dicerna. Ini membuatnya menjadi lebih baik untuk dikonsumsi, karena bisa menjadi makanan bagi bakteri baik di dalam usus.

2. Mengandung vitamin A

Roti ubi ungu ala Korea ini juga memiliki kandungan vitamin A. Vitamin ini sangat penting untuk penglihatan, pertumbuhan dan fungsi kekebalan tubuh.

3. Baik untuk penderita diabetes

Pelepasan pati yang lebih lambat dari roti ubi ungu juga bisa bermanfaat bagi penderita diabetes yang ingin mengontrol gula darah.

4. Mengandung mineral antioksidan

Tepung ketan adalah salah satu bahan utama dalam goguma ppang. Dengan kandungan selenium, vitamin maupun mineral lain di dalamnya, roti ini memberi efek antioksidan.

Ini artinya kamu dapat menurunkan risiko penyakit kronis dan mengurangi stres oksidatif dalam tubuh.

5. Mendukung sistem kekebalan tubuh

Antioksidan dalam ubi ungu juga membantu melindungimu terhadap jenis kanker tertentu.

Misalnya antosianin yang terbukti secara ilmiah dapat memperlambat pertumbuhan jenis sel kanker termasuk kandung kemih, usus besar dan payudara.

Saran penyajian goguma ppang

Agar roti ubi ungu ala Korea ini terasa lebih lezat dan bernutrisi, berikut adalah beberapa tips untuk membuatnya:

  1. Gunakan tumbukan ubi yang halus. Untuk memperolehnya kamu bisa menghaluskan ubi panggang dengan garpu lalu menyaringnya sedikit demi sedikit.
  2. Jika roti terasa sangat lembut setelah diisi, masukkan ke dalam lemari es terlebih dahulu agar sedikit mengeras.
  3. Untuk isiannya, kamu bisa menambahkan madu pada adonan ubi lalu mencampurkannya sampai merata. Selain akan menguatkan rasa manis secara alami, madu juga memiliki kandungan antibakteri yang baik untuk kesehatan.
  4. Selain itu kamu juga dapat menyisipkan sepotong keju mozzarela yang akan meleleh saat goguma ppang dipanggang. Tak hanya menambahkan sensasi lumer saat dimakan, keju juga mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang.

Berapa jumlah konsumsi goguma ppang yang disarankan?

Mengingat bahan utama dari roti ini adalah ubi jalar dengan sekitar 20 gram total karbohidrat per buahnya. Maka mungkin akan lebih baik jika kamu mengonsumsinya hanya sesekali dan tidak setiap hari, ya.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Nutrition and Food Sciences diakses pada 16 Juli 2021

Healthline diakses pada 16 Juli 2021

Nutrition Value diakses pada 16 Juli 2021

Organic Facts diakses pada 16 Juli 2021

Carving a Journey diakses pada 16 Juli 2021

Jun and Tonic diakses pada 16 Juli 2021

 

 

    register-docotr