Diet dan Nutrisi

Burnt Basque Cheesecake ala Spanyol yang sedang Hits, Sehat atau Tidak?

August 17, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Berbagai makanan yang sedang nge-trend atau hits sudah mulai masuk ke Indonesia, termasuk cheesecake. Cheesecake atau kue keju sendiri juga sudah berkembang menjadi jenis yang beragam, seperti burnt basque cheesecake.

Namun, banyak yang meragukan apakah burnt basque cheesecake sehat atau tidak. Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai nilai gizi dan resep dari cheesecake satu ini yuk simak penjelasannya berikut.

Baca juga: Mengenal Diet Militer: Definisi dan Cara Aman untuk Menerapkannya!

Apa itu burnt basque cheesecake?

Dilansir dari The Little Epicurean, burnt basque cheesecake sering disebut dengan kue keju terbakar karena permukaannya yang berwarna gelap. Berbeda dengan kue keju khas Amerika, basque cheesecake yang berasal dari Spanyol dan sudah ada sejak 1990 ini tidak memiliki kulit.

Resep asli dari basque cheesecake hanya membutuhkan beberapa bahan, seperti krim keju, krim kental, gula, telur, dan tepung. Bagian terbakar atau gosong pada kue ini biasanya terletak di permukaan atas.

Benarkah burnt basque cheesecake tidak sehat dan berbahaya?

Banyak yang beranggapan bahwa makanan gosong bisa menyebabkan kanker, begitu juga burnt basque cheesecake ini. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena bagian kosong pada kue keju basque sama sekali tidak berbahaya.

Burnt basque cheesecake sebenarnya bukan sengaja dibuat atau dipanggang hingga gosong, melainkan dikarenakan dua efek saat proses pemasakan. Perlu diketahui, terdapat dua reaksi pencoklatan non-enzimatis yang terjadi pada kue keju basque.

Reaksi pertama adalah karamelisasi gula yang menciptakan senyawa aromatik, seperti diacetyl dan maltol. Sementara itu, untuk reaksi kedua adalah maillard browning, yakni reaksi antara protein krim keju dan gula sehingga membuat tampilan kue terlihat gosong.

Kedua reaksi ini merupakan proses alami di mana tidak ada hubungannya dengan masalah karsinogenik atau risiko kanker. Bagian gosong pada kue inilah yang menciptakan rasa gurih dan lezat sehingga banyak orang mulai menggemarinya. 

Nilai gizi burnt basque cheesecake

Meski kue keju ini terasa enak, namun kandungan kalori dan lemaknya cukup besar sehingga cukup berbahaya untuk kesehatan. Dikutip dari laman Nutrition Info, dalam satu potong burnt cheesecake tersimpan 350 kalori.

Perlu diketahui, angka kebutuhan lemak harian tubuh adalah 60 gram. Dengan mengonsumsi satu potong kue, maka kebutuhan lemak harian sudah terpenuhi sebanyak 58 persen.

Selain itu, kue ini juga mengandung lemak jenuh sebanyak 20 gram di mana sudah melebihi batas maksimal konsumsi harian.

Untuk itu, saran penyajian dan konsumsi yang aman untuk basque cheesecake harus dipahami. Agar kue lebih sehat, maka kamu bisa mengganti cream cheese full lemak menjadi cream cheese yang low fat atau rendah lemak.

Kadar gula dalam kue keju ini juga bisa kamu kurangi. Namun, ketika gula dikurangi maka warna gosong atau tampilan terbakar pada kue juga akan berkurang sehingga tidak terlalu mirip dengan burnt basque cheesecake yang asli.

Resep burnt basque cheesecake yang sehat

Jika kamu takut mengonsumsi burnt basque cheesecake dengan resep asli karena kandungannya yang tidak menyehatkan tubuh, maka bisa mencari alternatif lain. Salah satu alternatif adalah mengganti bahan-bahan dengan yang lebih sehat.

Resep burnt basque cheesecake sehat yang bisa diikuti, yakni:

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 500 gram keju krim Philadelphia
  • 140 gram pemanis alami
  • 250 ml krim kental
  • 4 butir telur.

Cara pembuatan:

  • Setelah bahan-bahan siap, panaskan oven hingga 200 derajat Celcius (panas atas dan bawah).
  • Sambil menunggu oven panas, campurkan krim keju dengan gula secara bertahap ke dalam mixer.
  • Selanjutnya, tambahkan telur satu per satu dan pastikan telur menyatu dengan krim keju dan campur juga krim kental perlahan lalu kocok hingga tercampur rata.
  • Lapisi loyang kue 8 inci dengan kertas roti, dan pastikan kertasnya memanjang sekitar 2 inci di atas tepi loyang karena kue akan naik di atas tepi saat dioven.
  • Semprotkan air pada kertas dan loyang, lalu tuang adonan ke dalam loyang dan ketuk beberapa kali untuk mengeluarkan gelembung udara yang terperangkap.
  • Panggang selama 60 menit di oven sampai bagian atasnya berwarna coklat tua tetapi hindari agar kue tidak sampai hangus karena akan overbake dan terasa pahit.

Setelah 60 menit, keluarkan kue dan biarkan hingga dingin pada suhu kamar selama 30 menit. Keluarkan kue dari loyang dan lepaskan kertas roti dari samping agar lebih dingin. Burnt basque cheesecake yang sehat siap disajikan.

Baca juga: Mengenal Aquafaba: Pengganti Telur bagi Para Vegetarian

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Nutrition Info, diakses 16 Agustus 2021. Basque Burnt Cheese Cake
  2. The Little Epicurean, diakses 16 Agustus 2021. Basque Cheesecake
  3. Craft Passion (2018), diakses 16 Agustus 2021. KETO BASQUE BURNT CHEESECAKE
  4. Detik.com (2020), diakses 16 Agustus 2021. Basque Burnt Cheesecake, Kue Keju Gosong dari Spanyol yang Hits
    register-docotr