Diet dan Nutrisi

Wajib Tahu, Ini 7 Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Program Diet Kamu

September 6, 2020 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Memiliki bentuk tubuh ideal dan sehat tentu menjadi impian banyak orang. Tak sedikit juga yang menjalani diet dengan mengonsumsi buah-buahan.

Lantas, buah apa saja yang bagus untuk mendukung upaya dietmu? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Pilihan buah yang bagus untuk diet

Tentu saja semua jenis buah memiliki kandungan yang bagus untuk kesehatan tubuh. Namun, ada beberapa buah yang sangat bagus untuk dikonsumsi agar program diet lebih efektif:

1. Apel

Buah apel memang rendah kalori dan tinggi serat. Satu buah apel mengandung 116 kalori dan 5,4 gram serat per buah besar.

Buah apel memang menjadi salah satu menu buah-buahan yang paling efektif untuk dikonsumsi selama melakukan diet.

Dilansir dari healthline.com, sebuah penelitian menunjukkan bahwa seorang perempuan diberi tiga buah apel, tiga buah pir, atau tiga kue gandum dengan nilai kalori yang sama setiap hari selama 10 minggu.

Ketika memakan buah apel perempuan tersebut kehilangan berat badan sebanyak 2 pon (0,91 kg) dan ketika memakan buah pir 1,6 pon (0,84 kg), sedangkan berat kelompok kue gandum tidak berubah.

Baca juga: Selain untuk Diet, Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Ternyata Bisa Memperpanjang Usia Lho!

2. Semangka

Buah semangka mengandung banyak sekali air dan sering disarankan untuk dikonsumsi saat diet. Hal tersebut karena semakin banyak kamu mengonsumsinya, tubuh akan tetap terhidrasi serta perut terasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengolah buah semangka ini sebagai camilan di sela-sela jam makan utama, serta dapat dijadikan campuran dalam salad, lho.

3. Pisang

Pisang sering dianggap sebagai buah yang dapat menambah bobot berat badan, padahal ini merupakan buah untuk diet yang baik. Bahkan ada salah satu jenis diet yang dinamakan diet pisang, yakni diet yang dilakukan dengan mengonsumsi 1-4 buah pisang sebagai menu sarapan.

Untuk mendapatkan manfaat ini, pilihlah pisang yang berukuran sedang dan tidak terlalu matang. Pisang dapat menjadi sumber energi pada orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan maupun selepas berolahraga.

3. Pir

Buah pir untuk diet juga baik dikonsumsi karena kandungan serat pektin di dalam daging buahnya. Pektin terbukti dapat menekan nafsu makan, sedangkan serat bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, buah pir juga mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Jadi ketika memakan buah pir untuk diet, kamu sekaligus melindungi jantung dari risiko penyakit, seperti stroke maupun serangan jantung.

4. Kiwi

Buah kiwi adalah buah kecil berwarna coklat dengan daging berwarna hijau terang atau kuning dan memiliki biji berwarna hitam kecil. Buah ini sangat padat nutrisi karena sebagai sumber vitamin C, vitamin E, folat, dan serat yang sangat baik, dan memiliki manfaat kesehatan signifikan.

Dilansir dari healthline.com, kiwi memiliki indeks glikemik yang rendah jadi meskipun mengandung gula, kiwi lebih lambat dalam menghasilkan lonjakan gula darah.

Selain itu, kiwi kaya akan serat makanan. Satu buah kecil yang dikupas memiliki lebih dari 2 gram serat, sementara kulitnya sendiri menyediakan 1 gram serat tambahan.

Diet tinggi serat dari buah-buahan dan sayuran telah terbukti meningkatkan kesehatan tubuh hingga sistem pencernaan.

Buah kiwi teksturnya sangat lembut, rasanya manis, dan lezat saat dimakan mentah. Kamu juga dapat mengolahnya menjadi jus, salad, atau ditambahkan ke sereal saat sarapan lho.

5. Jeruk

Jeruk yang memiliki rasa manis tentu menjadi salah satu buah paling digemari oleh kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Kebanyakan orang yang sedang dalam program diet biasanya mengonsumsi jeruk bali.

Perlu kamu ketahui bahwa setengah jeruk bali merah berukuran sedang mengandung 60 kalori. Tak hanya itu, jeruk bali juga kaya akan air sehingga kamu yang rutin mengonsumsinya akan terhindar dari dehidrasi saat menjalani diet.

Jeruk bali merah mengandung naringin dan zat tersebut mampu menurunkan kadar gula darah sekaligus membantu menurunkan berat badan.

6. Plum

Melansir penjelasan Healthline, buah plum untuk diet memang bagus dikonsumsi karena memiliki banyak gizi untuk kesehatan tubuh. Mereka mengandung banyak vitamin dan mineral, selain serat dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko beberapa penyakit kronis.

Kamu bisa mengonsumsi buah plum untuk diet dalam bentuk segar ataupun kering. Plum atau plum kering dikenal dapat memperbaiki beberapa kondisi kesehatan, termasuk sembelit dan osteoporosis.

7. Mangga 

Mungkin banyak orang menjauhi buah mangga untuk diet karena dianggap cepat membuat berat badan naik drastis. Padahal hal tersebut tidak selalu terjadi asalkan kamu bisa mengatur porsi makan dengan baik. 

Sebaiknya makan mentah buah mangga daripada harus dibuat jus, jangan makan berbarengan ketika anda makan siang, kemudian hindari konsumsi olahan mangga yang di produksi toko, dan terakhir makanlah buah ini sebelum kamu melakukan kegiatan olahraga. 

Pilihan olahan jus untuk diet 

Selain deretan buah di atas, ada juga beberapa jus untuk diet yang bagus dikonsumsi sebagai pengganti sementara makanan-makanan berat yang banyak mengandung kalori:

Apa saja ya pilihan olahan jus untuk diet yang bisa kamu coba?

1. Jus wortel untuk diet

Seperti dilansir dari Food NDTV, jus wortel sangat bagus untuk menurunkan berat badan karena rendah kalori dan penuh serat. Satu gelas jus wortel akan membuat kamu kenyang hingga makan siang, jadi tidak perlu khawatir tentang serangan rasa lapar di jam-jam camilan. 

Cara terbaik untuk mengonsumsi wortel adalah dalam bentuk mentahnya. Oleh karena itu, membuat jus bisa menjadi ide yang bagus. Jus wortel juga dikenal meningkatkan sekresi empedu yang membantu membakar lemak sehingga membantu menurunkan berat badan.

Kamu bisa menambahkan apel, setengah jeruk, dan sedikit jahe untuk membuat minuman detoksifikasi yang luar biasa dan akan mengeluarkan semua racun. 

2. Jus buah naga untuk diet 

Perlu kamu ketahui bahwa jus buah naga ini bisa menjadi salah satu cara efektif sebagai makanan utama saat kamu sedang diet.

Alasannya karena buah naga mengandung beberapa nutrisi penting bagi tubuh seperti antioksidan, kalsium, magnesium, fosfor, vitamin A, B, C dan E, dan beta karoten. Selain itu buah naga juga untuk diet juga baik karena sedikit mengandung kalori.

3. Jus jeruk untuk diet

Jus jeruk yang baru diperas bisa menjadi alternatif yang lebih sehat dan rendah kalori. Jeruk dianggap sebagai buah berkalori negatif yang artinya mengandung lebih sedikit kalori daripada yang dibutuhkan tubuh untuk membakarnya. 

Melansir penjelasan dari laman Food NDTV, membuat jus untuk menurunkan berat badan bukanlah konsep baru.

Namun, yang perlu kamu ingat bahwa mengonsumsi jus untuk diet bukan melakukan diet cairan, tetapi menambahkan jus segar tertentu ke dalam makanan harian yang dapat membantu mempercepat penurunan berat badan. 

Minum jus segar juga merupakan cara yang bagus untuk menambah berbagai mineral, vitamin, serat, dan antioksidan yang semuanya membantu meningkatkan metabolisme di dalam tubuhmu. 

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. healthline.com (2019) diakses 9 Juni 2020. The 11 Best Fruits for Weight Loss
  2. lifehack.org (2020) diakses 9 Juni 2020. 15 of the Best Fruits for Weight Loss and How to Enjoy Them Daily 
  3. eatingwell.com (2020) diakses 9 Juni 2020. 7 Fruits to Add to Your Diet to Help You Lose Weight
  4. healthywomen.org (2017) diakses 9 Juni 2020. WEIGHT LOSS 
  5. Healthline.com (2018) diakses 6 September 2020. 7 Great Reasons to Add Dragon Fruit to Your Diet 
  6. Healthline.com (2017) diakses 6 September 2020. 7 Health Benefits of Plums and Prunes  
  7. Food.ndtv.com (2019) diakses 6 September 2020. 10 Fat Burning Juices You Must Have for Quick Weight Loss 
    register-docotr