Kesehatan Mental

Mengenal Bach Flower Remedies, Terapi Bunga untuk Atasi Kecemasan

December 24, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Bach flower remedies merupakan pengobatan alternatif yang digunakan untuk membantu mengatasi masalah emosional dan kecemasan. Terapi satu ini menggunakan ekstrak encer dari bunga tanaman liar.

Pengobatan dengan bunga tanaman liar biasanya direkomendasikan oleh praktisi untuk masalah psikologis dan rasa sakit. Nah, untuk mengenal bach flower remedies lebih lanjut yuk simak penjelasannya berikut.

Baca juga: Pilihan Terapi untuk Mengatasi Saraf Kejepit, Apa Saja?

Fakta mengenai bach flower remedies

Dilansir dari Webmd, Edward Bach yakni seorang dokter medis dan ahli homeopati menciptakan pengobatan dengan bunga tanaman liar pada awal tahun 1900-an. Homeopati adalah kepercayaan bahwa tubuh dapat menyembuhkan dirinya sendiri. 

Hal ini menggunakan sejumlah kecil zat alami, seperti tumbuhan dan mineral untuk merawat tubuh dan pikiran. Ide dibalik bach flower remedies mirip dengan homeopati namun menggunakan lebih sedikit bahan dan tidak bekerja secara langsung pada gejala fisik melainkan emosi.

Bach percaya bahwa menyembuhkan emosi negatif dapat membantu tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Cara kerja dari pengobatan ini tidak bergantung pada mekanisme molekuler atau farmakologis namun pada energi halus yang ditransmisikan dari bunga.

Secara khusus, bantuan emosi negatif dan promosi pikiran positif termasuk bagaimana klien membuka diri, penanganan, masalah emosional.

Indikasinya adalah potensi pengobatan bunga sebagai agen terapeutik dalam menghilangkan rasa sakit memang ada dan layak untuk penyelidikan kualitatif dan kuantitatif.

Manfaat dari bach flower remedies

Terapi bach flower remedies merupakan metode untuk menyembuhkan dan mencegah gangguan fisik atau emosional. Cara terapi ini bekerja adalah dengan mengatasi ketidakseimbangan emosi yang ada dalam diri.

Pengobatan dengan bach flower remedies bisa dilakukan dengan memilih bunga sesuai masalah emosional atau yang menjadi akar permasalahan. Caranya, kamu bisa memilih satu pengobatan atau mencampurkan beberapa. 

Bach flower remedies telah menjadi alternatif yang baik untuk psiko-farmasi dan terbukti sangat efektif karena memiliki sedikit efek sekunder. Perlu diketahui juga, hanya sekitar kurang dari 2 persen orang yang menggunakan terapi ini menunjukkan intoleransi lambung.

Cara penggunaan bach flower remedies biasanya berupa cairan dalam botol penetes. Penggunanya bisa memberikan obat ke lidah langsung atau mencampurkannya dalam segelas air untuk diminum.

Dosis pemakaian dari bach flower remedies cukup bervariasi, namun kebanyakan orang minum beberapa tetes dalam sehari. Bach flower remedies sendiri tersedia dalam berbagai bentuk, yakni pil, semprotan, krim kulit, dan garam mandi.

Orang-orang telah menggunakan pengobatan dengan bunga tanaman liar untuk berbagai kondisi. Beberapa kondisi yang dimaksud, seperti kecemasan, depresi, stres, trauma emosional, fisik, terinfeksi kanker, hingga HIV.

Hasil dari pengobatan ini juga cukup beragam, terutama jika menyangkut tentang apakah penderita merasa terbantu dalam masalah emosional dan rasa sakit. Karena itu, masih banyak yang belum yakin mengenai keefektifan pengobatan bach flower.

Beberapa orang percaya jika kesembuhan yang didapatkan hanyalah efek plasebo. Efek ini maksudnya adalah sesuatu yang membantu karena orang mengharapkannya berhasil dalam menangani suatu masalah.

Adakah efek samping dari bach flower remedies?

Meskipun bach flower remedies terbukti aman untuk digunakan, namun beberapa diantaranya mengandung sedikit alkohol. Karena itu, ketika membelinya maka wajib untuk memeriksa label jika ingin menghindari masalah tersebut.

Pastikan juga untuk tidak memakai bach flower remedies sebagai pengganti obat yang telah diresepkan. Ketika ingin beralih ke pengobatan dengan bach flower, maka ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli.

Segera bicarakan dengan dokter jika mengalami efek samping setelah menggunakan bach flower remedies. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penanganan tepat yang dapat dilakukan.

Baca juga: Manfaat Buah Lontar, sebagai Pemanis bagi Penderita Diabetes hingga Cegah Dehidrasi!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

register-docotr