Kesehatan Mental

7 Tips Mengatasi Kesepian dan Kesedihan agar Tak Berujung Depresi

October 1, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Mengatasi kesepian dan kesedihan di tengah kondisi pandemi saat ini mungkin terasa sulit. Apalagi bagi kamu yang tinggal sendiri.

Kondisi yang mengharuskan masyarakat menjalani karantina dan di rumah saja sangat mungkin membuat kamu merasa kesepian, sedih, dan berujung depresi.

Melansir Very Well Mind, penelitian mengaitkan isolasi sosial dan kesepian dengan kesehatan mental dan fisik yang buruk.

Baca Juga: Deteksi Ciri-ciri Remaja Depresi dan Ketahui Bagaimana Peran Orang Terdekat

Tips mengatasi kesepian dan kesedihan

Makanya kamu harus mengatasi rasa kesepian dan kesedihan sedini mungkin, berikut beberapa tipsnya!

1. Sadarilah bahwa kesepian adalah perasaan, bukan fakta

Tips mengatasi kesepian dan kesedihan yang pertama adalah jangan mau dibohongi perasaan. Saat kamu merasa kesepian, itu karena sesuatu telah memicu ingatan akan perasaan itu, bukan karena kamu pada kenyataannya, terisolasi dan sendirian.

Otak dirancang untuk memerhatikan rasa sakit dan bahaya, dan itu termasuk perasaan menakutkan yang menyakitkan, karena itu kesepian menarik perhatian kita.

Tapi kemudian otak mencoba memahami perasaan itu. Mengapa saya merasa seperti ini? Apakah karena tidak ada yang mencintaiku? Karena saya pecundang? Karena mereka semua jahat? 

Teori tentang mengapa kamu merasa kesepian bisa membingungkan dengan fakta. Kemudian itu menjadi masalah yang lebih besar jadi sadarilah bahwa kamu mengalami perasaan ini dan terima tanpa bereaksi berlebihan.

2. Baiklah pada diri sendiri

Penting untuk mempraktikkan belas kasihan diri ketika kamu gagal dalam banyak hal. Ingat, semua orang gagal, dan tidak perlu menjadi  penindas  bagi diri sendiri, merasa bersalah, atau merendahkan diri.

Sikap menyalahkan diri sendiri tidak akan membantu kamu mengurangi kesepian, sekarang atau di masa depan. Sebaliknya, cobalah berbicara kepada diri sendiri dengan cara yang suportif, baik hati, dan perhatian.

Kamu akan lebih mungkin untuk mengakui kesalahan yang mungkin telah kamu buat dalam upaya mengurangi kesepian, dan semoga menjadi lebih baik di lain waktu.

3. Cara mengatasi kesepian dan kesedihan dengan manfaatkan momen saat ini

Ketika kamu merasa nyaman tentang sesuatu, bagikan dengan orang lain segera, itu bukan berarti kamu harus “berbagi” dengan memposting di media sosial ya. 

Kamu dapat berbagi dengan menelepon atau mengirim chat ke teman. Atau bagikan dengan orang yang bekerja dengan kamu. Ingatlah bahwa hal positif yang dapat kamu bagikan tidak harus hal besar. 

Kamu bisa saja bangun di sisi kanan tempat tidur dan berpikir, “Hei, saya merasa baik hari ini.” Dengan berbagi momen-momen ini, kamu menciptakan momen-momen kecil menikmati hubungan dengan orang lain yang dapat membantumu mengatasi kesepian.

Baca Juga : Sering Dianggap Sama, Ini Lho Perbedaan Stres dan Depresi

4. Terhubung dalam kehidupan nyata

Tips mengatasi kesepian dan kesedihan selanjutnya adalah jaga hubungan dengan orang lain. Mungkin hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk memerangi kesepian selama periode isolasi ini adalah berhubungan dengan orang lain dengan cara yang tidak tradisional.

Meskipun kamu mungkin tidak dapat mengunjungi keluarga dan teman secara langsung, itu tidak berarti kamu tidak dapat terhubung.

Cobalah untuk lebih sering melakukan video call atau chat kepada keluarga, sahabat, atau teman lama yang mungkin sudah jarang kamu kabari.

5. Pikirkan kembali bagaimana kamu menghabiskan waktu luang

Saat kita merasa kesepian, terkadang kita hanya ingin menyingkir dan bersembunyi. Di lain waktu, daftar tugas yang tidak ada habisnya membuat kita terlalu lelah untuk keluar dan bersosialisasi.

Tetapi memilih untuk tinggal sendirian setiap malam dengan ponsel kita, menonton Netflix, atau bermain di Facebook benar-benar dapat membuat kita terjebak dalam kesepian. 

Kita telah menciptakan kehidupan untuk diri kita sendiri yang membuat kita kehilangan hubungan sosial yang berarti, dan satu-satunya cara untuk keluar darinya adalah mulai hidup secara berbeda.

Dengan memilih untuk mengatasi kesepian kita dengan mencari dukungan sosial, kita menciptakan lebih banyak momen sosial dengan orang-orang dalam hidup kita yang berarti bagi kita, yang biasanya mengurangi kesepian kita.

6. Mengatasi kesepian dan kesedihan dengan berhenti terlalu fokus pada diri kamu

Hampir tak terelakkan di dunia yang gila teknologi modern ini, kita mulai percaya bahwa kita tidak punya cukup uang. Melihat teman di medsos mendapat mobil baru, rumah baru, pekerjaan baru. 

Akibatnya, kita menjadi semakin fokus pada bagaimana kita tidak sebanding dengan orang lain. Alih-alih berfokus pada apa yang bisa kamu peroleh,  alihkan fokus ke apa yang bisa kamu berikan. 

Kamu dapat menjual kaos online untuk mengumpulkan uang untuk tujuan yang baik. Kamu bisa meminta teman menyumbang untuk amal di hari ulang tahunmu.

Dengan memberi kepada orang lain, kamu mengalihkan fokus dari diri sendiri dan berbuat baik pada saat yang sama, membantu orang lain membuat kamu merasa lebih terhubung dan tidak terlalu kesepian.

Baca Juga : Mengenal Faktor Penyebab Depresi dan Cara Mengatasinya

7. Hentikan siklus pikiran negatif

Tips mengatasi kesepian dan kesedihan yang terakhir adalah hentikan berpikiran negatif. Kita mungkin berulang kali memikirkan tentang apa yang bisa kita lakukan secara berbeda untuk mencegah diri kita merasa sendirian. 

Kita merenungkan peristiwa atau orang atau sebab, karena kita secara keliru percaya bahwa memikirkan tentang kesepian kita berulang kali akan membantu kita menyelesaikannya. 

Sayangnya, tidak ada gunanya kita terjebak dalam pikiran kita alih-alih mengambil tindakan yang kita butuhkan untuk merasa lebih baik. Untuk mengakhiri siklus pemikiran negatif ini, kita perlu mengambil tindakan dan melakukan sesuatu yang berbeda yang menghentikan pemikiran ini dan mengubah pengalaman kita di dunia. 

Misalnya, jika saya merasa kesepian, saya akan pergi ke gym atau menjadwalkan makan siang dengan teman-teman untuk beberapa hari ke depan. Itu akan membantu.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Verywell Mind. Diakses pada 30 September 2020. How to Cope With Loneliness During the Coronavirus Pandemic

Psychology Today. Diakses pada 30 September 2020. Feeling Lonely? Discover 18 Ways to Overcome Loneliness

PsychCentral. Diakses pada 30 September 2020. 10 More Ideas to Help With Loneliness

    register-docotr