Kulit & Perawatan Tubuh

Usir Jerawat sampai Redakan Iritasi, Kenali 7 Manfaat African Black Soap

March 14, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
feature image

African black soap atau sabun hitam afrika mungkin bukan sesuatu yang sering kamu dengar manfaatnya.

Tapi akhir-akhir ini, ada semakin banyak orang yang membahas manfaat sabun tersebut untuk menyembuhkan, menyegarkan, dan memperbaiki kondisi kulit.

Jadi jika kamu belum tahu fakta-fakta seputar sabun tradisional dari Afrika Barat ini. Mari baca terus artikel di bawah, untuk mengetahui informasi mengenai hal seputar itu.

Baca juga: Mengenal Calendula: Bahan Skincare untuk Perawatan Kulit Lebih Sehat

Apa itu african black soap?

Dilansir dari Healthline, sabun ini merupakan produk perawatan kulit terkini yang bisa menjadi solusi untuk jerawat, hiperpigmentasi, stretch mark, dan masalah kulit lainnya.

Memiliki harga yang terbilang murah, sabun hitam afrika juga asli dibuat dengan tangan dari bahan-bahan yang alami.

Sabun ini diklaim bebas dari pewarna, pewangi, dan bahan tambahan lain yang dapat menghilangkan kemurniannya.

Kandungan sabun hitam afrika

Dilansir dari Medicalnewstoday, sebuah penelitian menunjukkan bahwa sabun ini dibuat berdasarkan resep tradisional. Komposisi utamanya terdiri dari minyak inti sawit dan filtrat abu buah kakao yang dibakar.

Mengingat sabun ini dibuat dari tanaman yang dipanen secara lokal. Maka bahan bakunya bisa jadi memiliki perbedaan di masing-masing wilayah.

Namun hampir semuanya mengandung air, kulit pisang raja panggang atau buah kakao, minyak inti sawit, atau shea butter.

Bahan-bahan tersebut mengandung antioksidan dan sifat pelembap yang membuat sabun ini memiliki kualitas perawatan kulit sangat baik.

Manfaat sabun hitam Afrika

Penjelasan di bawah mencantumkan beberapa manfaat potensial dari african black soap.

1. Memiliki sifat antibakteri

Sabun hitam dari Afrika ini bisa membantu menghilangkan bakteri dari kulit. Satu studi di Journal of Microbiology and Biotechnology Research, membandingkan sabun hitam afrika dengan sabun obat biasa.

Hasilnya diketahui bahwa sabun ini lebih efektif menghilangkan dan mengurangi bakteri tertentu, seperti:

  • Staphylococcus aureus
  • Staphylococcus epidermidis
  • Bacillus spp.
  • Escherichia coli
  • Corynebacterium spp.

2. Mengobati jerawat

Kegunaan lain dari african black soap atau sabun hitam afrika adalah untuk membantu mengatasi jerawat. Menurut survei yang mempertanyakan 100 pengguna sabun ini, 23 persen di antaranya menggunakan sabun ini untuk perawatan jerawat.

Dari jumlah tersebut, diketahui sebanyak 39 persen melaporkan bahwa mereka “sangat puas” dengan hasil yang diperoleh terhadap kulitnya.

Mayoritas peserta dalam survei ini juga merasa bahwa sabun hitam afrika efektif membantu mengatasi gangguan kondisi kulit yang dialami.

3. Mengurangi munculnya bintik hitam

Bintik hitam, juga dikenal sebagai hiperpigmentasi atau bintik penuaan, adalah area kulit yang tampak lebih gelap daripada yang lain.

Menurut sebuah survei, sebanyak 45 persen orang melaporkan “sangat puas” dengan penggunaan sabun hitam untuk mengurangi munculnya bintik hitam pada wajah mereka.

Baca juga: Suntik Putih: Kenali Efek Sampingnya Sebelum Mencoba

4. Membantu memperbaiki tekstur kulit

Sabun hitam afrika penuh dengan bahan-bahan alami, tetapi sebagian dari manfaatnya justru berasal dari bentuknya.

Ketika dibiarkan tidak diolah, bahan mentah yang membentuk sabun hitam akan menghasilkan produk dengan tekstur lebih halus daripada sabun batangan pada umumnya.

Ini menjadikannya pengelupas alami, yang dapat membantu memperbaiki tekstur kulit.

5. Meredakan iritasi

Sabun hitam afrika juga dapat meredakan gatal dan iritasi yang disebabkan oleh eksim, dermatitis kontak, dan alergi kulit.

Bahkan ini juga dapat membantu membersihkan ruam yang berhubungan dengan psoriasis. Untuk memaksimalkan manfaat tersebut, gunakan african black soap dengan tambahan oatmeal.

6. Antiinflamasi

Sabun ini kaya akan vitamin A dan E. Keduanya merupakan senyawa antioksidan yang dapat membantu memerangi radikal bebas dan membantu menjaga jaringan kulit agar tetap sehat.

Ini mungkin bermanfaat bagi orang yang memiliki kondisi peradangan seperti rosacea.

7. Bersifat antijamur

Satu studi tentang efek sabun hitam afrika menemukan fakta bahwa produk tersebut efektif untuk tujuh jenis jamur.

Ini termasuk ragi Candida albicans yang umum terdapat pada kulit. Kamu juga bisa memakai sabun ini dengan aman untuk membantu mengobati jamur kuku kaki dan kutu air.

Cara penggunaan african black soap

Sabun hitam afrika dapat menyebabkan iritasi atau kemerahan. Untuk membantu meringankan ini, kamu hanya boleh menggunakannya sedikit saja.

Alih-alih mengoleskannya langsung ke kulit, kamu juga harus mengoleskan sedikit busanya di tangan, baru menggosokkannya ke wajah, tubuh, atau rambut yang sudah dibasahi.

Kamu juga disarankan untuk mencuci sabun dengan air hangat, dan jika telah digunakan pada rambut, maka kamu harus menggunakan kondisioner setelah keramas.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

What to know about African black soap, https://www.medicalnewstoday.com/articles/african-black-soap-benefits#possible-benefits diakses pada 13 Maret 2021

African Black Soap Benefits: 13 Reasons Why It’s an Ultimate Beauty Buy, https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/african-black-soap-benefits#antifungal diakses pada 13 Maret 2021

What is African Black Soap?, https://www.pharmaca.com/projectwellness/what-is-african-black-soap/ diakses pada 13 Maret 2021

The Healing Properties of African Black Soap, https://www.moreyoga.co.uk/the-healing-properties-of-african-black-soap/ diakses pada 13 Maret

 

 

 

    register-docotr