Diet dan Nutrisi

Makan Mie Bukan Pilihan Tepat Jika Kamu Sedang Menjalankan Program Diet Lho

March 14, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Kamu wajib tahu kandungan nutrisi mie atau bihun apabila ingin menyantapnya. Apalagi jika kamu sedang berniat untuk diet dan mengurangi karbohidrat.

Nah, agar tidak salah pilih makanan, berikut adalah kandungan nutrisi pada mie atau bihun yang perlu kamu ketahui.

Sudahkah kamu mengetahui kandungan nutrisi mie atau bihun?

Untuk lebih mengenal kandungan mie atau bihun, sebaiknya kamu mengetahui kandungan nutrisi, terutama kalori dan karbohidrat dari kedua makanan tersebut. 

Kandungan kalori dan karbohidrat dalam satu porsi mie

Mie adalah salah satu makanan yang memiliki banyak variasi, salah satu yang mudah dibuat dan memiliki rasa yang enak adalah mie instan.

Dibandingkan dengan satu porsi nasi, satu porsi mie instan memang memiliki kalori dan karbohidrat yang lebih rendah. Satu porsi nasi mengandung 242 kalori dan 53,4 gram karbohidrat. 

Sementara satu bungkus mie instan, kira-kira memiliki 188 kalori dan 27 gram karbohidrat. Jika dilihat dari angkanya, kamu mungkin akan berpikir ini adalah pilihan yang baik untuk diet. 

Tetapi sayangnya, mie instan bukanlah kategori makanan sehat. Meski memiliki sejumlah serat dan protein serta kandungan nutrisi lain, mie instan dianggap masih rendah nutrisi. 

Dilansir dari Healthline, kamu membutuhkan makanan yang kaya protein dan serat saat menjalankan diet. Karena jika mengonsumsi makanan rendah protein dan serat, kamu akan tetap merasa lapar. Dengan kata lain, ini tidak mendukung program penurunan berat badanmu.

Di samping itu, kebanyakan mie instan mengandung monosodium glutamat (MSG) untuk penambah rasa. Meski dianggap aman oleh badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat, tetapi MSG diketahui dapat menimbulkan efek samping sakit kepala, mati rasa dan jantung berdebar.

Kandungan kalori dan karbohidrat dalam satu porsi bihun

Jika kandungan kalori dan karbohidrat satu porsi mie lebih rendah dibandingkan satu porsi nasi, bagaimana dengan kandungan bihun? 

Menurut U.S. Department of Agriculture (USDA), bihun instan mengandung 170 kalori dan 37 gram karbohidrat untuk setiap porsinya.

Kandungan lainnya pun tak jauh berbeda dengan mie. Mie atau bihun sama-sama memiliki kandungan serat dan protein yang rendah, yakni 3 gram protein dan 0.99 serat. Sehingga mie atau bihun sama-sama bukan kategori makanan yang bisa mendukung program dietmu. 

Jika bukan mie atau bihun, makanan apa yang cocok untuk diet?

Mengurangi karbohidrat adalah langkah yang baik. Kamu bisa mengurangi sekitar 50 sampai 150 gram karbohidrat per harinya. Cara menghitungnya adalah 45 sampai 65 persen asupan kalori seseorang berasal dari karbohidrat. 

Jadi, jika kamu membutuhkan 2000 kalori setiap harinya, maka total karbohidrat yang dibutuhkan sebanyak 300 gram per hari. Jika dikurangi 50 hingga 150 gram, maka kamu membutuhkan 150 sampai 250 gram karbohidrat setiap harinya. 

Kamu bisa mengurangi porsi nasi atau mencari alternatif pengganti nasi. Salah satu pilihan terbaik adalah mie shirataki. Karena tidak mengandung karbohidrat, rendah kalori namun kaya akan serat.

Beberapa alternatif makanan yang rendah karbohidrat dan dapat mendukung penurunan berat badan di antaranya:

  • Pasta rumput laut
  • Kembang kol
  • Terong
  • Spaghetti squash, yang kandungan karbohidratnya hanya 20 persen dari pasta lain pada umumnya

Perkaya dengan asupan nutrisi lain

Jangan lagi pusing memikirkan mie atau bihun, karena keduanya bukan pilihan yang tepat untuk diet. Tapi selama diet, kamu juga membutuhkan asupan lain seperti lemak sehat, protein dan sayuran. 

Lemak sehat bisa kamu dapat dari alpukat atau ikan tertentu seperti salmon dan mackerel. Kamu juga bisa menambahkan minyak zaitun ke dalam makanan sebagai sumber lemak sehat untuk asupan diet. 

Sementara untuk protein dan sayuran, berikut daftar yang baik untuk mendukung penurunan berat badanmu.

Sumber protein yang sehat:

  • Daging sapi
  • Ayam
  • Domba
  • Trout
  • Udang
  • Salmon
  • Telur
  • Kacang-kacangan
  • Quinoa
  • Tempe
  • Tahu

Sayuran yang baik untuk diet:

  • Brokoli
  • Kembang kol
  • Bayam
  • Tomat
  • Kol
  • Kubis brussel
  • Swiss Chard
  • Selada
  • Timun

Punya pertanyaan lebih lanjut? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 9 Maret 2021
Are Instant Noodles Bad for You?
Healthline, diakses 9 Maret 2021
How to Lose Weight Fast: 3 Simple Steps, Based on Science
Healthline, diakses 9 Maret 2021
Shirataki Noodles: The Zero-Calorie ‘Miracle’ Noodles
Livestrong, diakses 9 Maret 2021
Nutritional Value of Vermicelli Rice Noodles
USDA, diakses 9 Maret 2021
Instan Rice, Vermicelli Noodles
Verywellfit, diakses 9 Maret 2021
Rice Nutrition Facts and Health Benefits

    register-docotr