Kulit & Perawatan Tubuh

Tips Menghilangkan Kerutan di Sekitar Bibir dan Mata Secara Alami

April 4, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Kerutan dapat terjadi saat kulit kehilangan kolagen. Ini adalah serat protein yang membuat kulit menjadi kencang dan kenyal.

Kehilangan kolagen akan terjadi secara alami seiring bertambahnya usia. Umumnya kerutan paling terlihat menonjol di area wajah yang lebih tipis, termasuk di sekitar mulut dan mata.

Meskipun keriput wajar terjadi, tapi ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membantu menghilangkannya secara alami.

Baca juga: Cara Mengatasi Flek Biru di Wajah akibat Pemakaian Pencerah Kulit

Tips menghilangkan kerutan di sekitar bibir (smile lines)

Dilansir dari Healthline, area mulut adalah salah satu tempat pertama di wajah yang mungkin menimbulkan kerutan. Salah satunya karena ketipisan kulit yang sudah memiliki lebih sedikit kolagen dibandingkan dengan area wajah lainnya.

Ada beberapa pengobatan rumahan yang bisa dicoba untuk menghilangkan kerutan ringan hingga sedang di sekitar mulut.

1. Minyak esensial

Saat diencerkan dengan carrier oil, minyak esensial tertentu dapat meningkatkan kekencangan dan pergantian sel kulit di area bibir.

Sebelum mengoleskan minyak esensial encer ke wajah, kamu sebaiknya melakukan uji coba pada bagian dalam siku beberapa hari sebelumnya. Ini bertujuan untuk memastikan kamu tidak alergi terhadap minyak tersebut.

Jika aman, oleskan sedikit minyak essensial yang dicampur carrier oil dengan ujung jari ke area sekitar bibir sebanyak dua kali sehari. Kamu dapat mempertimbangkan untuk mencoba minyak esensial berikut:

  1. Frankincense untuk meningkatkan pergantian sel
  2. Lemon, karena kandungan antioksidannya bisa mengencangkan kulit (jangan digunakan sebelum terpapar sinar matahari)
  3. Lavender, karena sifat anti-oksidatif dan penyembuhan luka
  4. Kayu cendana, karena memiliki efek anti inflamasi

2. Minyak tumbuhan

Beberapa minyak nabati yang biasa dipakai memasak juga dikenal berfungsi sebagai perawatan noda untuk keriput sekaligus memberikan kelembapan.

Penelitian menunjukkan bahwa minyak nabati mengandung asam lemak esensial, yang dapat meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit. Tak hanya itu, ini juga mampu memerangi tanda-tanda penuaan akibat sinar matahari.

Caranya cukup oleskan sedikit ke area sekitar bibir yang memiliki kerutan sebanyak dua kali sehari. Tidak seperti minyak esensial, minyak nabati mungkin juga cukup aman untuk digunakan langsung kepada bibir.

Pertimbangkan untuk mencoba yang salah satu minyak tumbuhan berikut ini:

  1. Minyak jarak
  2. Minyak kelapa
  3. Minyak biji anggur
  4. Minyak zaitun
  5. Minyak bunga matahari

Tips menghilangkan kerutan di sekitar mata (crow’s feet)

Crow’s feet adalah kerutan yang terukir di sudut mata. Tidak seperti kerutan atau garis ekspresi di area wajah lainnya, keriput dapat terlihat lebih dalam atau lebih jelas di kulit.

Beberapa penyebab utama keriput termasuk paparan sinar UV dan hilangnya kolagen serta elastisitas karena usia.

Kondisi ini tidak bisa dicegah seluruhnya. Namun, ada beberapa tindakan yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi tingkat keparahan dan kedalaman kerutannya di dalam kulit, termasuk:

1. Masker wajah putih telur

Putih telur mengandung magnesium yang bagus untuk tubuh karena mampu mengeluarkan racun dan membersihkan kulit. Selain itu, putih telur akan menyatukan kulit dan membuatnya tampak lebih halus.

Untuk menyiapkan masker wajah putih telur, kocok putih telur sampai berbusa. Pastikan wajah rileks dan oleskan putih telur ke wajah secara merata.

Biarkan masker wajah mengering dan aplikasikan lapisan kedua selama 15 menit, lalu bersihkan dengan sabun dan air.

2. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat antioksidan yang hebat dan mengandung banyak vitamin dan mineral penting. Tanaman ini juga mengandung asam folat dan kolin yang juga baik untuk kulit.

Untuk mengurangi kerutan di sekitar mata, potong daun lidah buaya segar dan peras gelnya dari dalam daun. Oleskan ke wajah dan biarkan semalaman. Di pagi hari, bilas wajah dengan air dingin.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa bisa digunakan untuk menutrisi kulit. Ini mengandung vitamin E dan asam linoleat dalam jumlah tinggi yang dapat membantu menghubungkan kembali jaringan kulit yang rusak. Ini akan menunda munculnya kerutan di sekitar mata.

Cara memanfaatkannya cukup mudah, gosokkan minyak kelapa extra virgin di sekitar mata setiap malam sebelum tidur. Gunakan beberapa tetes dan gosokkan minyak dengan lembut ke kulit.

Baca juga: Sering Gonta-Ganti Skincare, Apakah Berbahaya bagi Kulit?

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Healthline, What Causes Wrinkles Around the Mouth and Can You Treat Them?, diakses pada 1 April 2021

Raoderm, 6 Natural Home Remedies for Crow’s Feet, diakses pada 1 April 2021

Drbrandtskincare, Why do we get crow’s feet?, diakses pada 1 April 2021

 

    register-docotr