Kulit & Perawatan Tubuh

Tiga Kandungan Penting Berikut Ini Mampu Membuat Kulit Wajah Kamu Makin Cantik Lho!

August 26, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Skin barrier atau lapisan terluar kulit bertanggung jawab untuk menjaga kelembapan, kelembutan, dan kekencangan kulit wajah. Melindungi skin barrier itu sangat penting.

Ceramide, niacinamide, serta squalene merupakan kandungan yang diklaim dapat melindungi kulit wajahmu lebih baik lho!

Polusi, debu, atau bahan kimia lain berpotensi dapat merusak kulit kita. Nah, skin barrier memiliki fungsi untuk melindungi kulit dan mencegah faktor-faktor tersebut merusak kulit. Maka dari itu, merawat skin barrier merupakan hal penting guna memperoleh kulit wajah yang sehat.

Baca juga: Bisa Mengiritasi Kulit, Pemakaian Kandungan Skincare Ini Tidak Boleh Bersamaan

Mengenal beberapa kandungan yang mampu melindungi kulit wajah

Menjaga kesehatan kulit wajah merupakan hal wajib bagi setiap wanita. Kulit wajah yang sehat dan terlindungi dapat meningkatkan kepercayaan diri seorang wanita.

Saat ini, sudah banyak produk-produk yang menawarkan perlindungan kulit wajah yang optimal. Ceramide, niacinamide, dan squalene merupakan beberapa kandungan yang terkenal mampu melindungi kulit wajah lebih baik.

Agar kamu dapat mengetahui lebih dalam mengenai ketiga kandungan tersebut, berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Ceramide

Ceramide merupakan lipid (lemak) yang ditemukan secara alami dalam konsentrasi paling tinggi di lapisan paling atas kulit dan membentuk lebih dari 50 persen komposisi kulit.

Ceramide merupakan komponen yang paling penting dari kulit dan memainkan peran penting dalam menentukan penampilan kulit.

Meskipun ceramide diproduksi secara alami oleh kulit namun dapat terkuras oleh paparan air panas, sabun, bahan kimia tertentu, dan faktor kimia lainnya.

Apa manfaat menggunakan produk yang mengandung ceramide?

Ketika kulit tidak memiliki kandungan ceramide yang cukup, pelindung kulit tidak dapat bekerja secara optimal sehingga dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi.

Menggunakan produk skin care yang diformulasikan dengan baik serta mengandung ceramide akan memberikan manfaat bagi kulit wajah, seperti:

  • Memperkuat skin barrier
  • Meningkatkan hidrasi
  • Membuat kulit lebih halus dan kencang
  • Mengurangi tanda-tanda sensitivitas

Niacinamide

Niacinamide atau yang juga dikenal sebagai vitamin B3 dan niacinamide merupakan vitamin yang larut dalam air dan bekerja dengan zat alami di dalam kulit untuk membantu meminimalkan pori-pori besar, memperbaiki warna kulit yang tidak merata, atau bahkan mengurangi kusam.

Niacinamide mampu untuk mengurangi dampak kerusakan dari lingkungan karena kemampuannya untuk meningkatkan fungsi skin barrier.

Apa manfaat menggunakan produk yang mengandung niacinamide?

Jika kamu menggunakan produk yang mengandung niacinamide, kamu dapat memperoleh banyak manfaat dari kandungan tersebut. Berikut adalah manfaat dari niacinamide:

  • Memperbarui dan memulihkan permukaan kulit dari dehidrasi
  • Meningkatkan kemampuan pelembapan kulit
  • Menahan hilangnya kelembapan yang dapat menyebabkan kulit kering dan bersisik
  • Membantu pori-pori kembali ke ukuran normal

Baca juga: Jangan Asal Pilih! Yuk, Ketahui Jenis Pembersih Wajah Sesuai Tipe Kulit

Squalene

Squalene adalah lipid yang diproduksi secara alami oleh sel kulit kita sendiri. Ini diproduksi oleh kelenjar sebaceous (minyak) di dalam kulit. Sayangnya, jumlah squalene yang diproduksi tubuh dapat menurun seiring dengan pertambahan usia.

Squalene berfungsi untuk melembapkan dan menjaga skin barrier. Tak hanya itu, squalene juga dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas yang menyerang kulit, atau dapat dikatakan squalene berfungsi sebagai antioksidan.

Apa manfaat menggunakan produk yang mengandung squalene?

Beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh jika kamu menggunakan produk skin care yang memiliki kandungan squalene di antaranya adalah:

  • Squalene bertindak sebagai pelembap dan antioksidan alami yang efektif
  • Mengunci kelembapan ke dalam kulit
  • Membantu mencegah garis-garis halus
  • Meredakan bercak kulit kering

Nah, itulah informasi mengenai beberapa kandungan yang mampu melindungi kulit wajah lebih optimal. Kamu dapat memilih produk perawatan kulit yang mengandung kandungan tersebut untuk melindungi kulitmu lho. Eitss, tetapi jangan lupa juga sesuaikan dengan jenis kulit wajahmu ya!

Punya pertanyaan lain seputar masalah ini? Silakan chat dokter kami untuk konsultasi online melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2019). Diakses pada 24 Agustus 2020. What Is Squalane and What  Are Its Benefits for Skin and Hair? 

Healthline (2018). Diakses pada 24 Agustus 2020. Everything You Should Know About Using Ceramides

Healthline (2020). Diakses pada 24 Agustus 2020. Are Phytoceramides Really a ‘Facelift in a Bottle’?

Healthline (2018). Diakses pada 24 Agustus 2020. Everything You Should Know About Niacinamide

 

 

    Berita Terkait
    register-docotr