Kulit & Perawatan Tubuh

Panduan Memilih Skincare untuk Mengecilkan Pori-pori dengan Efektif

April 25, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Skincare untuk mengecilkan pori-pori harus dipilih dengan tepat agar terhindar dari risiko pertumbuhan jerawat. Perlu diketahui, pori-pori besar adalah keluhan masalah kulit yang sangat umum dengan jerawat dan penuaan.

Untuk menghindari permasalahan tersebut, berbagai cara dilakukan untuk mengecilkan pori-pori pada wajah termasuk pemilihan skincare. Nah, jika ingin mengetahui skincare untuk mengecilkan pori-pori dengan tepat, yuk, simak penjelasan berikut.

Baca juga: Sudah Tepatkah Urutan Kamu Memakai Skincare? Coba Pastikan di Sini!

Bagaimana cara memilih skincare untuk mengecilkan pori-pori?

Dilansir dari Very Well Health, ukuran pori-pori di wajah sangat ditentukan oleh genetika. Pada dasarnya, pori-pori di wajah berperan penting untuk mengeluarkan minyak guna membuat kulit terlumasi.

Namun, terkadang minyak keluar secara berlebihan sehingga meningkatkan risiko wajah berjerawat. Untuk itu, dalam memilih skincare untuk mengecilkan pori-pori harus tepat dilakukan seperti berikut.

Gunakan pembersih berbahan dasar gel 

Pembersih berbahan dasar gel cocok digunakan untuk orang dengan kulit berminyak yang ingin pori-porinya tidak terlalu terlihat. Saat memilih pembersih wajah, pastikan untuk menghindari produk dengan bahan dasar minyak atau alkohol karena dapat mengiritasi kulit.

Pembersih pelembap berisiko meninggalkan residu di pori-pori dan meningkatkan sifat berminyak. Dengan menggunakan pembersih berbasis gel, maka dapat membantu membersihkan minyak dan mengurangi ukuran pori-pori yang besar.

Pilih pelembap dengan bahan dasar air

Skincare untuk mengecilkan pori-pori yang adalah produk dengan bahan dasar air. Produk pelembap umumnya mengandung berbagai bahan aktif termasuk minyak sehingga harus dihindari jika memiliki pori-pori besar.

American Academy of Dermatology atau AAD merekomendasikan penggunaan produk bebas minyak, termasuk riasan berbahan dasar air. Orang dengan kulit berminyak akan mendapat manfaat dari produk yang tinggi humektan, seperti madu dan urea.

Gunakan produk perawatan kulit non-komedogenik

Produk non-komedogenik berarti tidak akan menyumbat pori-pori. Perlu diketahui, saat pori-pori tersumbat maka akan mengembang sehingga terlihat dengan jelas. Karena itu, untuk menghindari pori-pori tersumbat maka perlu memilih produk yang bebas minyak dan non-komedogenik.

Pakai skincare dengan bahan dasar retinol

Jika memiliki kulit berminyak, jerawat ringan, atau kulit tampak kurang kencang, maka pori-pori bisa terlihat lebih besar. Untuk mengecilkan pori-pori di wajah, gunakan produk perawatan kulit dengan retinol atau retinyl palmitate.

Retinoid topikal juga digunakan untuk merawat pori-pori besar. Selain retinol, beberapa bahan dalam skincare untuk mengecilkan pori-pori yang bisa kamu pilih adalah asam alfa hidroksi, seperti asam glikolat. 

Lakukan pengelupasan atau exfoliating

Seseorang dengan kulit berminyak harus melakukan eksfoliasi sekali atau dua kali seminggu untuk menghilangkan materi yang menyumbat pori-pori, seperti kotoran, kulit mati, dan minyak berlebih.

Penting untuk tidak melakukan eksfoliasi lebih dari dua kali dalam seminggu karena dapat mengeringkan kulit. Meskipun pengelupasan membantu menjaga pori-pori tidak tersumbat, namun biasanya akan terlihat lebih besar jika kulit terlalu kering.

Menerapkan masker tanah liat

Salah satu skincare untuk mengecilkan pori-pori di wajah adalah masker tanah liat. Penggunaan masker tanah liat sekali atau dua kali dalam seminggu dapat membantu menghilangkan minyak tambahan dari pori-pori.

Menghilangkan minyak tersebut bisa membantu mencegah pori-pori menjadi membesar dan membuatnya tidak terlalu terlihat. Namun, kamu dianjurkan untuk tidak menggunakan masker wajah setelah pengelupasan kulit karena dapat menyebabkan iritasi.

Cara tepat menjaga agar kulit wajah tetap sehat

Tetap terhidrasi dengan cukup konsumsi air putih dapat membantu merawat kulit wajah, termasuk menjaga pori-pori tidak membesar. Beberapa cara untuk membantu mengurangi visibilitas pori-pori dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan, yakni dengan cara:

Makan dengan baik

Mendapatkan keseimbangan nutrisi, lemak, protein, dan karbohidrat dengan menerapkan pola makan sehat yang tepat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Pola makan yang sehat juga dapat meningkatkan kesehatan kulit seseorang.

Olahraga secara teratur

Rutin berolahraga dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk kulit dan mendorong keluarnya keringat. Sebuah studi menunjukkan bahwa keringat mengandung antibiotik alami yang dapat membantu melindungi kulit dari bakteri.

Baca juga: Bisa Mengiritasi Kulit, Pemakaian Kandungan Skincare Ini Tidak Boleh Bersamaan

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Medical News Today (2020), diakses 20 April 2021. What are the best ways to get rid of large pores?
  2. Very Well Health (2020), diakses 20 April 2021. Is It Possible to Shrink Large Pores?
  3. American Academy of Dermatology Association, diakses 20 April 2021. WHAT CAN TREAT LARGE FACIAL PORES?
    register-docotr