Kulit & Perawatan Tubuh

Sudah Tepatkah Urutan Kamu Memakai Skincare? Coba Pastikan di Sini!

March 25, 2021 | Putri Prima Soraya | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Ladies, melakukan perawatan wajah atau saat ini dikenal dengan skincare routine adalah hal yang tidak boleh dianggap remeh. Apakah kamu sudah melakukannya? Jika sudah, apakah urutan skincare kamu sudah tepat?

Jika mungkin belum, artikel ini akan memberikan informasi lengkap mengenai manfaat masing-masing skincare dan urutan penggunaannya agar kulit kamu glowing.

Baca Juga: Bisa Mengiritasi Kulit, Pemakaian Kandungan Skincare Ini Tidak Boleh Bersamaan

Mengapa rutinitas perawatan kulit penting dilakukan?

Perlu kamu tahu bahwa terdapat beberapa manfaat menggunakan skincare secara rutin, di antaranya adalah:

1. Meningkatkan kesehatan kulit dan mencegah masalah pada kulit

Kulit memiliki peranan yang penting, seperti melindungi kita dari cuaca yang ekstrem, infeksi, atau bahkan zat beracun. Maka dari itu kita perlu untuk menjaga kulit agar tetap sehat.

Sama halnya seperti bagian tubuh lainnya, apabila kamu merawat kulit kesehatannya pun akan terjaga.

Salah satu cara yang paling mudah dilakukan adalah membersihkan wajah secara rutin. Ini dilakukan untuk menghilangkan kuman, kulit mati, atau hal-hal lain yang menempel pada permukaan kulit.

Jika kamu tidak membersihkan wajah secara rutin, ini dapat menimbulkan masalah pada kulit, seperti membuat kulit berminyak, rentan berjerawat, atau bahkan rentan terhadap kondisi tertentu.

2. Mencegah penuaan dini

Tahukah kamu bahwa menggunakan skincare secara rutin juga dapat membantu memperlambat efek penuaan? Seiring bertambahnya usia, kekuatan dan elastisitas kulit menurun.

Nah, ketika kita membersihkan, menggunakan pelembap, atau melakukan eksfoliasi ini dapat menjaga kekuatan dan elastisitas kulit.

3. Menghilangkan masalah kulit tertentu

Ketika kita rutin menggunakan skincare, ini juga dapat membantu menghilangkan masalah tertentu pada kulit, seperti lingkaran hitam di bawah mata atau bintik hitam pada kulit.

Selain itu, setelah membersihkan wajah dan menggunakan pelembap, kulit juga akan terasa lebih baik. Memiliki kulit yang sehat tentu saja bisa menambah kepercayaan diri.

4. Self care adalah hal yang menyenangkan

Rutinitas yang padat terkadang dapat membuat kita stres dan lelah. Memanjakan diri dengan merawat kulit, misalnya saja menggunakan masker wajah dapat membuatmu menjadi lebih rileks. Selain itu, menggunakan masker juga bermanfaat untuk kesehatan kulit.

5. Kulit dapat terlihat lebih muda

Seiring bertambahnya usia, proses regenerasi sel kulit menjadi lebih lambat, yang mana dapat membuat kulit terlihat lebih kusam dan kurang bercahaya.

Nah, menggunakan produk skincare secara rutin dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga tubuh akan menggantinya dengan yang baru.

Apa efek yang ditimbulkan jika tahapan pakai skincare tidak tepat?

Penggunaan skincare tidak boleh dilakukan asal-asalan. Alasannya sudah pasti karena urutan penggunaan yang tepat dapat membantu kamu untuk mengatasi masalah kulit wajah dan kamu mendapatkan manfaat yang optimal.

Jika kamu tidak mengikuti urutan yang benar untuk mengaplikasikan produk perawatan kulit, kamu bisa mengalami tiga masalah, seperti:

1. Produk tidak terserap ke kulit

Ini masalah yang mungkin sering kamu alami. Ketika kamu tidak secara urut menggunakan skincare apalagi jika jenisnya cair atau berbahan dasar air di atas yang kental, lembut atau berminyak.

Produk yang lebih padat bisa membuat penghalang pada kulit sehingga produk lain tidak bisa masuk dan diserap kulit.

2. Kurang efektif

Jika produk tertentu tidak dapat menembus kulit dengan benar, kamu tentu tidak bisa mendapatkan manfaat penuhnya. Selain itu, urutan yang tidak sesuai bisa juga mendatangkan reaksi kimia yang tidak diinginkan. 

3. Membahayakan kulit

Penggunaan skincare yang tidak sesuai urutannya bisa mendatangkan masalah kulit baru. Misalnya, mengoleskan serum di atas produk minyak dapat membuat kulit kamu kering dan dehidrasi, karena tidak cukup air yang masuk ke kulit. 

Atau, jika kamu melapisi serum, krim di atas tabir surya mineral. Ini akan membuat kamu lebih rentan terhadap kanker kulit dan penuaan dini.

Manfaat masing-masing urutan skincare

Saat kamu menggunakan skincare, yang perlu jadi perhatian adalah kamu harus menggunakannya dari yang bertekstur paling ringan hingga berat. Ada baiknya kamu menggunakan produk yang berbahan dasar air terlebih dahulu sebelum menggunakan yang berminyak.

Berikut ini manfaat masing-masing skincare dan bagaimana urutan penggunaannya yang tepat agar kulit kamu kinclong:

Urutan skincare pada pagi hari

Penggunaan skincare di pagi hari bertujuan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV matahari dan polusi udara. 

Berikut ini urutan penggunaannya:

1. Sabun cuci muka

Penggunaan sabun cuci muka punya manfaat untuk mengangkat residu yang tertinggal di kulit  dari produk yang kamu gunakan malam sebelumnya. Ini juga mencegah minyak berlebih yang menumpuk saat tidur. 

Pilih sabun cuci  yang tidak mengeringkan dan bebas sulfat. 

Jika kamu sudah membersihkan wajah, ini juga akan membuat produk-produk lainnya lebih mudah menempel dan meresap di kulit.

2. Toner

Setelah kamu mencuci muka, urutan skincare selanjutnya adalah penggunaan toner. Toner bermanfaat untuk membantu mengangkat sisa kotoran  yang tertinggal.

Selain itu, penggunaan toner juga dapat menjaga hidrasi kulit dan mengembalikan pH yang hilang saat kamu mencuci muka. 

3. Essence

Penggunaan essence dapat melembapkan kulit dan membantu produk skincare selanjutnya yang akan kamu aplikasikan pada kulit terserap sempurna.

Tidak hanya itu, essence juga bermanfaat untuk membuat kulit menutrisi kulit dan mencegah penuaan. 

Kamu bisa menggunakan essence setelah menggunakan toner.

4. Serum wajah

Urutan skincare selanjutnya yakni penggunaan serum. Untuk serum skincare pagi hari gunakanlah serum yang mengandung vitamin C. Cara penggunaannya, kamu cukup ambil sedikit lalu oleskan ke seluruh bagian wajah sampai leher secara merata.

Selanjutnya tepuk-tepuk ringan agar serum bisa menyerap sempurna.

5. Pelembap atau moisturizer

Langkah selanjutnya adalah menjaga kadar air dalam kulit dengan menggunakan pelembap. Jika kamu memiliki tekstur kulit yang kering, pilihlah pelembap yang berbahan krim.

Oleskan pelembap pada bagian pipi terlebih dahulu lalu ke bagian dahi.

6. Tabir surya

Penggunaan tabir surya atau sunscreen pada skincare pagi hari adalah hal yang wajib. Tabir surya membuat kita terlindung dari penuaan dini akibat paparan sinar matahari. Sangat disarankan kamu setidaknya menggunakan tabir surya yang punya kandungan SPF minimal 30.

Pastikan kamu menggunakan tabir surya 15-30 menit sebelum keluar dari rumah.

Tahapan pakai skincare di malam hari

Setelah kamu beraktivitas seharian dari pagi hingga sore hari, sisihkanlah waktu malam kamu untuk menggunakan skincare. Penggunaan juga tidak jauh berbeda dengan skincare pagi hari. 

Tujuan penggunaan skincare malam untuk membersihkan kulit dan juga memberikan nutrisi kulit. Adapun tahapan pakai skincare di malam hari yakni seperti berikut:

1. Make up remover

Urutan pertama penggunaan skincare malam adalah menghapus makeup di wajah dengan makeup remover. 

Penggunaannya bermanfaat untuk mencegah efek negatif dari sisa makeup yang masih menempel di wajah dan juga mempertahankan kesehatan kulit.

Jika kamu punya kulit berjerawat, hindari penggunaan makeup remover berbahan minyak, sebaiknya kamu pilih yang berbahan dasar air.

2. Micellar water

Terkadang ada beberapa makeup yang sulit dihilangkan walau sudah menggunakan makeup remover. Nah, kamu bisa menggunakan micellar water untuk mengatasinya. 

3. Sabun cuci muka

Sama dengan skincare pagi hari, saat malam kamu juga perlu mencuci muka kamu dengan sabun cuci muka.

Sabun cuci muka membantu agar produk yang kamu gunakan selanjutnya dapat terserap oleh kulit dengan baik. 

4. Scrub

Setelah mencuci muka, urutan selanjutnya adalah menggunakan scrub. Scrub membantu untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di wajah.

Namun kamu tidak perlu menggunakan ini setiap malam, cukup satu atau dua minggu sekali saja.

5. Toner

Penggunaan toner bisa kamu lakukan setelah mencuci muka. Untuk benar-benar melembapkan kulit pastikan kamu menggunakan toner yang mengandung asam laktat, asam hialuronat, dan gliserin.

6. Essence dan serum wajah

Sama seperti urutan skincare pagi hari, setelah kamu menggunakan toner, tahapan pakai skincare pada malam hari selanjutnya adalah menggunakan essence dan serum wajah. 

Tepuk-tepuk agar bahan aktif di dalamnya dapat lepas, terutama jika kamu menggunakan jenis produk minyak.

7. Krim mata

Penggunaan produk satu ini penting dalam urutan skincare malam. Terutama untuk kamu yang sering mengalami masalah mata panda. Pilihlah krim mata yang mengandung antioksidan tinggi. 

Oleskan ke bagian bawah mata secara perlahan.

8. Krim malam

Tahapan pakai skincare pada malam hari selanjutnya adalah penggunaan krim. Krim malam bermanfaat untuk melembapkan kulit selama tidur, menyamarkan penuaan, dan juga memudarkan noda. Oleskan krim malam dari wajah hingga leher. 

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Sunscreen Agar Kulit Sehat?

9. Face oil

Apakah kamu memiliki kulit kering? Jika iya, sempurnakan skincare malam kamu dengan penggunaan face oil. Face oil berguna untuk membuat kulit terlihat tidak terlalu berminyak dan lengket.

Cara penggunaannya, tuangkan beberapa tetes face oil lalu tepuk-tepuk ke seluruh bagian wajah. Untuk hasil maksimal, sebaiknya kamu tidak menggunakan produk tambahan setelah menggunakan face oil.

Penggunaan face oil tidak disarankan untuk kamu yang kulitnya berminyak karena akan membuat kamu rentan berjerawat.

Tips memilih produk skincare

Penting bagi kamu untuk memilih produk skincare dengan benar. Ini dilakukan agar kamu bisa mendapatkan manfaat maksimal dari penggunaan skincare.

Melansir dari laman Real Simple, berikut ini adalah beberapa pertimbangan dalam memilih produk skincare.

  • Ketahui jenis kulitmu. Menurut Michele Green, MD, seorang cosmetic dermatologist, mengetahui jenis kulit adalah faktor terpenting dalam menentukan produk perawatan kulit apa yang paling cocok untuk kamu
  • Jangan membeli produk skincare hanya karena sedang hype
  • Perhatikan kandungan dalam produk skincare
  • Sebaiknya, hindarilah produk skincare berbahan keras, misalnya saja mengandung pewangi, sulfat, atau bahkan paraben
  • Lakukanlah patch test terlebih dahulu. Patch test dapat membantu menentukan apakah produk atau bahan tertentu menyebabkan reaksi alergi, mengiritasi kulit, atau menyumbat pori-pori

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat dan juga urutan penggunaan skincare untuk pagi dan malam hari. Apakah urutan kamu sudah tepat?

Kamu juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu untuk mengetahui urutan skincare seperti apa yang bisa kamu gunakan karena setiap kulit membutuhkan perawatan yang berbeda.

Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan kulit, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2019). Diakses pada 18 Agustus 2020. What Order Should I Follow When Applying Skin Care Products?

The Every Girl (2018). Diakses pada 18 Agustus 2020. The Correct Order to Apply Your Skincare Products

The Skincare Edit (2020). Diakses pada 18 Agustus 2020. How to Apply Your Skincare Products in the Right Order (And Why It Can Make a Difference for Your Skin)

Mind Body Green (n.d). Diakses pada 18 Agustus 2020. Oils, Serums, Toners + Treatments — Here’s Exactly How To Layer Your Skin Care Products

Avail Dermatology (2019). Diakses pada 25 Maret 2021. Why Should You Have a Skincare Routine? 

Real Simple (2021). Diakses pada 25 Maret 2021. How to Choose the Skincare Products Best Suited for Your Skin, According to Dermatologists 

Skin Center of South Miami. Diakses pada 25 Maret 2021. The Importance of Facials and Skin Care 

    register-docotr