Kulit & Perawatan Tubuh

5 Rutinitas Menggunakan Skincare Anti Aging, agar Awet Muda!

January 8, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Memiliki kulit yang sehat dan awet muda rasanya menjadi dambaan banyak orang. Bahkan sebagian wanita rela merogoh kocek demi produk skincare anti aging yang dapat mempertahankan kondisi kulit agar awet muda.

Namun, sudahkah skincare anti aging yang kamu gunakan mengandung bahan-bahan yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat? Supaya tidak salah pilih dan mendapat hasil terbaik, simak ulasan berikut ini, tentang skincare anti aging beserta kandungan yang dibutuhkan oleh kulit.

Baca Juga: Populer sebagai Kandungan Skincare, Kenali Fungsi Retinol untuk Wajah!

Jenis dan kandungan skincare anti aging

Dilansir dari Healthline salah satu cara menjaga kulit awet muda adalah rutin menggunakan skincare anti aging dan tepat memilih produk untuk kulitmu. Berikut apa saja produk yang kamu butuhkan dan tahapan menggunakannya sebagai rutinitas perawatan kulit wajah.

1. Gunakan sabun pembersih wajah

Skincare pertama yang kamu butuhkan adalah facial wash atau sabun cuci muka. Membersihkan wajah dengan sabun sangat penting, karena di tahap ini dapat menghilangkan produk-produk, termasuk riasan yang kamu gunakan sepanjang hari.

Lalu sabun seperti apa yang bisa membantu menjaga kulit tetap awet muda? Carilah sabun yang mampu menjaga kulit dari dehidrasi dan kerusakan. Salah satunya yang mengandung pH rendah.

Power of Hydrogen atau pH adalah ukuran tingkat keasaman. Pada kulit, semakin tinggi tingkat pH maka dapat menyebabkan iritasi.

Sementara itu, kamu harus menghindari sabun dengan kandungan sodium lauryl sulfate. Karena bahan ini sangat keras bagi kulit kamu. Setelah itu yang perlu kamu perhatikan adalah, jika sudah menggunakan sabun rendah pH, maka kamu tidak lagi perlu menggunakan toner.

Karena toner dibuat di jaman dahulu untuk mengembalikan pH rendah setelah dicuci dengan sabun yang mengandung pH tinggi.

2. Rutin menggunakan produk eksfoliasi

Semakin bertambah usia, kulit akan semakin lambat dalam beregenerasi. Atau dengan kata lain, sel kulit mati tidak akan segera tergantikan oleh sel kulit baru. Ini yang akan membuat kulitmu terlihat kusam.

Penggunaan produk eksfoliasi membantu mengatasi tumpukan kulit mati dan membuat kulitmu kembali bersinar. Kamu bisa menggunakan dua jenis eksfoliasi, kimia atau alami.

Tapi sebaiknya hindari eksfolian yang keras seperti scrub dari gula. Karena dapat menyebabkan kulit mengendur. Pilihkan eksfolian yang lembut. Salah satu kandungan yang bisa kamu pilih adalah alpha-hydroxy acids (AHA), seperti asam glikolat dan asam laktat.

Jangan lupa gunakan alat pengaplikasian yang juga lembut, seperti spons konjac, spons yang terbuat dari tanaman konjac atau konnyaku.

3. Tambahkan serum dalam rutinitas skincare anti aging kamu

Ada berbagai macam jenis serum wajah, namun jika kamu lebih mengutamakan skincare anti aging, tandanya kamu perlu lebih cermat memilih kandungannya.

Kamu membutuhkan kandungan vitamin A yang dikenal dengan retinoid dan vitamin C dalam bentuk asam L-askorbat dan magnesium ascorbyl fosfat. Bahan-bahan ini selain dapat meningkatkan kolagen yang menyehatkan kulit, juga bertindak sebagai antioksidan.

Antioksidan dalam hal skincare anti aging berperan menyerap stres oksidatif biologis dan lingkungan. Di mana keduanya dapat menyebabkan penuaan pada kulit.

4. Pelembap kulit

Bertambahnya usia akan semakin berkurangnya produksi sebum. Dengan begitu akan semakin sedikit kemungkinan timbulnya jerawat. Tapi ini juga berarti kulit akan lebih mudah kering.

Ketika kulit terlalu kering, dapat menyebabkan timbulnya garis-garis halus pada kulitmu. Ini juga menjadi pertanda kulit mulai mengalami dehidrasi.

Cara mengatasinya adalah penggunaan pelembap kulit wajah. Kandungan apa yang dibutuhkan? Carilah yang memiliki gliserin dan asam hialuronat. Keduanya mengandung pelembap pengikat air.

Bisa juga memilih pelembap seperti petrolatum dan minyak mineral. Jika digunakan pada malam hari dapat mencegah penguapan air dari kulit. Sehingga membantu mencegah munculnya kerut halus di kulit.

5. Sunscreen termasuk salah satu skincare anti aging yang kamu butuhkan

Menggunakan sunscreen berarti kamu melindungi kulit bahaya yang dapat merusak kesehatan kulitmu. Sunscreen akan menjaga kulit dan membuatnya tetap sehat dan terlihat awet muda.

Alasannya kulit terjaga dari sinar matahari. Sinar matahari dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan. Karena sinar UV matahari dapat memecah kolagen dan menyebabkan kulit lebih tipis dan berkeriput. Juga
menyebabkan terjadinya bercak pigmen atau warna kulit yang tidak merata.

Jadi jangan sampai melewatkan penggunaan sunscreen ya. Setidaknya gunakan sunscreen dengan kandungan SPF 30 untuk membantu memudarkan bintik penuaan, meratakan tekstur kulit dan memudarkan garis halus.

Baca Juga: Ampuh Angkat Sel Kulit Mati, Ini Manfaat Scrub Wajah dan Cara Pakainya

Tips memiliki kulit awet muda selain dengan skincare anti aging

Meski sudah menggunakan skincare anti aging dengan kandungan yang tepat, kamu juga perlu menjaga kulit. Misalnya dengan menggunakan pakaian tertutup agar kulit terhindar dari sinar UV atau gunakan topi agar kulit wajah juga terhindari dari sinar matahari.

Selain itu, kamu bisa menghindari trauma pada kulit. Salah satu alasan terjadinya keriput adalah kerusakan pada kulit yang lebih tua dan telah rapuh.

Jadi, hindari menggosok atau menarik berlebihan saat membersihkan atau menggunakan produk skincare. Karena dapat menyebabkan trauma dan menyebabkan rusaknya kulit.

Jangan lupa juga menjalani gaya hidup sehat seperti minum cukup, tidak merokok dan menjaga level stres. Karena ini dapat memengaruhi kulit yang tampak awet muda. Demikian ulasan tentang skincare yang kamu butuhkan untuk terlihat awet muda.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan? Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

PMC, diakses 28 Desember 2020
Anti-aging and Sunscreens: Paradigm Shift in Cosmetics
Healthline, diakses 28 Desember 2020
6 Anti-Aging Tips That’ll Transform Your Beauty Routine
Mayoclinic, diakses 28 Desember 2020
Wrinkle creams: Your guide to younger looking skin
National Institute on Aging, diakses 28 Desember 2020
Skin Care and Aging

    register-docotr