Kulit & Perawatan Tubuh

Agar Tak Iritasi, Ketahui Cara Memilih Pelembab Wajah Sesuai Jenis Kulit

May 22, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Agar kesehatan kulit wajah tetap terjaga, jangan lupa selalu gunakan pelembab wajah. Jangan asal-asalan, pilih pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit, ya.

Penggunaan pelembab yang sesuai kulit selain menyehatkan, juga membantu kamu terhindari dari risiko iritasi.

Simak informasi lengkap tentang pelembab wajah pada artikel berikut ini!

Manfaat pelembab wajah bagi kesehatan kulit

Pelembab wajah atau moisturizer sangat penting dalam merawat kulit agar tetap sehat dan cantik. Pelembab akan mempertahankan kelembaban kulit sepanjang hari. 

Pelembab wajah berfungsi sebagai pelindung bagi kulit, menjaga kesehatan kulit wajah, dan menghidrasi kulit dengan baik. Selain itu, pelembab berfungsi untuk untuk meminimalkan garis-garis halus dan kerusakan yang menyebabkan penuaan dini.

Pelembab bekerja dengan memerangkap kelembaban pada lapisan luar kulit dan menarik uap air dari lapisan kulit yang lebih dalam ke lapisan kulit luar. 

Tips memilih pelembab wajah yang tepat

Nah, untuk menghindari kesalahan penggunaan pelembab, berikut tips memilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit kamu:

  • Kulit berminyak

Masalah kulit yang satu ini banyak sekali dialami oleh para wanita. Mungkin banyak yang berpikir bahwa kulit yang berminyak sudah tidak membutuhkan pelembab lagi. Ternyata kamu tetap membutuhkan nutrisi yang terdapat di dalam pelembab wajah.

Produk pelembab yang paling cocok untuk jenis kulit ini adalah produk berlabel non-comedogenic yang berarti tidak menyumbat pori-pori kamu.

Pilih pelembab yang bertekstur ringan, bebas minyak dan mudah diserap dengan berbahan dasar air.

  • Kulit kering

Inilah jenis kulit yang sangat membutuhkan pelembab agar kulit kamu tetap sehat. Pilihlah pelembab yang berlabel oil-based atau yang kaya akan kandungan minyak. 

Produk pelembab yang mengandung minyak lebih tahan lama dibandingkan dengan produk yang mengandung air atau water-based. Kandungan yang ada di pelembab berbahan dasar minyak berguna untuk memberi kelembaban agar kulit terasa kenyal.

  • Kulit sensitif

Jenis kulit yang satu ini biasanya ditandai dengan kulit yang terlihat kemerahan dan mudah iritasi. Pilihlah pelembab dengan formula yang lembut, bebas bahan kimia, dan wewangian, serta pewarna.

Sebelum menggunakannya, sebaiknya baca terlebih dahulu kandungan yang terdapat dalam produk. Apabila kandungan kimianya semakin banyak, semakin besar juga kulit kamu akan teriritasi.

Kamu juga disarankan menggunakan produk yang bersifat hypoallergenic.

  • Kulit menua

Kulit yang dimiliki orang berusia di atas 30-an, biasanya kondisi kulitnya akan menurun. Masalah kulit yang paling sering terjadi adalah kulit menjadi kering karena produksi kelenjar minyak di dalam kulit mulai melambat.

Pilihlah pelembab yang tidak hanya berbahan dasar minyak, tetapi juga mangandung anti-aging. Produk yang berlabel anti penuaan dapat melawan garis halus dan kerutan yang dapat membuat kulit menjadi lebih halus.

Cara menggunakan pelembab wajah yang benar

Jangan sampai salah mengaplikasikan pelembab wajah kamu, lho. Berikut tahap-tahap penggunaan pelembab wajah agar bekerja secara maksimal:

Ratakan dari sisi luar ke dalam

  • Pertama, usap sedikit pelembab kamu di seluruh wajah. Ratakan dari sisi terluar wajah menuju bagian tengah dengan gerakan memutar ke atas
  • Mulailah dari bagian tengah dagu dan pijat perlahan dengan gerakan melingkar lembut ke garis rahang menuju dahi dan berakhir di bagian hidung

Gunakan sampai ke bagian leher

  • Jangan lupa untuk oleskan pelembab ke bagian leher juga, karena bagian leher perlu kamu rawat juga
  • Sebaiknya gunakan satu oles pelembab pada wajah dan satu oles lagi untuk bagian leher kamu agar warna kulit wajah dan leher kamu sama rata

Gunakan setelah mandi

  • Sebaiknya gunakan pelembab setelah mandi, jangan mendiamkan kulit lebih dari semenit karena dapat membuat kulit dehidrasi akibat udara kering yang dapat mengurangi kelembapan kulit
  • Penggunaannya dengan tepuk-tepuk lembut wajah kamu dengan handuk bersih untuk menghilangkan sisa air mandi
  • Gunakanlah pelembab segera setelah keluar dari kamar mandi, sehingga kelembapan wajah masih terjaha dan menghindari risiko kulit kering

Pakailah pelembab sesuai dengan jenis kulit

  • Jangan menggunakan produk pelembab yang tidak sesuai dengan kondisi kulit kamu.
  • Pakailah produk yang sesuai dengan kondisi jenis kulit kamu agar hasil yang didapatkan menjadi maksimal

Jangan sembarangan menggunakan pelembab wajah tanpa mengetahui kondisi dan jenis kulit kamu ya!

Usahakan agar kamu juga menerapkan pola hidup sehat seperti minum air putih agar kulit kamu tetap terhidrasi dan tampak lebih sehat.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr