Kulit & Perawatan Tubuh

Berikut Manfaat dan Tips Memilih Dokter Spesialis Kulit yang Tepat

May 22, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Memiliki wajah mulus, sehat, dan bersih merupakan impian setiap wanita. Selain melakukan perawatan sendiri, kamu juga boleh kok periksakan kondisi kulitmu dengan dokter spesialis kulit.

Nah, berikut adalah perawatan dengan dokter spesialis kulit yang perlu kamu ketahui.

Perawatan wajah dengan dokter spesialis kulit

American Academy of Dermatolog mengatakan bahwa dokter spesialis kulit atau dermatologis merupakan dokter ahli dalam penanganan kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

Dokter spesialis kulit memiliki peran penting dalam mengedukasi, menyaring, serta merawat berbagai masalah kulit. Seorang dokter kulit dapat mengidentifikasi dan mengobati lebih dari 3,000 kasus.

Adapun masalah kulit yang biasa diatasi oleh dermatologis seperti:

  • Jerawat.
  • Kanker kulit.
  • Eksim.
  • Kerusakan kulit.
  • Perawatan khusus kulit, rambut, dan kuku.
  • Perawatan bekas luka.

Selain dapat menangani berbagai permasalah kulit, kamu juga akan mendapatkan manfaat lain jika kamu melakukan perawatan di dokter spesialis kulit.

Dirangkum dari Grosse Pointe Dermatology & Cosmetic Center, berikut adalah manfaat terbaik jika kamu periksakan kondisi kulitmu dengan dokter spesialis kulit.

Membantu permasalahan jerawat

dokter spesialis kulit
Jerawat. Sumber foto: https://skinmiles.com/

Jerawat merupakan masalah kulit paling umum dan hampir semua orang pernah mengalaminya.

Perlu diketahui jerawat bukanlah sekadar permasalahan yang hanya dihadapi oleh remaja. Jerawat dapat muncul karena faktor hormon, stres dll.

Dokter spesialis kulit akan membantumu menemukan solusi untuk membersihkan jerawat di wajah, misalnya bagaimana metode pengobatannya.

Tak hanya itu, dokter juga akan mengevaluasi jenis kulit untuk membantu meresepkan perawatan terbaik.

Baca juga: Agar Tak iritasi, Begini 7 Cara Menghilangkan Jerawat Membandel

Perawatan tepat untuk masalah kulit

Terkadang, kamu tidak mengetahui apakah faktor usia tua menyebabkan masalah kulit yang lebih serius atau tidak. Beberapa hal seperti matahari atau faktor lain dapat menyebabkan lesi ganas pada tubuh.

Dokter kulit yang bagus dapat mendiagnosis permasalahan tersebut sedini mungkin dan dapat membantumu dengan perawatan yang tepat.

Memberikan nasihat perawatan kulit

Jika kamu ingin memulai perawatan kulit yang lebih serius, kamu dapat mengunjungi dokter kulit agar dapat memperoleh informasi tentang permasalahan pada wajah. Baik itu masalah jerawat, kulit berminyak ataupun kering.

Bagaimana memilih dokter spesialis kulit?

Memilih dokter spesialis kulit tidak boleh sembarangan. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memilih dokter spesialis kulit, sebagaimana dirangkum dari Healthline.

Tentukan kebutuhan dermatologi

Mengatasi masalah kulit merupakan hal yang kita inginkan jika mengunjungi dermatologis. Namun perlu diingat adalah tidak semua dokter kulit cocok untuk kondisi kulit kamu.

Oleh karena itu, perawatan dermatologis seperti jenis perawatan lainnya harus dilihat secara spesifik agar dapat menyesuaikan kebutuhanmu sebagai seorang pasien.

Pilihlah dokter kulit sesuai dengan warna kulit

Warna asli kulit dapat memengaruhi kebutuhan dermatologimu. Keahlian berdasarkan jenis dan warna kulit sangat penting dalam hal perawatan bekas luka, seperti microneedling dan laser.

Verifikasi kredensial dokter kulit

Ini merupakan tindakan penting yang harus dilakukan ketika kamu menemui profesional medis mana pun untuk pertama kali. Biasanya dokter akan mendapatkan sertifikasi dan kredensial di situs web mereka.

Kamu juga dapat melakukan verifikasi melalui sertifikat dari dewan dokter yang berarti dokter tersebut telah dilatih dalam bidang dermatologi.

Menelusuri ulasan atau review

Meskipun mengecek sertifikat dokter merupakan cara yang paling baik untuk memverifikasi kualifikasi, tetapi rasanya itu tidak cukup. Karena kita juga memerlukan ulasan secara online untuk mendapatkan dokter yang tepat.

Memeriksakan diri ke dokter kulit memang dapat menjadi pilihanmu untuk mendapatkan kulit yang sempurna.

Jika kamu memilih melakukan perawatan di dokter spesialis kulit kamu akan mendapatkan penanganan tepat di bawah pengawasan langsung dari dokter.

Namun jangan lupa, harus diperhatikan juga ya bagaimana cara memilih dokter spesialis kulit yang tepat agar kamu bisa mendapatkan kulit sempurna yang kamu inginkan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

American Academy of Dermatology. Diakses pada 19 Mei 2020. What Is a Dermatologist?

Everyday Health (2017). Diakses pada 19 Mei 2020. Should You See a Dermatologist? 

Grosse Pointe Dermatology & Cosmetic Center (2018). Diakses pada 19 Mei 2020. 3 Benefits of Having a Dermatologist 

Healthline (2019). Diakses pada 19 Mei 2020. How to Choose the Right Dermatologist for You 

    Berita Terkait
    register-docotr