Kulit & Perawatan Tubuh

Minyak Zaitun: Manfaat untuk Kulit dan Cara Penggunaan

May 22, 2020 | Husni Efendi | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Manfaat minyak zaitun memang sangat beragam. Selain untuk olahan masakan, banyak pula orang yang menggunakan minyak zaitun untuk wajah.

Nah, apa sebenarnya miyak zaitun itu? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Apa itu minyak zaitun

Minyak zaitun. Sumber Foto: everydayhealth.com

Minyak zaitun alias olive oil adalah minyak yang berasal dari pohon zaitun. Selain digunakan untuk masakan, minyak zaitun juga banyak digunakan sebagai obat pelembab wajah dan kulit.

Manfaat minyak zaitun sendiri di antaranya adalah kaya akan vitamin, antioksidan, dan ampuh melawan kuman penyebab bakteri.

Penggunaan minyak zaitun pada kulit

Minyak zaitun telah banyak dipakai sebagai bahan dalam banyak produk perawatan, termasuk pencuci muka, sabun, hingga pelembab tubuh. Cara menggunakan minyak zaitun pada kulit, di antaranya:

Perawatan setelah terpapar sinar matahari

Beberapa orang menggunakan minyak zaitun sebagai pelembab tubuh, dengan mengoleskannya langsung ke kulit.

Berdasarkan studi tentang efek antioksidan pada tikus, minyak zaitun dianggap akan bermanfaat ketika diterapkan setelah terpapar paparan sinar matahari.

Exfoliator

Untuk mengeksfoliasi wajah dan tubuh dan merawat area kulit kering atau bersisik, kamu juga dapat mencampurkan minyak zaitun dan garam laut untuk membuat scrub. Gunakan garam berbutir halus pada wajah dan area sensitif lainnya.

Penghilang riasan mata

Minyak zaitun memecah zat-zat yang kedap air dalam riasan mata, sehingga memungkinkannya untuk dibersihkan dengan lebih mudah. Untuk menghilangkan riasan mata, cukup tambahkan beberapa tetes minyak zaitun ke bola kapas, dan usap area mata dengan lembut.

Masker

Orang dengan kulit kering akan mendapat manfaat dari penggunaan masker wajah berbasis minyak zaitun. Minyak zaitun yang dicampur dengan bahan-bahan seperti putih telur, madu, atau oat bubuk dapat melembutkan dan melembabkan wajah.

Perawatan kerut

Kandungan antioksidan pada minyak zaitun dapat mengurangi penuaan kulit dan kerutan. Minyak dapat dioleskan di sekitar area mata pada malam hari, atau setelah paparan sinar matahari.

Minyak untuk bekas luka

Vitamin dan antioksidan lain dalam minyak zaitun juga dipercaya dapat membantu memudarkan bekas luka, dengan membantu sel-sel kulit beregenerasi.

Cukup pijatkan minyak yang tidak dilarutkan ke dalam bekas luka, atau campur dengan perasan jus lemon untuk mengobati area hiperpigmentasi, di mana kulit menjadi gelap akibat jaringan parut.

Risiko dan peringatan

Penggunaan yang dianjurkan adalah gunakanlah minyak zaitun organik 100% untuk kulit kamu.

Minyak zaitun extra-virgin, yang diproduksi tanpa menggunakan panas atau penyulingan kimia, dapat bermanfaat lebih untuk tubuh, sebab mengandung nol bahan pengawet atau zat tambahan yang berbahaya.

Selain itu, gunakanlah pendekatan ‘less is more’ alias pemakaian tidak berlebihan saat menggunakan minyak zaitun.

Tidak perlu meneteskan minyak zaitun secara berlebihan dengan maksud ingin meraih manfaat lebih sebab penggunaan minyak zaitun secara berlebihan dapat menyebabkan pori-pori tersumbat pada beberapa jenis kulit.

Meskipun minyak zaitun dianggap bermanfaat bagi wajah dan kulit, namun kamu perlu perhatikan beberapa hal berikut ini:

Kulit sensitif

Penelitian menunjukkan bahwa jika seseorang memiliki kulit sensitif, terutama kulit berminyak atau kondisi kulit seperti dermatitis, maka minyak zaitun mungkin bukan pilihan terbaik.

Minyak zaitun justru dianggap memperburuk kondisi kulit tertentu untuk orang dewasa maupun bayi.

Oleh karena itu, jika kamu memiliki kulit sensitif coba lakukan dulu tes alergi sebelum menggunakan minyak zaitun pada wajah atau kulit.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    Berita Terkait
    register-docotr