Kulit & Perawatan Tubuh

Serba-serbi Serum Wajah: Manfaat dan Cara Memilihnya

May 22, 2020 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Pemakaian serum wajah saat ini tentu sudah bukan hal yang asing bagi wanita. Serum pun kini menjadi salah satu tahapan skincare rutin.

Tapi meski memiliki manfaat, tetap saja kamu perlu cermat memilih serum sesuai dengan jenis dan kondisi kulit, ya. Jangan sampai pemakaian serum yang tak cocok justru menimbulkan iritasi.

Simak informasi lengkap tentang serum wajah berikut ini:

Apa itu serum wajah?

Serum wajah merupakan sebuah cairan yang mengandung antioksidan dan peptida. Fungsi dari cairan tersebut mampu menembus ke dalam kulit untuk memelihara kesehatan kulit wajah.

Cara menggunakan produk serum ini sangat mudah, kamu cukup dengan satu atau dua pompa dan langsung diaplikasikan ke seluruh wajah.

Tekstur dari serum ini sendiri sangat efisien untuk diserap kulit. Kamu yang memiliki masalah kulit seperti jerawat, kulit kering hingga penuaan dini sangat disarankan untuk merawatnya dengan menggunakan serum wajah.

Cara memilih serum wajah sesuai jenis kulit

1. Kulit berjerawat

jerawat di dagu
Kulit berjerawat. Sumber gambar : https://media.newstracklive.com

Kamu yang memiliki masalah dengan jerawat tentu sangat berhati-hati dalam memilih perawatan untuk kulit wajah. Begitu juga saat memilih serum sebaiknya disesuaikan dengan kondisi wajah, ya.

Kamu yang memiliki jenis kulit berjerawat dan cenderung berminyak sebaiknya memilih serum dengan kandungan salicylic acid, vitamin C serta hyaluronic acid.

Pilihlah serum wajah yang teksturnya cair dan ringan. Serta kandungan-kandungan bahan di atas juga dapat mengurangi efek merah dan peradangan pada kulit akibat jerawat.

Salicylic acid termasuk salah satu jenis BHA yang paling banyak direkomendasikan oleh dermatologis untuk mengatasi jerawat. Hal tersebut dikarenakan salicylic acid akan terasa lembut dan tidak menimbulkan iritasi saat langsung diaplikasikan pada wajah.

2. Kulit berminyak

Kamu yang memiliki produksi minyak lebih banyak pada bagian wajah tentu harus melakukan perawatan khusus. Tujuannya agar wajah tidak tampak kusam dan lebih sehat. Kulit yang memiliki produksi minyak berlebih merupakan faktor utama penyebab jerawat.

Sangat disarankan jika kamu memilih serum yang memiliki kandungan hyaluronic acid, ceramide, marine dan protein. Beberapa kandungan tersebut dapat melembapkan kulit wajah berminyak dengan baik.

Tak perlu takut dengan beberapa kandungan di atas. Sebab serum yang mengandung hyaluronic acid bersifat menghidrasi kulit tanpa membuatnya semakin berminyak.

Saat mengaplikasikannya, serum akan langsung masuk ke dalam dan diserap kulit wajah. Jika ingin mendapatkan hasil maksimal, pemakaian rutin sangat diperlukan, ya.

3. Kulit kering

Memiliki jenis kulit yang kering merupakan kondisi paling umum yang terjadi. Beberapa faktor penyebabnya sepeti kekurangan cairan dan perubahan cuaca.

Jika kamu mengalami kondisi seperti itu, pori-pori serta garis kulit akan terlihat sangat jelas.

Kamu cukup mengatasinya dengan cara sederhana dan rutin dalam menggunakan serum berbahan hyaluronic acid, emolien dan antioksidan. Fungsinya untuk mengikat cairan di dalam kulit wajah.

Agar mendapatkan hasil lebih efektif, sebaiknya kamu gunakan serum setelah mandi secara rutin, ya.

4. Kulit kombinasi

Berbeda dengan jenis kulit lainnya, kamu yang memiliki kulit kombinasi tentu akan membutuhkan perawatan ekstra. Hal ini disebabkan karena kombinasi memiliki dua jenis kulit, yaitu kulit kering serta kulit berminyak pada area dagu, hidung dan dahi.

Namun tak perlu khawatir agar kelembapan kulit wajah semakin terjaga, gunakanlah hydrating serum yang cocok semua jenis kulit untuk menyamarkan masalah kulit kombinasi.

Sebaiknya kamu memilih serum wajah yang memiliki kandungan hyaluronic acid yang bertekstur ringan. Kandungan ini sangat berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit wajah.

Perlu kamu ketahui bahwa hyaluronic acid adalah senyawa yang memiliki segudang manfaat menakjubkan dalam merawat dan membantu mencegah penyumbatan minyak penyebab timbulnya jerawat.

5. Kulit normal

cara mengatasi kulit wajah kusam
Menjaga kesehatan kulit wajah. Sumber gambar : https://www.shutterstock.com

Tekstur jenis kulit normal adalah lembut dan halus tanpa noda merah, komedo maupun jerawat. Perawatannya pun paling mudah.

Kamu yang memiliki kulit normal, sebaiknya memilih serum yang mengandung hyaluronic acid, kolagen dan vitamin C.

Kandungan vitamin C tersebut adalah senyawa yang bisa meningkatkan biosintesis kolagen di kulit wajah. Hal tersebut bermanfaat untuk membuat kulit menjadi lebih kenyal dan mengurangi kerutan halus di wajah.

Manfaat serum wajah bagi kesehatan kulit

Mengaplikasikan serum secara rutin dan benar pasti akan membuat kulit akan lebih sehat dan jauh dari kata kusam. Tak hanya itu saja tentu ada beberapa manfaat utama lainnya setelah kamu menggunakan serum wajah.

Kulitmu dapat melawan tanda-tanda penuaan kulit seperti garis-garis halus dan kerutan, membersihkan pori-pori kulit, menambah cahaya dan membuat kulit lebih bersinar.

Selain itu serum juga dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi, melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan meremajakan kulit.

Nah, sudahkah kamu mendapatkan produk serum wajah yang cocok dengan kondisi kulit?

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Baca juga : Biar Kulit Cerah, 11 Bahan Ini Ternyata Cocok untuk Masker Wajah Alami

Reference
  1. today.com (2019) diakses 19 Mei 2020. What is serum? Everything to know about face serum and if you should use it
  2. webmd.com (2012) diakses 19 Mei 2020. The Truth About Facial Serums
  3. elle.com (2020) diakses 19 Mei 2020. 21 Reasons You Need To Introduce A Serum Into Your Life
    Berita Terkait
    register-docotr