Kulit & Perawatan Tubuh

Tips Memilih Moisturizer yang Tepat untuk Kulit Kombinasi

May 25, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Moisturizer adalah salah satu produk perawatan kulit yang tidak boleh kamu lewatkan penggunaanya. Akan tetapi, jika kamu memiliki kulit kombinasi, kamu harus cermat dalam memilih produk moisturizer. Nah, berikut adalah tips memilih moisturizer untuk kulit kombinasi di bawah ini.

Perlu kamu ketahui bahwa kulit kombinasi ditandai dengan kulit yang kering atau normal di beberapa area dan kulit yang berminyak di area lainnya, misalnya saja T zone (hidung, dahi, dan dagu).

Baca juga: Catat! Ini 8 Penyebab Muka Terlihat Cepat Tua

Tips memilih moisturizer untuk kulit kombinasi

Moisturizer adalah salah satu produk perawatan kulit yang penting untuk digunakan, terutama untuk melembapkan kulit yang kering. Nah, moisturizer ini bekerja sebagai pelindung kulit, yang mana menjaga kulit agar tetap terhidrasi dan sehat.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips memilih moisturizer atau pelembap untuk kulit kombinasi yang wajib kamu ketahui.

1. Pilih moisturizer yang formulanya ringan untuk kulit

Memilih moisturizer untuk kulit kombinasi memang bukanlah hal yang mudah. Sebab, produk yang bekerja baik untuk area kulit yang kering mungkin tidak memberikan hasil yang sama untuk area kulit yang berminyak, begitupun sebaliknya.

Salah satu cara yang paling mudah yakni, pilihlah produk moisturizer yang cukup ringan untuk digunakan seluruh wajah. Akan tetapi, untuk area kulit yang sangat kering, ini mungkin tidak melembapkan dengan baik.

Pada kasus tersebut, kamu bisa menggunakan kombinasi dengan dua moisturizer, yang mana masing-masing moisturizer ditargetkan pada area tertentu.

Dr. Jeanine B. Downie, MD, seorang dokter kulit mengatakan bahwa pelembab dengan konstitensi yang  lebih berat dapat dioleskan ke bagian sisi wajah, karena area ini cenderung lebih kering. Sedangkan, pelembap yang lebih ringan dapat digunakan di T zone.

Sebagai tambahan, moisturizer yang baik untuk kulit kombinasi yakni moisturizer berbahan dasar air yang ringan digunakan.

2. Memilih moisturizer untuk kulit kombinasi dengan memerhatikan kandungannya

Salah satu hal yang paling penting ketika kamu memih moisturizer untuk kulit kombinasi yakni dengan memerhatikan kandungan utamanya. Dikutip dari laman Derm Collective, terdapat beberapa kandungan yang baik untuk kulit kombinasi, di antaranya adalah:

Antioksidan

Antioksidan dapat membantu menjaga kesehatan kulit kombinasi dengan cara melindunginya dari radikal bebas yang dapat merusak kulit. Vitamin C dan E merupakan beberapa antioksidan yang paling umum dalam produk skincare.

Vitamin C sendiri berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, sedangkan vitamin E dapat membuat kulit lebih halus dan sehat.

Ceramide

Ceramide merupakan lipid yang diproduksi oleh tubuh untuk membuat lapisan pelindung di seluruh kulit. Dapat dikatakan bahwa lipid ini adalah dasar dari kemampuan kulit untuk melindungi kulit dari paparan faktor lingkungan dan mencegah hilangnya kelembapan dari kulit.

Seiring bertambahnya usia produksi ceramide dalam tubuh cenderung melambat. Oleh karena itu, kamu bisa mempertimbangkan kandungan ceramide untuk menjaga kelembapan serta kesehatan kulit kombinasi.

Akan tetapi, ceramide tidak cocok digunakan pada kulit berminyak dan rentan berjerawat. Sebab, dapat menyebabkan pori-pori tersumbat.

Noncomedogenic

Tak hanya itu, kamu juga dapat memilih produk berlabel noncomedogenic. Sebab, ini tidak akan menyumbat pori-pori. Selain itu, produk juga tidak akan menghilangkan kelembapan kulit.

Baca juga: Sudah Tepatkah Urutan Kamu Memakai Skincare? Coba Pastikan di Sini!

3. Pilihlah moisturizer yang sekaligus dapat melindungi dari paparan sinar matahari berlebih

Paparan sinar matahari berlebih dapat menyebabkan masalah kulit tertentu, salah satunya adalah kulit yang terlalu kering. Terlepas dari apapun jenis kulitmu, sebaiknya pilihlah moisturizer yang juga dapat membantu melindungi kulit dari sinar matahari.

Misalnya saja dengan memilih moisturizer dengan kandungan sun protection factor (SPF) 30.

4. Hindari kandungan tertentu

Tips memilih moisturizer untuk kulit kombinasi selanjutnya juga meliputi memerhatikan kandungan yang sebaiknya dihindari. Adapun beberapa kandungan dalam moisturizer yang sebaiknya kamu hindari di antaranya adalah:

Humektan sintetis

Humektan sintetis dapat menarik kelembapan ke atas permukaan kulit tanpa meningkatkan kemampuan kulit untuk menghasilkan kelembapan dengan sendirinya. Jika kandungan ini digunakan dalam jangka panjang, ini bisa membuat kulit benar-benar kering.

Adapun beberapa kandungan humektan sintetis yakni butylene glycol, dicyanamide, sorbitol, serta sodium PCA.

Wewangian

Pewangi atau pengharum tambahan adalah bahan yang berpotensi mengiritasi kulit, terutama jika kamu memiliki kulit sensitif. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk memiluh produk yang bebas pewangi untuk mencegah iritasi pada kulit.

Nah, itulah beberapa tips memilih moisturizer untuk kulit kombinasi. Jika kamu memiliki pertanyaan lainnya seputar perawatan kulit kombinasi jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Derm Collective (2019). Diakses pada 24 Mei 2021. Best Moisturizers for Combination Skin: How to Pick One and How to Use It 

Everyday Health (2010). Diakses pada 24 Mei 2021. How to Find the Right Skin Moisturizer

Healthline (2020). Diakses pada 24 Mei 2021. Choosing a Healthy Facial Moisturizer 

Webmd (2012). Diakses pada 24 Mei 2021. Choosing the Right Moisturizer for Your Skin 

Webmd (2021). Diakses pada 24 Mei 2021. What’s Your Skin Type? 

    register-docotr