Kulit & Perawatan Tubuh

Memakai Masker Wajah Setiap Hari Bikin Kulit Mulus atau Justru Berbahaya?

February 3, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Memiliki kulit wajah yang sehat adalah impian setiap orang. Salah satu cara untuk mewujudkannya, adalah dengan memakai masker wajah. Namun, apakah ini berarti kamu harus memakainya setiap hari?

Jangan-jangan kebiasaan tersebut malah akan berdampak sebaliknya bagi kesehatan kulit. Lalu bagaimana cara tepat memakai produk skin care yang satu ini?

Baca juga: Suntik Putih, Kenali Efek Sampingnya Sebelum Mencoba

Memakai masker wajah setiap hari, bermanfaat atau malah berbahaya?

Secara umum masker wajah hanya boleh digunakan paling banyak 3 kali dalam seminggu.

Ini mempertimbangkan cara kerjanya yang menutupi wajah dengan formula khusus, dalam jangka waktu cukup lama, yakni sekitar 10-20 menit.

Jika digunakan terlalu sering, produk ini cenderung akan menghilangkan kelembapan alami wajah, dan justru malah membuatnya menjadi semakin kering.

Aturan memakai masker berdasarkan jenisnya

Untuk mendapatkan hasil yang optimal tanpa mengganggu kesehatan kulit, catat baik-baik aturan memakai masker yang dilansir dari Healthline berikut:

Masker tanah liat dan lumpur

Bentuknya mudah dikenali karena konsistensinya yang tebal dan warnanya yang khas seperti hijau, coklat, atau abu-abu.

Masker ini dikenal bisa menarik minyak dan kotoran dari pori-pori wajah, sehingga banyak direkomendasikan untuk kulit yang rentan berjerawat, berminyak, kombinasi, atau kusam.

Untuk aturan pemakaiannya, masker tanah liat dan lumpur hanya boleh dipakai maksimal selama 15 menit, hingga tiga kali per minggu.

Masker arang

Di dunia kesehatan, arang aktif telah banyak digunakan selama bertahun-tahun untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

Dalam perawatan kulit, masker berbahan arang aktif dinilai paling cocok untuk jenis kulit yang rentan berjerawat, berminyak, dan kombinasi.

Mirip dengan masker tanah liat dan lumpur, masker arang hanya boleh dipakai selama 15 menit dan diaplikasikan sebanyak sekali atau dua kali dalam seminggu.

Masker krim atau gel

Masker wajah yang satu ini mampu melembapkan kulit dengan mengisi kembali sel-sel kering secara mendalam.

Relatif cocok untuk semua jenis kulit, masker krim dan gel bisa dipakai juga oleh pemilik kulit kering, atau bahkan sensitif.

Masker ini umumnya dapat digunakan tiga kali dalam seminggu. Beberapa formula di dalamnya ada juga yang dapat dipakai sebagai rangkaian perawatan kulit di malam hari.

Masker eksfoliasi, dan peel-off

Cara pakai masker ini mirip dengan masker gel, hanya saja di akhir pemakaian, gel akan mengering dan kemudian dikupas. Saat terkelupas, kotoran, dan minyak, yang menyumbat pori-pori juga ikut terbawa.

Masker ini paling baik untuk wajah yang bertekstur kasar atau tidak rata.

Karena formulanya yang cenderung lebih agresif daripada jenis masker wajah lainnya, masker ini hanya boleh dipakai paling banyak seminggu sekali.

Sheet mask

Ini adalah jenis masker berupa potongan kertas sekali pakai. Bentuknya menyerupai kain, atau kapas, yang berisikan serum. Masker ini bekerja dengan menyegel serum saat ditempelkan di wajah.

Sheet mask hadir dalam beragam formula untuk semua jenis kulit, karenanya ini dapat digunakan setiap hari sebagai pengganti langkah serum dalam rutinitas perawatan kulit kamu.

Tips memilih masker wajah untuk pemakaian rutin

Untuk menentukan jenis masker mana yang paling cocok untuk dipakai setiap hari, lakukan beberapa tips di bawah ini:

Baca petunjuk kemasan

Seberapa sering kamu boleh memakai masker, dapat diketahui dengan membaca petunjuk pada label di balik kemasan masker.

Di label kemasan ini, kamu akan menemukan informasi tentang frekuensi pemakaian masker yang dianjurkan dengan mempertimbangkan formula, maupun kekuatan bahannya.

Sesuaikan dengan jenis kulit

Frekuensi pemakaian masker juga tergantung pada jenis kulit yang kamu miliki. Pemilik kulit sensitif misalnya dianjurkan membatasi pemakaian masker secara mingguan untuk menghindari reaksi yang berlebihan.

Beberapa masker wajah, seperti clay dan yang terbuat dari formula penghidrasi, dapat digunakan dengan aman dua atau tiga kali seminggu. Lainnya, seperti jenis eksfoliasi atau antipenuaan, sebaiknya hanya digunakan seminggu sekali untuk menghindari iritasi.

Jika kamu merasa memiliki pertanyaan seputar cara merawat kulit, jangan ragu bertanya kepada dokter profesional melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

This Is How Often You Should Use a Face Mask in Your Skin Care Routine https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-often-should-you-use-a-face-mask#when-to-increase-or-decrease diakses pada 2 Februari 2021

Do Face Masks Actually Do Anything for Your Skin? https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/do-face-masks-work#how-to-maximize-results diakses pada 2 Februari 2021

How to Choose the Best Facial Mask for Your Skin Type https://www.annmariegianni.com/how-to-choose-the-best-facial-mask-for-your-skin-type/ diakses pada 2 Februari 2021

 

    register-docotr