Info Sehat

Cara Memundurkan Gigi Tonggos: Pakai Behel hingga Operasi Rahang

February 3, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Gigi yang terlalu menonjol ke depan bisa mengurangi rasa percaya diri, terutama jika harus sering berkomunikasi dengan banyak orang. Tak perlu khawatir, ada beberapa cara memundurkan gigi tonggos yang bisa dipilih.

Nah, untuk mengetahui apa saja cara yang bisa digunakan untuk memundurkan gigi tonggos, simak ulasan lengkapnya berikut ini, yuk!

Kondisi gigi tonggos

Gigi tonggos adalah kondisi saat gigi tidak sejajar dengan barisan di sekitarnya dan cenderung lebih maju ke depan. Keadaan tersebut sering disebut dengan overbite atau maloklusi. Pada kasus yang ringan, gigi tonggos mungkin tak terlalu mengganggu.

Namun, jika ketidaksejajaran terlihat sangat jelas, sejumlah metode untuk merapikan gigi (cosmetic dentistry) biasanya cukup efektif untuk mengatasinya.

Gigi tonggos bisa disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

  • Mengisap jempol: Anak berusia 3 hingga 4 tahun yang masih mengisap jempol berpotensi memiliki gigi tonggos. Pada usia tersebut, gigi permanen mulai tumbuh. Tekanan dari isapan dan jari dapat menyebabkan gigi berubah posisi pada sudut yang tak normal.
  • Genetik: Beberapa orang terlahir dengan rahang tidak rata yang akhirnya memengaruhi struktur gigi itu sendiri. Hal yang satu ini juga bisa dipicu karena faktor keturunan.
  • Gigi lepas, kelebihan gigi atau gigi impaksi: Hal ini dapat menyebabkan gigi tumbuh tidak rata dan bisa menyebabkan gigi terdorong ke depan.
  • Tumor atau kista: Adanya jaringan baru atau kantong cairan di rahang dapat mengubah kesejajaran gigi dan bentuk mulut. Gigi bisa bergeser lebih ke depan sehingga terlihat seperti menonjol. Penyebab gigi tonggos yang satu ini biasanya disertai luka, nyeri, atau benjolan.

Meski bukan kondisi serius yang sampai membahayakan nyawa, gigi tonggos dapat menyebabkan ketidaknyamanan dalam beraktivitas, seperti sulit bicara dan susah mengunyah. Kerusakan gigi dan gusi serta penampilan wajah juga bisa kena dampak dari kondisi gigi tonggos.

Baca juga: 6 Cara Merapikan Gigi: Memasang Behel hingga Perbaikan Kontur

Cara memundurkan gigi tonggos

Pada kasus yang ringan, gigi tonggos tidak membutuhkan perawatan khusus. Namun, jika kamu merasa tidak nyaman dan penampilan wajah mulai terpengaruh, ada beberapa metode dan cara memundurkan gigi tonggos yang dapat dilakukan, seperti:

1. Kawat gigi

Metode paling umum untuk merapikan gigi adalah dengan kawat atau behel. Banyak orang memilih cara ini untuk membuat gigi menjadi lebih sejajar dan terlihat rata antara satu dengan yang lain.

Behel logam yang menempel di gigi akan disesuaikan dari waktu ke waktu dengan bentuk yang diinginkan supaya lebih simetris. Secara bertahap, behel akan menggerakkan gigi perlahan ke belakang.

2. Ekspansi langit-langit mulut

Palatal expansion. Sumber foto: www.swordsortho.com

Ekspansi langit mulut atau palate expansion biasanya dilakukan pada anak-anak atau remaja dengan rahang atas yang terlalu kecil. Rahang yang terlalu kecil bisa membuat gigi menjadi lebih sesak hingga akhirnya sedikit maju ke depan.

Alat khusus bernama ekspander palatal yang terdiri dari dua bagian dipasang pada gigi geraham atas. Bagian sekrupnya kemudian mulai bergerak untuk ‘memperlebar’ langit-langit mulut secara perlahan.

3. Invisalign

Cara memundurkan gigi tonggos berikutnya adalah dengan invisalign. Pada dasarnya, metode ini hampir mirip dengan behel, tapi berbeda dari material yang digunakan.

Dikutip dari Healthline, tidak seperti behel yang menggunakan kawat logam, invisalign memakai plastik bening untuk dijadikan sebagai pelurus dan penahan. Dengan warna yang bening, orang lain mungkin tidak akan tahu jika kamu sedang memakai alat itu.

Material plastik bening itu pertama-tama akan ditempelkan ke gigi untuk membuat cetakan yang pas. Jika sudah, maka kamu akan memakainya dalam periode waktu tertentu agar gigi bisa perlahan bergerak ke posisi yang tepat.

4. Operasi rahang

Penanganan untuk gigi tonggos yang tergolong paling ekstrem adalah operasi rahang. Prosedur ini biasanya dilakukan jika gigi benar-benar sudah terlalu menonjol ke depan hingga bibir tak bisa tertutup sempurna.

Bedah dilakukan untuk mengubah sedikit posisi tulang rahang. Pembedahan biasanya dijalankan dengan mendorong tulang rahang atas ke belakang atau memajukan tulang rahang bawah ke depan.

Nah, itulah empat cara memundurkan gigi tonggos yang perlu kamu tahu. Sebelum memilih salah satu dari beberapa metode di atas, bicarakan lebih dulu dengan dokter gigi untuk menentukan prosedur yang tepat, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 26 Januari 2021, What Causes Buck Teeth (Overbite) and How Do I Treat Them Safely?
  2. Health, diakses 26 Januari 2021, 11 Things I Wish I’d Known Before I Got Invisalign.
  3. Orthodontic Experts, diakses 26 Januari 2021, How to Fix an Overbite Without Braces?
  4. Bruce Orthodontics, diakses 26 Januari 2021, 4 Ways to Correct an Overbite.

    register-docotr