Info Sehat

Mata Bengkak setelah Menangis? Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

February 3, 2021 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Setelah menangis, banyak dari kita yang tidak bisa menyembunyikannya. Hal itu dikarenakan setelah menangis mata menjadi bengkak dan sangat jelas terlihat. Apa penyebab mata bengkak setelah menangis? Yuk, simak penjelasan selengkapnya. 

Apa penyebab mata bengkak setelah menangis? 

Melansir dari laman Medical News Today, mata selalu mengeluarkan air mata dalam jumlah tertentu. Ketika mata bengkak setelah menangis, hal itu disebabkan karena kamu mengeluarkan air mata emosional.

Cairan air mata, yang berasal dari kelenjar lakrimal, mengalir di atas permukaan mata dan mengalir keluar dari sudut kelopak mata.

Air mata melindungi permukaan mata dan membantu menghilangkan kotoran dari mata. Berikut ini tiga jenis air mata seperti dilansir dari laman Medical News Today:

Air mata basal

Ini adalah air mata dasar dan fungsional yang selalu ada di mata. Jenis air mata ini melumasi dan melindungi kornea, sekaligus menjauhkan kotoran dan debu.

Air mata refleks

Air mata ini merespons iritasi, seperti benda asing, asap, dan aroma bawang. Mata menghasilkan lebih banyak air mata refleks daripada air mata basal, dan mengandung antibodi yang membantu melawan bakteri.

Air mata emosional

Perasaan yang kuat dapat memicu air mata emosional. Jenis air mata ini berhubungan dengan rasa sakit fisik, empati, kelelahan, atau kasih sayang.

Ketika seseorang menangis dengan emosi, mereka dapat menghasilkan lebih banyak air mata daripada yang dapat diatasi oleh sistem drainase lakrimal. 

Hal ini menyebabkan air mata mengalir dari mata dan terkadang hidung. Jaringan di sekitar mata kemudian dapat menyerap kembali air mata, membuat area tersebut tampak bengkak. Jadi apabila mata bengkak setelah menangis, berarti kamu mengeluarkan air mata emosional. 

Cara mengatasi mata bengkak setelah menangis

Menurut penjelasan Medical News Today, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi tampilan mata bengkak dengan beberapa pengobatan rumah berikut:

1. Kompres dengan air dingin

Segala sesuatu yang dingin dapat membantu peradangan dan pembengkakan, karena mengurangi aliran darah. Oleh karena itu, kompres dengan air dingin, kompres es atau bahkan sendok yang didinginkan atau dibekukan dapat digunakan.

Ada banyak masker mata kompres dingin yang tersedia. Sebagai alternatif, seseorang dapat merendam handuk atau waslap dalam air dingin dan mengoleskannya ke area mata selama 5–10 menit setiap kali.

2. Memakai mentimun

Menggunakan mentimun pada mata bengkak memang terkenal. Kandungan airnya yang tinggi, mentimun menghidrasi kulit dan mengurangi pembengkakan, bekerja dengan cara yang mirip dengan kompres dingin.

Mentimun juga memiliki aktivitas antiinflamasi dan antioksidan serta mengandung vitamin K yang dapat membantu mengurangi lingkaran hitam.

3. Kompres dengan kantong teh

Bahan utama dalam pengobatan alami ini adalah kafein dan tanin alami. Tanin bekerja sebagai astringent, yang berarti dapat menyempitkan jaringan tubuh. Kafein dapat menembus sawar kulit, memiliki sifat antioksidan yang kuat, dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit.

Cukup rendam teh dalam air hangat, lalu dinginkan kantong di dalam lemari es beberapa saat. Letakkan kantong teh di setiap mata selama beberapa menit.

4. Menggunakan roller mata

Ada berbagai pilihan roller mata di pasaran yang dapat membantu mengurangi bengkak, menghilangkan lingkaran hitam, dan menawarkan manfaat anti-penuaan.

Rol umumnya terbuat dari logam dan dapat didinginkan Perangkat ini mendinginkan area mata dan memberikan pijatan ke area bawah mata, yang membantu meningkatkan sirkulasi.

5. Mengoleskan krim wajah dan mata

Banyak krim wajah dan mata dapat membantu mengatasi bengkak, mendinginkan area mata, dan menyempitkan pembuluh darah. Krim yang mengandung bahan-bahan seperti bisa kamu coba:

  • Retinol
  • Vitamin C
  • Fenilefrin
  • Asam hialuronat

6. Memberikan pijatan 

Selain itu, perawatan sendiri yang sederhana adalah dengan menggunakan jari untuk memijat lembut area mata.

Orang dapat mendinginkan jari mereka di bawah air es, meletakkan jari telunjuk di pangkal hidung (di bawah alis), dan memijat di sepanjang area bawah mata. 

Baca juga: Pilihan Obat Mata Bengkak, dari yang Ada di Apotek sampai Obat Alami

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Medicalnewstoday.com (2020) diakses pada 27 Januari 2021. 8 home remedies to reduce puffy eyes from crying
  2. Healthline.com (2019) diakses pada 27 Januari 2021. Eyes Swollen from Crying? Try One of These 13 Home Remedies 
    Berita Terkait
    register-docotr