Olahraga

Apa Itu Olahraga TRX, Apa Saja Manfaatnya bagi Tubuh?

February 3, 2021 | Fitri Chaeroni | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Ingin mencoba jenis olahraga baru yang sederhana tapi efektif? Mungkin kamu bisa mencoba melakukan olahraga TRX.

Sekilas jenis olahraga ini sangat sederhana karena hanya memanfaatkan tali suspensi selama latihan.

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai olahraga TRX, yuk simak penjelasan berikut ini.

Apa itu olahraga TRX? 

Total body resistance exercise (TRX) adalah latihan kekuatan seluruh tubuh yang memanfaatkan berat badan sendiri alih-alih mengandalkan mesin atau dumbel.

Alat dasar yang digunakan dalam olahraga TRX adalah sebuah tali suspensi atau suspension straps. Tali ini bisa kamu beli sendiri untuk latihan di rumah, atau menggunakan fasilitas yang ada di gym.

Alat peraga suspensi TRX dirancang dengan tali, pegangan, penyangga kaki, dan bantalan tugas berat.

Efektivitas olahraga TRX

Sebuah studi ilmiah kecil yang disponsori oleh American Council on Exercise (ACE) menunjukkan olahraga TRX adalah alternatif yang baik ketimbang latihan tradisional.

Studi ACE tersebut melibatkan 16 pria dan wanita sehat berusia 21 hingga 71 tahun dan aktif secara fisik. Para peserta melakukan tiga sesi olahraga TRX selama 60 menit per minggu selama delapan minggu.

Hasil penelitian menunjukkan peserta mengalami penurunan yang signifikan pada aspek-aspek berikut:

  • Lingkar pinggang
  • Persentase lemak tubuh
  • Tekanan darah sistolik
  • Tekanan darah diastolik

Selain itu, menurut penelitian ACE, juga terjadi peningkatan pada aspek kebugaran kardiovaskular dan otot hanya dalam delapan minggu.

Manfaat olahraga TRX

Manfaat TRX berpotensi menciptakan dampak positif pada kesehatan individu secara keseluruhan.

Berikut beberapa manfaat yang mungkin kamu dapat dari olahraga TRX!

1. Cocok untuk semua orang

Jika kamu baru akan memulai rutinitas olahraga rutin, latihan TRX sangat cocok untuk semua level. 

Hanya dengan mengubah sedikit posisi tubuh, beban pada otot kamu dapat ditingkatkan atau diturunkan, artinya semua orang dapat menggunakan metode pelatihan ini.

2. Bisa dilakukan di mana saja

Kamu bisa memasangnya di rumah atau membawanya saat liburan atau dalam perjalanan kerja. Kamu dapat menikmati manfaat TRX di manapun kamu berada.

Selain itu, untuk melakukan latihan TRX kamu juga tidak memerlukan banyak peralatan. Tidak ada sepatu, tidak ada sarung tangan, tidak masalah.

TRX tidak mengharuskan kamu membawa peralatan apa pun atau memakai aksesori tambahan. Kamu bahkan dapat mengikuti kelas tanpa alas kaki!

3. Membantu membangun inti tubuh yang kokoh

Memiliki body core atau inti tubuh yang kuat berarti lebih dari sekadar memiliki six-pack yang terlihat. Jika kamu ingin bergerak, terasa dan terlihat lebih baik, kemungkinan besar kamu harus memulai dengan inti tubuh.

Itulah mengapa setiap gerakan yang dilakukan pada olahraga TRX mengharuskan kamu menahan dan menstabilkan perut, obliques, dan punggung bawah sehingga kamu dapat memanfaatkan berat badan sendiri sebagai beban.

Latihan TRX menggunakan gerakan fungsional untuk membantu kamu meningkatkan kebugaran inti tubuh secara keseluruhan.

4. Latihan total tubuh yang cepat dan efektif

Apakah kamu ingin membangun kekuatan, menghilangkan lemak, meningkatkan daya tahan atau fleksibilitas? Latihan TRX ini dapat digunakan untuk mencapai tujuan kebugaran apa pun.

Dengan hanya memanfaatkan berat badan untuk melakukan ratusan latihan, kamu mendapatkan latihan seluruh tubuh, sekaligus melatih inti tubuh kamu.

Latihan ini dapat menyesuaikan berat badan dengan cepat, kamu dapat meminimalkan waktu latihan dengan beralih dari satu latihan ke latihan berikutnya hanya dalam hitungan detik.

5. Memiliki intensitas sedang, minim risiko cedera

Latihan TRX tidak terlalu menekan persendian dan memiliki risiko cedera yang rendah sehingga memungkinkan kamu untuk berlatih sekeras mungkin tanpa memperparah cedera yang sudah ada sebelumnya.

Bagaimana cara memulai olahraga TRX?

Jika kamu baru akan memulai olahraga ini, ada baiknya kamu bergabung atau mengikuti kelas pelatihan TRX di pusat kebugaran.

Setelah mengetahui basic rules atau semua tata cara dari ahlinya, kamu baru bisa memulai untuk melakukannya sendiri di rumah.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar olahraga TRX? Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

WebMD. Diakses pada 2 Februari 2021. TRX Suspension Training

Verwell Fit. Diakses pada 2 Februari 2021. How TRX Training Improves Strength, Balance, and Flexibility

Kennedy Fitness. Diakses pada 2 Februari 2021. WHAT IS TRX SUSPENSION TRAINING AND HOW CAN IT IMPROVE OVERALL FITNESS?

Health. Diakses pada 2 Februari 2021. TRX: 6 Things to Know Before Trying a Class

Health and Fitness. Diakses pada 2 Februari 2021. 7 Benefits of TRX Suspension Training

Shape. Diakses pada 2 Februari 2021. New Study Shows TRX Is an Effective Total-Body Workout

    Berita Terkait
    register-docotr