Kulit & Perawatan Tubuh

5 Pilihan Masker Alami untuk Atasi Jerawat, Yuk Coba!

June 10, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Ladies, siapa sih yang nggak kesal ketika jerawat tiba-tiba muncul di kulit wajah? Selain menimbulkan rasa sakit jerawat juga mengganggu penampilan. Tetapi jangan khawatir, karena kamu bisa lho mengatasinya dengan masker alami untuk jerawat.

Kira-kira apa saja ya bahan alami untuk masker kulit berjerawat dan bagaimana caranya? Yuk cari tahu selengkapnya!

Masker alami untuk atasi jerawat

Yogurt, oatmeal dan madu sebagai bahan masker alami. (Foto:https://www.freepik.com)

1. Masker oatmeal

Oat mengandung sifat antioksidan dan antiinflamasi yang baik untuk meredakan jerawat. Selain itu, oatmeal juga merupakan sumber vitamin B kompleks, vitamin E, protein, lemak, dan mineral. Olahan gandum ini layak dicoba untuk mengatasi jerawat. 

Nah, cara membuat masker dari oatmeal pun tidak sulit kok. Cukup siapkan 1-2 sendok makan oatmeal kemudian masak atau seduh. Setelah tercampur rata, diamkan hingga masker oatmeal tersebut menjadi dingin. 

Kalau sudah dingin, kamu bisa mengoleskannya secara merata pada kulit wajah. Diamkan selama 20-30 menit kemudian bilas dengan air. Jangan lupa keringkan wajah dengan handuk bersih. 

2. Masker kunyit dan madu

Kunyit adalah tanaman bersifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Tentunya, sifat tersebut cocok untuk mengatasi masalah jerawat pada kulit wajah. 

Mencampur kunyit dengan madu sangat baik untuk merawat kulit karena madu memiliki sifat antioksidan, antibakteri dan antimikroba. Madu dapat membantu menenangkan kulit yang meradang sekaligus mencegah bertambahnya jerawat. 

Untuk menjadikan kunyit sebagai masker wajah, pilih kunyit yang sudah berbentuk bubuk ya. Kemudian campurkan 1/2 sendok teh bubuk kunyit dengan 1 sendok makan madu. Aduk merata hingga kamu mendapatkan tekstur yang agak mengental. 

Nah, lanjutkan dengan mengoleskan masker secara merata pada wajah dan kemudian diamkan 10-15 menit. Bilas wajah hingga bersih dan keringkan dengan handuk. 

Baca juga: 8 Manfaat Masker Telur Putih untuk Kulit Wajah

3. Masker lidah buaya

Apakah kamu pemilik wajah dengan kulit berminyak dan berjerawat? Sepertinya kamu perlu mencoba membuat masker lidah buaya deh. 

Lidah buaya atau aloe vera adalah bahan alami yang sudah dikenal dengan kemampuannya dalam menenangkan kulit. Di samping itu, lidah buaya juga mengandung asam salisilat dan sulfur alami yang efektif melawan perkembangan jerawat.

Untuk membuat masker lidah buaya, pertama-tama kamu perlu menghancurkan lidah buaya terlebih dahulu. Setelah lidah buaya menjadi halus, campurkan dengan bubuk kunyit atau teh hijau. Hal ini dapat membantu mengontrol minyak pada kulit. 

4. Masker madu 

Madu memiliki sifat antibakteri yang dapat mempercepat penyembuhan luka bakar, infeksi, serta menghambat pertumbuhan jerawat pada kulit. Untuk mengatasi jerawat dengan madu caranya sangatlah sederhana karena kamu bisa melakukannya tanpa mencampur madu dengan bahan lain. 

Pertama-tama, bersihkan dan bilas wajah dengan air hangat. Setelah itu, oleskan madu pada seluruh wajah dan diamkan selama 30 menit. Saat sudah mengering, bilas kembali wajah dengan air hangat hingga bersih. Pastikan tidak ada sisa madu yang menempel pada wajah ya. 

5. Masker yogurt 

Selain lidah buaya, pemilik kulit berminyak juga perlu mencoba masker berbahan dasar yogurt lho. Berdasarkan penelitian International Journal of Women’s Dermatology, produk susu fermentasi seperti yogurt efektif menghambat pertumbuhan jerawat dan menjaga kesehatan kulit. 

Untuk mengatasi jerawat dengan yogurt, kamu juga perlu menyediakan brewer’s yeast atau ragi yang biasa dijadikan bahan pembuat bir serta roti. Caranya, campurkan 1 sendok teh ragi tersebut dengan yogurt plain secukupnya dan aduk hingga rata. 

Oleskan campuran masker tadi ke seluruh bagian wajah dan biarkan selama 15-20 menit ya. Jika sudah, bilas dengan air hangat lalu bilas kembali menggunakan air dingin untuk menutup pori-pori. 

Baca juga: 5 Bahan Ini Ampuh Hilangkan Komedo secara Alami

Tips sebelum menggunakan masker 

Sebelum menggunakan masker, biasakan untuk membersihkan kulit wajah terlebih dahulu ya.

Setelah itu kamu juga bisa melakukan steam wajah sendiri dengan handuk panas supaya kotoran yang tertinggal di dalam pori-pori bisa lebih mudah keluar.

Namun bila kamu adalah penderita gangguan kulit seperti rosacea, psoriasis, atau jerawat yang sangat parah, lebih baik tanyakan terlebih dulu pada dokter kulit soal steam wajah ini ya. 

Itu dia pilihan masker alami untuk masalah jerawat yang bisa kamu coba buat di rumah. Yuk manfaatkan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan untuk menambah kecantikan kulitmu.  

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    Berita Terkait
    register-docotr