Kehamilan

Suka Makan Pedas Saat Hamil? Ini Hal Penting Perlu Moms Ketahui

June 10, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Pastinya banyak para ibu yang saat hamil ingin mengonsumsi makanan pedas. Nah, daripada keliru kita simak yuk, apakah boleh ibu hamil makan pedas?

Bolehkah ibu hamil makan pedas?

Pada dasarnya ibu hamil banyak beranggapan bahwa mengonsumsi makananan di saat hamil bukanlah hal tepat. Para ibu beranggapan bahwa hal tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan janin. 

Namun, para ahli kesehatan menyatakan bahwa pada dasarnya ibu hamil makan pedas diperbolehkan. Kandungan vitamin C yang ada di dalam cabai juga baik untuk janin.

Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi setiap ibu hamil dikarenakan kondisi tubuh yang berbeda-beda. Pada dasarnya ibu hamil makan pedas diperbolehkan, tetapi tidak berlebihan dan dalam jumlah yang cukup.

Efek makan pedas pada ibu hamil

Dikarenakan setiap kondisi ibu hamil berbeda-beda, ada beberapa masalah yang dapat ditimbulkan ketika mengonsumsi makanan pedas, antara lain:

Mulas

Banyak ibu hamil yang merasakan mulas di saat mengonsumsi makanan pedas terutama pada saat trisemester terakhir. Hal ini membuat asam lambung Moms menjadi meningkat. 

Selain itu, hormon-hormon lain juga dapat memicu rasa mulas tersebut menjadi lebih parah.

Morning sickness 

Kondisi ini seringkali terjadi selama trisemester pertama. Biasanya Moms akan mengalami mual dan muntah di pagi hari atau biasa disebut dengan morning sickness.

Sebaiknya saat mengalami kondisi tersebut, Moms jangan mengonsumsi makanan pedas terlebih dahulu. Dikarenakan hal tersebut bisa memperparah rasa mual.

Memicu alergi

Meski kondisi pada setiap ibu hamil berbeda-beda, tetapi ada beberapa kasus ibu hamil bisa mengalami alergi ketika mengonsumsi makanan pedas. Biasanya kondisi tersebut lebih sensitif di saat trisemester ketiga.

Sebaiknya pada saat itu, Moms hindari mengonsumsi makanan pedas, minuman bersoda, atau makanan yang dapat memicu terjadinya alergi. Hal tersebut dapat menimbulkan gangguan pencernaan.

Manfaat makan pedas saat hamil

Sekarang Moms gak perlu bingung lagi, karena makan pedas saat hamil diperbolehkan tetapi harus dalam jumlah yang cukup ya. 

Berikut beberapa manfaat mengonsumsi makanan pedas bagi ibu hamil, antara lain:

Anak dapat mengenal lebih banyak makanan

Jika Moms mengonsumsi makanan pedas pada saat masa kehamilan dapat memperluas anak mengenal lebih banyak rasa dan jenis makanan. Tetapi harus diingat ya Moms, jangan mengonsumsinya terlalu berlebihan.

Melawan sel kanker

Biasanya pada masa kehamilan para Moms mungkin mengalami kerusakan oksidatif, yang dapat mengakibatkan kanker. Makanan pedas seperti cabai mengandung antioksidan yang dapat memperlambat dan mencegah kanker.

Mencegah jerawat

Pada masa kehamilan, biasanya banyak Moms yang mengalami masalah pada kulit yang berjerawat. Kandungan vitamin yang ada di dalam cabai dipercaya dapat membantu mencegah jerawat.

Mengatasi batuk dan pilek

Biasanya saat masa kehamilan banyak Moms yang mengalami batuk dan pilek. Dengan mongonsumsi makanan pedas, dapat membantu untuk meredakan gangguan batuk dan pilek yang ibu hamil rasakan. 

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Biasanya imunitas tubuh pada saat kehamilan menjadi menurun karena beberapa faktor. Kandungan vitamin C yang terdapat pada cabai dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit seperti batuk dan pilek.

Menjaga tekanan darah

Kandungan kalium yang ada di dalam cabai dapat membantu tekanan darah Moms menjadi stabil dan terhindar dari penyakit berbahaya seperti hipertensi.

Makana pedas mengandung asam folat

Asam folat sangat dibutuhkan janin pada masa kehamilan. Kandungan asam folat pada cabai bermanfaat bagi janin agar mencegah terjadinya kecacatan atau gangguan lain pada bayi saat lahir.

Mengobati stres

Biasanya pada saat hamil banyak para Moms yang mengalami stres dan depresi. Dengan mengonsumsi makanan pedas ini, dapat membantu Moms untuk mengatasi rasa stres dan depresi yang sedang dialami.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
register-docotr