Olahraga

6 Manfaat Bersepeda: Bisa Turunkan Berat Badan hingga Cegah Sakit Jantung

June 11, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Bersepeda adalah salah satu jenis olahraga kardio yang menyehatkan. Ada banyak manfaat bersepeda yang bisa kamu dapatkan, mulai dari melancarkan sirkulasi darah, membantu menurunkan berat badan, hingga mengurangi risiko terkena berbagai penyakit.

Manfaat bersepeda

Kegiatan ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Bersepeda bisa membuat tubuh lebih aktif bergerak, sehingga kekebalan tubuh akan meningkat. Bukan hanya untuk kesehatan fisik, tetapi juga mental. Ini dia enam manfaat bersepeda yang perlu kamu tahu.

1. Manfaat bersepeda untuk otot

Jika kamu ingin memperkuat otot-otot, tak ada salahnya untuk mulai rajin bersepeda. Kegiatan ini sangat berperan dalam membantu meningkatkan kekuatan otot lengan, paha depan, paha belakang, dan betis.

Saat bersepeda, paha dan betis adalah dua bagian tubuh yang paling aktif digunakan untuk mengayuh. Gerakan yang intens akan membuat otot lebih sehat, ketimbang hanya duduk santai di kursi taman.

Jika baru pertama kali memulai kebiasaan ini, mungkin kamu akan merasakan kram atau kaku otot di bagian lengan dan betis. Ini karena otot-ototmu belum terbiasa bekerja dengan keras. Tapi tenang, semua akan baik-baik saja saat otot mulai terbiasa dengan olahraga bersepeda.

Baca juga: Sakit Pinggang Sebelah Kanan, Mulai dari Masalah Otot hingga Tanda Gangguan Ginjal

2. Membantu menurunkan berat badan

Ilustrasi timbangan badan. Sumber foto: pixabay.

Seperti banyak orang tahu, bersepeda bisa membantu menurunkan berat badan. Bersepeda selama satu jam bisa membakar 400 hingga 1.000 kalori. Pembakaran ini bisa mencegahmu dari obesitas.

Pembakaran kalori akan semakin optimal jika semakin banyak keringat yang mengucur. Keringat mengindikasikan adanya proses pembakaran dalam tubuh. Jadi, semakin lama kamu bersepeda, semakin banyak pula kalori yang akan terbakar.

Tidak hanya kalori, lemak membandel yang menimbun di dalam tubuh juga akan ikut terbakar. Ini alasannya bersepeda menjadi salah satu olahraga favorit banyak orang. Pembakaran kalori dan lemak akan memudahkanmu dalam mencapai berat badan ideal.

3. Manfaat bersepeda untuk jantung

Kamu bisa meningkatkan fungsi organ jantung dengan bersepeda. Saat melakukan olahraga ini, detak jantung akan semakin kencang, membuat organ terpenting manusia itu lebih optimal dalam memompa darah ke seluruh bagian tubuh.

Aliran darah yang tidak normal bisa memicu terjadinya berbagai penyakit kardiovaskular. Sebab, jantung harus beradaptasi dan kerja ekstra dalam memompa darah. Akibatnya, jantung bisa kehilangan fungsi terbaiknya.

Menurut sebuah riset oleh para ilmuwan di Glasgow University, orang yang rajin bersepeda sangat jarang memiliki riwayat penyakit jantung. Risiko serangan jantung yang mematikan juga bisa diminimalkan.

Baca juga: Ini 6 Pertolongan Pertama Serangan Jantung yang Perlu Kamu Tahu

4. Memperbaiki kualitas tidur

Para peneliti di University of Georgia, Amerika Serikat, sepakat, bersepeda bisa membantu seseorang untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Salah satu penyebab masalah atau gangguan tidur adalah tubuh yang tidak bugar.

Dengan bersepeda, tubuh akan menjadi lebih sehat. Alasan lain yang lebih bisa diterima adalah saat tubuh sudah lelah, rasa kantuk pun akan mudah hinggap. Sehingga, gangguan sulit tidur bisa dihindari.

5. Meningkatkan kesehatan mental

manfaat bersepeda untuk kesehatan mental
Ilustrasi gangguan mental. Sumber foto: shutterstock.

Siapa sangka, ternyata bersepeda juga bisa meningkatkan kesehatan mental, lho. Menurut penelitian yang dilakukan oleh YCMA, sebuah organisasi pemuda di Swiss, bersepeda adalah aktivitas fisik yang dapat memacu pelepasan adrenalin dan endorfin.

Endorfin sendiri adalah hormon di dalam tubuh manusia yang berperan dalam mengatur stres, suasana hati, dan emosi. Pelepasan hormon endorfin yang optimal bisa menghindarkan seseorang dari berbagai gangguan mental, misalnya depresi.

6. Baik untuk pengidap kanker

Selain menyehatkan, bersepeda juga bermanfaat bagi pasien kanker, terutama kanker payudara. Olahraga ini bisa mengurangi dampak atau efek samping yang dihasilkan dari pengobatan kemoterapi, misalnya kelelahan.

Sebuah riset memaparkan, pasien kanker bisa meningkatkan kualitas hidupnya dengan bersepeda. Kegiatan ini bisa melancarkan sirkulasi darah ke seluruh bagian tubuh. Ini tak lepas dari gerakan-gerakan aktif selama bersepeda itu sendiri.

Sirkulasi darah yang baik sangat penting bagi semua orang, terutama pasien kanker yang sedang menjalani kemoterapi. Tidak perlu menghabiskan waktu lama, cukup luangkan 15 hingga 30 menit untuk bersepeda di sekitar rumah.

Baca juga: Kemoterapi: Ketahui Prosedur dan Efek Sampingnya

Nah, itulah enam manfaat bersepeda yang baik untuk tubuh dan kesehatan. Olahraga yang rutin akan membantumu dalam memiliki tubuh yang bugar dan mengurangi risiko berbagai penyakit. Selamat bersepeda!

Jangan pernah ragu untuk konsultasikan masalah kesehatanmu bersama para dokter profesional di Good Doctor. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr