Kulit & Perawatan Tubuh

Mengatasi Jerawat hingga Keriput, Ini Dia Segudang Manfaat Laser Wajah

July 9, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Punya wajah cantik yang mulus tentu idaman semua wanita. Untuk mendapatkan itu salah satu metode perawatan yang sedang jadi tren adalah laser wajah. Perawatan ini makin banyak dipilih karena manfaat laser wajah yang langsung terasa.

Masalah kulit wajah yang sering kita temui seperti jerawat, kulit kusam, dan kerutan bisa diatasi dengan perawatan laser wajah. Nah, ingin tahu lebih lengkap manfaat apa saja yang didapat dari laser wajah? Yuk, simak penjelasan bawah ini!

Apa itu laser wajah?

Laser wajah adalah salah satu perawatan kulit yang memanfaatkan kekuatan cahaya dan panas untuk meningkatkan warna kulit, tekstur.

Caranya adalah dengan menembakan laser pada bagian jaringan wajah yang menyebabkan kerusakan pada permukaan kulit. Sehingga tubuh kamu bereaksi untuk menyembuhkan jaringan dengan menciptakan kulit baru.

Jenis dari laser wajah sendiri ada beragam, tergantung pada kebutuhan kamu dan saran dari dokter. Biasanya dokter akan merekomendasikan  laser ablatif atau non-ablatif. Laser ablatif termasuk karbon dioksida (CO2) atau Erbium.

Laser CO2 digunakan untuk menghilangkan bekas luka, kutil, dan kerutan dalam. Erbium digunakan untuk garis-garis halus dan kerutan, bersama dengan masalah kulit superfisial lainnya. Kedua jenis laser ablatif menghilangkan masalah pada lapisan luar kulit.

Laser non-ablatif dapat digunakan untuk rosacea, spider veins, dan masalah kulit yang berhubungan dengan jerawat.

Manfaat laser wajah

Laser wajah kian menjadi pilihan untuk mengatasi permasalahan pada wajah. Ini karena laser yang ditembakkan mampu mencapai bagian terkecil dari kulit sehingga perawatan yang dilakukan terasa lebih efektif dan cepat.

Bahkan menurut data American Society of Plastic Surgeons, sejak tahun 2000 sampai 2018 perawatan laser wajah meningkat 248 persen. Ada beberapa manfaat laser wajah yang bisa mengatasi permasalahan kulit yang mungkin kamu alami selama ini.

1. Mengurangi keriput

Ketika kamu sudah memasuki umur 30-an, kerut-kerutan halus sudah mulai muncul. Dengan manfaat laser wajah kamu bisa memudarkan tanda-tanda penuaan yang satu ini, terutama pada bagian mata. 

Selain memudarkan kerutan, kulit wajah juga menjadi tampak lebih sehat, dan juga halus.

2. Meminimalkan perubahan warna kulit

Jika kamu punya permasalahan kulit seperti bintik-bintik cokelat, hiperpigmentasi, kerusakan akibat sinar matahari, atau perubahan warna kulit yang disebabkan karena kesalahan pemakaian produk perawatan. Melakukan laser wajah bisa menjadi solusi. 

Laser wajah dapat meratakan warna kulit, dan memperbaiki pigmentasi kulit dengan jumlah energi cahaya yang tepat diberikan melalui permukaan kulit, diserap oleh jaringan yang rusak yang ditargetkan. Sehingga merangsang produksi kolagen dan mengurangi pigmentasi. 

Setelah satu kali perawatan, kulit kamu akan memiliki warna yang lebih rata, bahkan terasa lebih halus saat disentuh.

3. Mengencangkan kulit

Pertambahan usia membuat kulit kehilangan elastisitasnya. Nah, salah satu manfaat laser wajah lainnya adalah membuat kulit kita terasa lebih kencang karena laser kulit bisa mendorong produksi kolagen. 

4. Menghilangkan flek hitam di wajah

Bekas jerawat, bekas luka, ataupun lainnya pasti membuat kamu merasa kurang percaya diri ketika di ruang publik. 

Dengan melakukan perawatan laser wajah, kamu bisa memudarkan bekas jerawat atau bekas luka di wajah.

5. Menghilangkan jerawat dan mencegahnya muncul kembali

Memiliki jerawat di wajah apalagi jerawat itu merah dan membandel, suka kembali lagi dan lagi pasti sangat menyebalkan. 

Diketahui, laser wajah dapat membantu untuk menghilangkan jerawat bahkan mencegahnya muncul kembali. 

Perawatan laser wajah dapat membantu mengurangi jerawat dan jaringan parut, meminimalkan kemerahan dan visibilitas noda yang tidak diinginkan.

6. Merangsang kolagen

Produksi kolagen inilah yang membuat kulit kita terlihat muda dan sehat. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen menipis, menyebabkan beberapa efek seperti keriput, kulit kendur, dan warna kulit berubah.

Perawatan dengan laser merangsang produksi kolagen di area yang ditargetkan, dan menyebarkannya.

Selain itu, beberapa manfaat lainnya dari laser wajah seperti mengencangkan pori-pori yang melebar, menghilangkan sel kulit mati dari lapisan epidermis superfisial, mengurangi komedo, dan memperbaiki tekstur kulit.

Apakah laser wajah aman?

Laser wajah termasuk dalam prosedur bedah, dan tidak ada prosedur bedah yang tidak memiliki risiko. 

Laser ablatif dan perawatan berbasis cahaya dapat menyebabkan infeksi, luka dingin, milia (kista putih kecil pada kulit superfisial), penggelapan kulit terutama jika terkena sinar matahari setelah operasi.

Teknik non-ablatif dapat menyebabkan hiperpigmentasi sementara (penggelapan kulit), lecet, dan kerusakan mata akibat paparan laser.

Untuk itu, sebelum kamu melakukan prosedur, diskusikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai jenis laser wajah mana yang sesuai dengan masalah kulit kamu. 

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Healthline (2018). Diakses pada 03 Juli 2020. Everything You Need to Know About Laser Skin Resurfacing

Everydayhealth (2019). Diakses pada 03 Juli 2020. What to Know Before Undergoing Laser Resurfacing for Better Skin

Light touch laser clinic (n.d). Diakses pada 03 Juli 2020. The Five Benefits of Laser Skin Resurfacing 

Stylecraze (2019). Diakses pada 03 Juli 2020. 5 Types Of Laser Skin Treatments And Their Benefits

    register-docotr